People Innovation Excellence

CONSULTANT ENGINEERING – 2

Consultant Engineering adalah seseorang yang mampu mencari sebab-sebab dari sebuah masalah, lalu menganalisanya. Setelah menganalisa, seorang konsultan engineering dapat melihat apa yang harus dioptimalisasikan.

Sehubungan dengan hal tersebut, BINUS Graduate Program membekali mata kuliah Engineering Optimization yang membahas masalah-masalah di dunia industri dan solusi yang tepat untuk mengatasinya. Kegiatan yang dilakukan untuk menemukan solusi yang tepat yaitu, menginvestigasi masalah-masalah yang ada seperti target produksi tidak tercapai, alokasi tidak sesuai, biaya yang tinggi, dan lain sebagainya.

Senin, (25/07), Taufik selaku Head of Program Master of Industrial Engineering (MIE) menuturkan, untuk menjadi Consultant Engineering yang sukses mereka harus mampu mengakomodasikan ilmu-ilmu yang diperoleh ke dunia nyata atau pekerjaan.

“Jangan sampai beranggapan bahwa pendidikan hanya berkontribusi 20% saja. Kematangan dalam mengambil keputusan, cara menjawab atau membuat solusi, itu ada proses yang dihasilkan dari belajar,” tutur Taufik.

Salah satu mata kuliah di BINUS Graduate Program yaitu Industry Risk Management juga hadir untuk menunjang karir seorang consultant engineering. Industry Risk Management ini membuat mahasiswa dapat berkecimpung di dunia asuransi, pensiunan, dan perbankan.

Saat ini consultant engineering sangat dibutuhkan di dalam bahkan di luar negeri. Banyak industri kecil yg diakuisisi, konsultan akan menilai berapa nilai perusahaan tersebut, bagaimana pasarnya, dan menganalisis menguntungkan atau tidak.

Misal, perusahaan ingin expand atau membuka cabang di tempat lain. Namun karena keterbatasan sumber daya, ia menggunakan konsultan dari luar atau dalam negeri untuk menganalisis layak atau tidaknya membuka cabang di daerah tersebut. Serta engineer akan menghitung biaya, sumber daya, bahan baku, market, dan semuanya.

Keberadaan consultant engineering ini sangat membantu perusahaan untuk mencapai goals yang dituju.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close