Apa Itu Blended Learning? Yuk, Pahami Artinya

Blended learning adalah metode pengajaran khusus di BINUS UNIVERSITY yang memadukan kelas tradisional dan jarak jauh. Inilah definisi dan keunggulannya.

Tahukah kamu kalau BINUS UNIVERSITY menerapkan metode blended learning di berbagai jurusannya? Metode ini adalah bentuk dari tren e-learning yang semakin populer di era digital, memadukan pengajaran tatap muka dengan jarak jauh. Pilihan ini tersedia untuk mahasiswa program S1 maupun S2.

Kamu mungkin akrab dengan istilah kuliah online selama pandemi, tetapi metode ini ternyata sudah diterapkan BINUS UNIVERSITY sejak 2009. Metode blended adalah pengembangan dari metode ini. Yuk, ketahui lebih lanjut agar kamu siap saat mencobanya untuk pertama kali.

Definisi Blended Learning

Dalam blended learning, mahasiswa tidak hanya belajar di kelas, tetapi juga mengikuti sesi jarak jauh dengan dosen lewat internet dan komputer. BINUS UNIVERSITY memiliki sistem khusus untuk melakukan metode belajar ini, di mana mahasiswa dan pengajar wajib melakukan login.

Metode blended learning cocok untuk mahasiswa dengan tanggungan lain, misalnya mahasiswa S2 dari daerah lain atau yang sudah bekerja sehingga tidak bisa mengikuti jadwal teratur seperti full-time student. Selain pelajaran sesuai kurikulum, metode belajar ini juga sering digunakan untuk seminar atau pelatihan.

Keuntungan Blended Learning

BINUS UNIVERSITY mengadopsi sistem blended learning karena adanya keuntungan bagi mahasiswa maupun dosen. Inilah beberapa di antaranya:

Penghematan Biaya dan Waktu

Jika kamu tinggal di area rawan macet atau jauh dari kampus, perjalanan kuliah bisa menghabiskan cukup banyak waktu dan tenaga. Gabungan kelas tradisional dan jarak jauh bisa membantumu menghemat biaya transportasi. Kamu juga bisa memanfaatkan waktu yang tersisa untuk aktivitas lain.

Memudahkan dalam Beraktivitas

Apakah kamu pekerja yang ingin mengambil gelar untuk jenjang karir? Sistem blended learning memudahkanmu mengatur waktu antara bekerja, belajar, dan aktivitas lainnya. Kamu bisa tetap masuk kelas walau harus bertugas ke luar kota, misalnya.

Sistem ini juga cocok untuk mahasiswa yang bekerja di pagi atau siang hari, misalnya. Kamu tidak perlu pergi ke kampus saat sudah sore atau malam hari. Cukup membuka akun dan kamu sudah bisa terdaftar untuk mengikuti kelas seperti biasa.

Materi lebih Beragam

Menggabungkan dua metode belajar berarti menggunakan materi yang lebih beragam. Metode ini membuat dosen dan mahasiswa bisa belajar menggunakan materi selain buku, seperti video, e-book, dan podcast. Selain lebih menarik, mahasiswa dan dosen bisa sama-sama membuka wawasan dengan memanfaatkan materi yang lebih beragam ini.

Menyesuaikan dengan Tingkat Kenyamanan

Tahukah kamu kalau setiap orang memiliki standar sendiri dalam menciptakan suasana belajar nyaman? Ada yang baru bisa belajar saat berada di kasur, duduk tegak di ruang tengah, atau sambil mengenakan pakaian yang nyaman. Metode blended learning membantu mahasiswa menentukan posisi dan kondisi paling nyaman untuk belajar sehingga hasilnya lebih maksimal.

Sistem Pendampingan Lebih Komplet oleh Dosen

Dalam sistem belajar tradisional, mahasiswa cenderung bisa cepat mendapat bimbingan dari dosen ketika di kelas, tetapi tidak semua bisa mendatangi kelas fisik. Sebaliknya, kelas jarak jauh sering kali kurang mendukung untuk mendapat feedback langsung dari dosen karena formatnya yang terdiri dari banyak layar. Akan tetapi, mahasiswa yang tidak bisa mendatangi kelas fisik bisa melakukan hal yang sama jika menghadiri kelas online.

Dengan kedua keunggulan ini, mahasiswa bisa menyesuaikan daftar kelas dan strategi belajar mereka untuk mendapatkan hasil belajar maksimal.

Lebih Aman bagi Kondisi Kesehatan

Kondisi luar biasa seperti pandemi membuat interaksi fisik lebih berisiko terutama bagi mahasiswa dan dosen dengan kondisi kesehatan tertentu. Sistem belajar ini mengurangi risiko karena memangkas waktu belajar tatap muka.

BINUS UNIVERSITY sukses mengadopsi metode pengajaran gabungan yang memadukan kelas tradisional dan jarak jauh. Kamu bisa memanfaatkannya untuk membagi waktu secara lebih fleksibel atau menyambung kuliah ke jenjang lebih tinggi dengan leluasa ketika sudah bekerja. Daftarkan dirimu untuk menjajal metode blended learning di BINUS UNIVERSITY.

Whatsapp