8 Skill Ini Harus Pekerja Profesional Kuasai pada Lima Tahun Mendatang

Mau bangun karier cemerlang selepas lulus nanti? Cek apa saja 8 skill yang harus dikuasai pekerja profesional pada lima tahun mendatang.

Setelah kuliah selesai, memulai karier sebagai pekerja profesional jadi salah satu pilihan. Namun, masuk dunia kerja tidak segampang masuk kuliah. Kamu butuh berbagai skill supaya bisa bersaing dengan lulusan lain, termasuk saat melamar kerja dan bertahan di tempat kerja.

Ya, bukan cuma keterampilan yang berkaitan dengan jurusan kuliah, tetapi juga keterampilan lain yang mendukung karier kamu. Pandemi Covid-19 jelas mengubah sebagian besar cara orang bekerja saat ini. Kerja kantoran kini bisa dilakukan secara remote alias working from home.

Perkembangan teknologi digital pun turut berdampak pada penguasaan keterampilan pekerja profesional. Ada banyak keterampilan yang dulu penting, sekarang bisa diambil alih oleh perangkat digital maupun software. Artinya, kamu harus terus mengembangkan keterampilan baru agar tetap memiliki daya saing.

Lalu, keterampilan apa saja yang perlu kamu pelajari agar bisa bersaing pada lima tahun mendatang? Ini dia jawabannya.

Artificial Intelligence

Berbagai perangkat lunak seperti business intelligence mulai mengisi tren teknologi bisnis terkini. Bahkan, sekitar 70% operasional bisnis berlangsung secara digital, semua berkat proses otomatisasi yang ditingkatkan oleh kecerdasan buatan.

Situasi demikian membuatmu harus akrab dengan kecerdasan buatan, apapun industri yang akan kamu geluti nantinya. Coba mulai pelajari bagaimana pengembangan kecerdasan buatan tersebut sehingga kamu kenal luar dalam dengan teknologi ini dan menerapkannya di tempat kerja.

Cloud Computing

Saat ini hampir semua perusahaan menyimpan dan mengelola data mereka dengan cloud computing. Cara ini dinilai lebih aman sekaligus mempermudah akses jarak jauh menuju platform perusahaan dari mana saja dan kapan saja.

Menguasai cloud computing juga penting dalam membantu kamu mendistribusikan dan mengelola proyek individu dengan cara lebih efektif. Dengan begitu kamu bisa mendemonstrasikan keterampilan manajemen suatu proyek. Ini jadi nilai tambah bagimu di mata perusahaan.

Coding

Ya, coding jadi salah satu keterampilan yang paling dibutuhkan saat ini, sekaligus bisa dipelajari siapa saja. Penerapan coding terbilang luas, bukan hanya pada industri IT saja, tetapi juga merambah ke sektor industri lain. Bahkan, para ahli berpendapat coding akan segera jadi basic life skill yang harus dimiliki semua orang.

Namun, belajar coding bukan hal mudah. Jika kamu berminat, coba mulai dari bahasa pemrograman paling sederhana, seperti JavaScirpt dan HTML. Setelah menguasai bahasa dasar, kamu bisa naik kelas ke bahasa pemrograman populer, antara lain Python dan C++.

UX Design

Keberadaan internet sebagai sumber utama konsumen mencari informasi, produk, dan layanan membuat user experience (UX) design jadi kunci utama. Desain UX yang buruk bisa membuat konsumen enggan mengakses suatu web. Ini bakal berujung pada kerugian. Itulah mengapa banyak perusahaan mencari UX designer demi tetap kompetitif di masa mendatang.

Kamu bisa mulai dengan ikut kursus dan mendalaminya. Terus berlatih dan tambah jam terbang kamu. Sesekali coba cari pekerjaan lepas terkait UX design demi mempertajam keterampilan UX kamu.

Kecerdasan Emosional

Kecerdasan emosional yang kuat akan mendorong kamu memahami cara memproses dan meregulasi perasaan agar selaras dengan perasaan rekan kerja. Keterampilan interpersonal yang kuat jadi ciri seseorang dengan kecerdasan emosional tinggi. Biasanya, ia akan terampil berkomunikasi maupun beradu argumen sekaligus tetap bersikap tenang tanpa kehilangan kendali diri terhadap situasi. Kamu bisa coba melatih soft skill ini dengan lebih peka terhadap lingkungan sekitar.

Berpikir Kritis

Berpikir kritis atau critical thinking mengindikasikan kemampuan seseorang memecahkan suatu masalah yang samar maupun kompleks. Dengan keterampilan berpikir kritis yang kuat, kamu bisa menemukan solusi berbagai masalah dalam pekerjaan sehari-hari. Pendek kata, kamu dapat mengatasi masalah secara mandiri.

Memang butuh disiplin diri kuat untuk mengembangkan keterampilan ini. Coba mulai biasakan diri berpikir out of the box, ambil pendekatan dan perspektif berbeda untuk suatu masalah agar terbiasa menangani berbagai situasi.

Komunikasi

Kalau keterampilan satu ini jelas tidak bisa ditawar. Komunikasi efektif jadi salah satu modal utama kamu dalam berkarier di mana saja. Bukan hanya berkomunikasi secara lisan, tetapi juga lewat tulisan.

Keterampilan komunikasi pun tidak bisa kamu dapatkan dalam semalam, tetapi harus berlatih dan berlatih. Coba mulai beranikan diri bertanya atau mengutarakan pendapat saat mengikuti kuliah atau seminar. Plus, jangan ragu berperan aktif saat harus presentasi di depan kelas ya!

Kepemimpinan

Menjadi seorang pemimpin berarti kamu tahu bagaimana cara efektif memotivasi dan mengarahkan orang lain dalam mencapai suatu tujuan. Perusahaan mana pun butuh sosok yang bisa diandalkan sebagai pemimpin untuk meraih sukses bersama.

Lagi pula lebih menguntungkan bagi perusahaan untuk mempromosikan karyawannya ketimbang mempekerjakan orang baru. Maka, mengembangkan jiwa kepemimpinan dalam diri jadi hal penting untuk masa depan karier yang cemerlang.

Demikian 8 skill yang harus dikuasai pekerja profesional pada lima tahun mendatang. Apakah kamu sudah mulai mengasah salah satu keterampilan tersebut?

Whatsapp