People Innovation Excellence

Generasi Millennial dan Kontribusi Mereka Terhadap Era Baru Industri

Waktu terus berjalan dan era terus berubah. Industri sekarang ini menghadapi era baru di mana generasi millennial pasti akan mengambil peran dan tanggung jawab dari generasi sebelumnya. Keadaan ini dijelaskan oleh Felicia Solihin dari Femina Group dan Ribut Karyono dari Biznet Networks.

Felicia Solihin, yang merupakan Manajer Sumber Daya Manusia Femina Group, mengatakan bahwa ada beberapa alasan mengapa generasi millennial peduli. Pertama, generasi millennial, yang lahir antara tahun 1980 sampai tahun 2000, menempati piramida penduduk dengan jumlah yang besar dan sudah masuk perusahaan. Oleh karena itu, generasi millennial sangat penting untuk masa depan bisnis.

Alasan lain adalah afinitas mereka dengan dunia digital. The millennial telah tumbuh dengan broadband, smartphone, berbagai gadget, dan media sosial yang memberikan informasi instan. “Selain itu, perilaku mereka diwarnai oleh pengalaman mereka dari krisis ekonomi global,” kata Felicia selama Industry Gathering: Unlocking Talent Development yang digelar pada Kamis, 22 Desember, 2016, di BINUS FX Kampus, Senayan, Jakarta.

Menurut Felicia, ada beberapa perbedaan utama antara generasi millennial dan generasi sebelumnya, terutama dalam nilai-nilai inti dan sikap dalam pekerjaan serta kehidupan. Dibandingkan dengan generasi sebelumnya, nilai-nilai generasi millennial menitik beratkan kepada pada jaminan, kesederhanaan, efisiensi, dan kemanusiaan. Mereka juga ingin mengintegrasikan waktu kerja dan waktu luang mereka.

Industri ini harus terbuka untuk perbedaan ini dan tidak bisa berlama-lama di budaya lama selamanya karena perubahan yang tak terelakkan. “Kita sekarang di era baru bakat (new era of talent). Pada tahun 2020, 50% dari tenaga kerja adalah generasi millennial”, tambahnya.

Sebagai tambahan, Felicia juga mengatakan bahwa untuk dapat memberikan kontribusi dan memasuki industri, terutama media seperti Femina, generasi millennial harus memiliki “delapan poin penting untuk menjadi besar”. Delapan poin tersebut adalah gairah, kerja keras, fokus, mendorong/dukungan, ide-ide, kemauan untuk meningkatkan, kesediaan untuk melayani, dan ketekunan.

Sementara itu, Ribut Karyono, yang merupakan Manajer Sumber Daya Manusia Biznet Networks, mengatakan bahwa generasi millennial adalah orang-orang muda yang suka tantangan, cepat, dan ambisius. Oleh karena itu, ia dan perusahaan selalu berusaha untuk berubah dan lebih adaptif karena pasti ada beberapa kesenjangan budaya dan nilai-nilai antara generasi millennial dan generasi sebelumnya.

Namun, Ribut juga memberi nasihat kepada anak-anak. Dia mengatakan bahwa generasi millennial perlu memperbaiki diri dan memberikan hasil terbaik. “Jadilah luar biasa. Melakukan yang terbaik untuk memenuhi tanggung jawab Anda, “kata Ribut.

Tentang BINUS Industry Gathering

BINUS Industry Gathering adalah acara tahunan yang diselenggarakan dengan bekerja sama antara Global Employability and Entrepreneurship (GEEC) BINUS Alam Sutera, Mahasiswa, Alumni, dan Global Employability (SAGE) Kampus JWC, dan BINUS Graduate Program. Acara ini merupakan medium untuk lulusan BINUS telah bekerja di industri untuk membahas serta dan berbagi pengalaman mereka serta informasi tentang isu-isu industri saat ini, terutama di Sumber Daya Manusia.

Tahun ini, BINUS mengundang dua pembicara tamu untuk acara talk show – Felicia Solihin dari Femina Group dan Ribut Karyono dari Biznet Networks. Para pembicara tamu diundang untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, dan informasi tentang perusahaan mereka masing-masing.

BINUS Industry Gathering: Unlocking Talent Development juga memberikan penganugerahan untuk perusahaan yang telah bekerjasama dengan BINUS dan membantu lulusan BINUS dalam perekrutan, program magang, dan seminar persiapan karir / workshop selama 2016:

Award from BINUS CAREER:

1. Most Engaging Company 2016

KUDO

2. Most Engaging Company for 3+1 Program 2016

Sinarmas Land

3. Most Hiring Company 2016

BCA

4. Most Engaging Company for Career Development 2016

MNC Bank

5. Most Dedicated Person 2016

Borries Abridita – Tokopedia

Award from BINUS INTERNATIONAL:

1. The Most Engaged Company 2016

The Hongkong & Shanghai Banking Corporation Limited (HSBC)

2. The Most Dedicated Company 2016

Ernst & Young Indonesia (EY)


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close