Tiga Alasan Mengapa S2 Teknik Industri Penting untuk Masa Depan

Satu dekade lalu, dunia terpana dengan media sosial. Melalui Facebook dan Instagram, kita menemukan jalan untuk menyapa keluarga dan teman bahkan mereka yang tahunan tak berjumpa. Dalam sekejap, mereka muncul kembali di depan kita. Kita mengetahui keluarganya, pekerjaannya, bahkan sepeda yang baru saja dibelinya. Media sosial membuat mereka yang terpisah secara geografi dapat terhubung tanpa batas, membentuk hyper-connected komunitas dengan skala global.

Saat ini, bukan saja manusia, mesin juga berpartisipasi dalam komunitas ini melalui jaringan Internet super cepat. Hal ini sering disebut sebagai Internet of Things (IoT) yang merupakan pengembangan natural Internet dan mesin dengan algoritma kecerdasan buatan. IoT memiliki kemampuan analitik yang menjadi fondasi pengembangan Industry 4.0. Paradigma baru ini perlu dipahami oleh individu pada berbagai tingkat dalam organisasi di industri: pimpinan, manajer, supervisor, staff, dan operator

Kemampuan utama sarjana teknik industri adalah optimisasi untuk menghasilkan produk maupun layanan yang lebih murah, cepat, dan baik. Industry 4.0, yang kadang disebut sebagai Cyber-Physical System (CPS), memfasilitasi perubahan drastis dalam teknik industri. Ini adalah kesempatan yang baik bagi sarjana Teknik Industri untuk mengembangkan dan mengaplikasikan konsep tersebut di industri.

Teknik Industri adalah bidang ilmu yang memadukan rekayasa, manajemen, dan manusia. Lebarnya spektrum yang perlu diperhatikan membutuhkan cara berpikir sistemik. Untuk menguasai tingkat pemikiran di tingkat ini, program pascasarjana Teknik Industri menyediakan elemen-elemen pendukung yang dituangkan dalam mata-mata kuliah, di antaranya: supply chain and logistics, data science, industrial system design, engineering optimization, quality assurance and total quality management, system simulation, operations management, dan human integrated system and occupational safety & health administration.

Subyek-subyek tersebut dikelola oleh dosen-dosen lulusan dari berbagai negara seperti Amerika, Jepang, Taiwan, dan Belanda, serta dari berbagai universitas ternama seperti Stanford. Dosen-dosen S2 Teknik Industri memiliki tingkat kepakaran yang tinggi di bidangnya. Hal ini bisa dilihat dari jumlah artikel ilmiah yang telah berhasil mereka publikasikan di jurnal-jurnal ilmiah internasional bereputasi.

Ada tiga alasan mengapa S2 Teknik Industri adalah pilihan yang terbaik yang disampaikan sebagai berikut.

Kemampuan menjadi project leader

Sebagai project leader, seseorang membutuhkan pengetahuan yang luas untuk berbagai aspek dan pengetahuan mendalam seperti data analytic. Pertama, dibutuhkan kemampuan untuk mengelola sumber-sumber daya se-efisien mungkin. Kedua, dibutuhkan kemampuan analitik untuk membuat

estimasi yang lebih handal. Sebagai project leader, perusahaan mengharapkan Anda dapat menerapkan kemampuan analitik, manajemen, dan logistik. S2 Teknik Industri menawarkan keterampilan yang mendukung kedua kemampuan tersebut sehingga mendukung Anda menjadi tenaga kerja profesional yang handal.

Kredibilitas saat bekerja

Kredibilitas adalah aspek utama untuk mendapatkan tanggung jawab dan posisi yang lebih tinggi dalam bisnis. Kemampuang berpikir sistem yang baik serta kemampuan merancang solusi adalah nilai tambah untuk meningkatkan kredibilitas Anda yang dapat diperoleh dari S2 Teknik Industri. Selain itu, rekam jejak akademik yang baik, seperti tingkat pendidikan S2 dari universitas bereputasi, menjadi faktor penting untuk meningkatkan kredibilitas.

Peluang kerja yang luas di berbagai industri

Lulusan S2 Teknik Industri memiliki kompetensi dalam hal leadership, data analytic, quality management, project management, dan system integration. Kemampuan ini merupakan hal yang dibutuhkan dalam banyak sektor bisnis seperti konstruksi, manufaktur, dan retail. Dengan demikian, gelar S2 Teknik Industri membuka peluang yang besar bagi seseorang untuk terlibat dalam banyak sektor bisnis.

Itulah tiga aspek yang bisa diperoleh dengan studi S2 Teknik Industri. Ketiga aspek ini akan memberikan keuntungan kompetisi (competitive advantage) pada Anda dan membedakan Anda dari pool tenaga kerja yang ada. Program S2 Teknik Industri – BINUS Graduate Program, yang terakreditasi baik, dengan tenaga pengajar berkualitas dunia menawarkan kesempatan ini khusus untuk Anda.

Whatsapp