KERJAAN TERASA STUCK? TINGKATKAN KOMPETENSI DIRI DENGAN LANJUT S2!

Ketika kamu setelah sekian tahun bekerja lima hingga sepuluh tahun, tentu saja kamu pernah mengalami karir yang stagnan dan merasa jenuh. Pada saat seperti inilah kamu dihadapkan pada banyak pilihan. Misalnya saja kamu ingin mengembangkan diri, mengejar promosi untuk kenaikan jabatan atau pindah kerja. Saat kamu berada di posisi seperti ini, tidak ada salahnya pula untuk melanjutkan studi S2 dan menjadi expert di bidang yang diminati. Melanjutkan studi S2 akan banyak mendapatkan keuntungan bagi pengembangan diri dan karirmu. Apa sajakah? Berikut beberapa di antaranya.

Kesempatan untuk meningkatkan karir

Manfaat pertama yang bisa kamu rasakan saat memiliki gelar master ialah kesempatan yang luas dalam mengembangkan dan meningkatkan karier. Kamu bisa mengaplikasikan ilmu yang diberikan ketika menjalani studi S2 dalam dunia kerja. Ini akan membuatmu lebih mudah dalam menyesuaikan diri dan berpeluang menduduki posisi yang lebih tinggi.

Hal tersebut dikarenakan kemampuanmu baik secara teoritis maupun praktik dinilai lebih dari rekan kerja lainnya. Bila kamu mendapatkan posisi yang tinggi di perusahaan atau dengan kata lain kamu naik jabatan, maka gaji yang diterima pun juga akan meningkat. Begitu pula dengan tingkat kepercayaanmu, juga akan meningkat untuk mengelola sebuah divisi dalam perusahaan.

Mengembangkan keahlianmu

Jika dalam studi S1 kamu hanya berfokus pada teori, maka untuk studi S2 kamu bisa menerapkan teori yang sudah didapat. Selain itu, kamu juga mendapatkan teori-teori lanjutan yang lebih terspesialisasi pada bidang yang dipilih. Inilah yang akan membuatmu fokus pada satu bidang tertentu dan harapannya kamu bisa menguasai bidang tersebut.

Hal ini cocok untuk kamu yang ingin berkarier dalam dunia akademis seperti dosen ataupun peneliti. Sebab, studi S2 bisa dikatakan sebagai “pintu gerbang” untuk mencapai karir tersebut. Misalnya saja kamu mempelajari tentang Teknologi Informasi, maka pada studi S2 Teknologi Informasi nanti, teori dan praktik dalam bidang TI akan lebih banyak kamu dapatkan dan bisa diterapkan di pekerjaanmu.

Banyak dicari oleh perusahaan ternama

Banyak perusahaan besar dan ternama melirik lulusan S2 untuk menempati posisi-posisi terbaik. Hal seperti ini banyak diterapkan di beberapa perusahaan, khususnya yang bergerak di bidang teknologi dan sains. Mengapa demikian? Alasan sebenarnya cukup jelas, yakni perusahaan memandang kamu lebih mumpuni jika dibandingkan dengan kandidat lainnya.

Apalagi kalau kamu semasa studi S2 banyak melakukan pekerjaan atau proyek tertentu, hal ini dapat membantu mengembangkan dirimu dalam dunia kerja. Perusahaan akan melirik hal tersebut dan inilah yang menjadi nilai lebih di mata perusahaan.

Peluang besar untuk mendapatkan beasiswa

Alasan berikutnya kenapa kamu harus S2 adalah adanya peluang beasiswa yang terbuka lebar, baik itu beasiswa dari negara maupun lembaga-lembaga lainnya yang menawarkan gelar master. Kamu bisa memilih untuk kuliah di dalam negeri ataupun di luar negeri. Ini juga membuka kesempatanmu untuk mendapatkan pengajaran di bidang yang sebelumnya ingin kamu dalami.

Namun, untuk mendapatkan beasiswa S2 ini, kamu harus rajin-rajin mencari informasi beasiswa tersebut. Jangan lupa juga untuk mempersiapkan segala sesuatunya. Tidak hanya persiapan diri saja, tetapi juga persiapkan dokumen-dokumen dan segala hal yang dibutuhkan.

Kesempatan untuk memperluas jaringan

Selain keempat alasan di atas, saat kamu menjalani studi S2, tentu kamu akan mendapatkan teman baru. Dengan bertambahnya teman baru tersebut, maka akan membuat jaringan dan koneksimu semakin luas. Terlebih lagi ketika kamu melanjutkan S2 saat masih bekerja dan memiliki sebuah bisnis misalnya.

Kamu bisa memanfaatkan jaringan pertemanan ini untuk mengembangkan bisnis yang sedang kamu rintis. Contohnya saja mengajak teman baru untuk bekerja sama agar bisnis lebih maju. Bahkan bisa jadi lingkungan pertemanan di kampusmu ini bisa menjadi target pasar yang potensial.

Jadi, sudahkah kamu memantapkan hatimu untuk melanjutkan studi ke jenjang S2? Jika iya, kamu bisa memilih kampus terkemuka di Indonesia, salah satunya di kampus BINUS GRADUATE PROGRAM yang memiliki lima program, yaitu Magister Teknik Informatika, Magister Manajemen Sistem Informatika, Magister Teknik Industri, Magister Akuntansi, dan Magister Komunikasi Pemasaran Strategis.

Bagi kalian yang membutuhkan waktu kuliah fleksibel, BINUS GRADUATE PROGRAM menyediakan metode kuliah online khusus untuk program Magister Teknik Informatika (MTI) dan Magister Manajemen Sistem Informasi (MMSI). Dengan pengajar berkualitas berlatarbelakang akademisi dan praktisi, ilmu yang kamu dapat pun akan relevan dengan dunia kerja dan bisnis saat ini.

Whatsapp