Cara Microsoft Memberdayakan Indonesia dengan Digital Initiatives

Microsoft merupakan perusahaan teknologi digital yang memiliki misi untuk membantu Indonesia menjadi negara yang hebat. Produk-produk Microsoft sudah dipakai secara luas dalam kehidupan kita, baik itu dalam pekerjaan maupun dalam pendidikan. Ketika teknologi yang dibuat mampu mengubah dunia, maka sudah jadi tanggung jawab kita untuk memperbaiki masa depan. Ini yang menjadi prinsip bagi Microsoft.

Pada Jumat, 19 Maret 2021, BINUS Business School dan BINUS Graduate Program menyelenggarakan sesi kedua dari seri webinar “Connecting the Dots” yang mengundang Ricky Haryadi (Partner Technology Lead of Microsoft Indonesia) sebagai keynote speaker. Ricky Haryadi merupakan alumni Magister Manajemen BINUS Business School.

Dalam kesempatan ini, Ricky membagikan informasi seputar Microsoft Digital Skills Initiative yang dibuat khusus untuk membantu masyarakat Indonesia dalam mengembangkan skill dan membangkitkan ekonomi Indonesia secara keseluruhan. Gratis dan bermanfaat, berikut informasi selengkapnya.

Untuk pencari kerja

Salah satu dukungan yang terangkum dalam Microsoft Digital Skills Initiative adalah dukungan bagi para pencari kerja. Apa saja yang bisa dimanfaatkan oleh para pencari kerja? Ada banyak sekali, Anda bisa mengembangkan general skills dan technical skills tanpa batas. Anda bisa langsung mengakses opportunity.linkedin.com di mana Anda bisa mendapatkan akses gratis ke LinkedIn Learning, menggunakan job search dan networking tools dari LinkedIn, bahkan ikut latihan virtual interview dengan AI. Dengan mengikuti latihan dari LinkedIn, Anda pun akan mendapatkan badge yang bisa Anda sematkan dalam profil LinkedIn Anda.

Untuk technical skills, Anda bisa mengunjungi microsoft.com/learn untuk mengakses interactive self-learning dan hands on lab untuk belajar skill baru sesuai dengan posisi kerja yang Anda pilih. Bagi yang menggeluti dunia programming, Anda juga bisa belajar gratis di lab.github.com. Microsoft pun memberikan diskon untuk Microsoft Certification yang bisa menambah peluang Anda diterima kerja. Penawaran ini hanya sampai Desember 2021, jadi pastikan Anda tidak ketinggalan kesempatan emas ini.

Untuk pelajar dan pengajar

Bagi para pengajar, Anda bisa mendapatkan sertifikasi resmi untuk bisa menjadi Microsoft Certified Educators. Sertifikasi ini bisa menjadi digital badge yang bisa Anda masukkan dalam CV, profil LinkedIn, maupun portofolio kerja. Lalu, Microsoft juga memiliki platform Microsoft Learn for Educators di situs aka.ms/LearnForEducators yang akan membantu para pengajar untuk menyusun kurikulum, melakukan training pengembangan diri, dan menggunakan tools untuk membantu proses belajar mengajar.

Selain itu, tersedia juga Artificial Intelligence Business School di situs aka.ms/aiBusinessSchool yang merupakan hasil kerja sama dengan INSEAD, bebas diakses oleh pengajar dan pelajar. Bagi para pelajar, ada program Microsoft Learn Student Ambassador di mana pelajar bisa mendapatkan sertifikasi, tools gratis, mentorship, dan terhubung ke komunitas pelajar di seluruh dunia.

Sementara itu, platform Microsoft Learn for Students di situs aka.ms/LearnForStudents juga memudahkan pelajar untuk mengakses konten-konten pembelajaran yang dibuat dengan konsep gamification yang tidak membosankan dan sangat menarik untuk dilakukan. Semua penawaran ini gratis, bebas biaya, serta bisa diakses kapan saja dan di mana saja.

Untuk pemerintah dan NPO

Microsoft juga melebarkan pintu kerja sama dengan pemerintah dan non profit organizations (NPO) di mana mereka bisa mengakses data-data riset yang dimiliki oleh Microsoft. Data ini kemudian bisa dimanfaatkan oleh pemerintah untuk berbagai hal, misalnya seperti meningkatkan pendanaan di pengembangan skill terpusat, membuat insentif bagi perusahaan, mendorong inovasi, dan merancang kebijakan pemerintah.

Sementara NPO bisa berperan sebagai jembatan untuk turut membawa inisiatif Microsoft kepada orang-orang yang membutuhkan. Harapannya adalah agar bisa membantu para pencari kerja untuk terus belajar, merancang konten pembelajaran, memberi koneksi peluang kerja, dan mempersembahkan program mentorship.

Untuk perusahaan

Hal yang wajib dilakukan oleh setiap perusahaan adalah bertanya kepada diri masing-masing, sudahkah memiliki komitmen untuk terus menyediakan sarana pelatihan bagi SDM yang ada? Inilah yang ingin ditekankan oleh Microsoft Digital Skills Initiative bagi perusahaan di Indonesia. Ada 3 poin penting yang diharapkan Microsoft untuk bisa diterima oleh perusahaan yang mengikuti Microsoft Digital Skills Initiative ini.

Pertama, komitmen untuk terus memberdayakan karyawan dalam perusahaan. Kedua, menawarkan program pelatihan kerja profesional kepada orang-orang yang memiliki latar belakang pendidikan yang non konvensional. Terakhir, menerapkan praktik perekrutan karyawan berdasarkan skill, bukan pendidikan semata.

Whatsapp