Memahami Meme, Cara Komunikasi Gaya Baru

Kamu pasti pernah setidaknya sekali melihat atau menggunakan meme di internet. Meme (dibaca: mim) sendiri merupakan ide, perilaku, atau gaya yang menyebar karena ditiru oleh satu orang ke orang lain. Meme sering kali membawa makna simbolis yang mewakili fenomena atau tema tertentu.

Banyak orang menggunakan meme untuk menyampaikan perasaan, ide, atau pemikiran. Meme juga bisa merepresentasikan ucapan, gerak tubuh, dan fenomena lain yang mirip dengan meme itu sendiri. Seperti halnya bentuk komunikasi yang lain, meme turut berkembang bersama orang-orang yang menggunakannya.

Sejarah Meme

Banyak peneliti yang mencoba melacak tentang meme beberapa ratus tahun ke belakang. Namun, interpretasi modern dari meme konon diciptakan oleh ahli biologi evolusi Inggris, Richard Dawkins. Dalam bukunya yang berjudul The Selfish Gene yang diterbitkan tahun 1976, Dawkins menggambarkan meme sebagai entitas budaya atau ide yang mereplikasi, berkembang, dan diturunkan dari orang ke orang.

Dawkins saat itu tidak tahu bahwa istilah itu nantinya akan digunakan untuk menggambarkan jumlah permutasi yang tak terbatas dari berbagai frasa, suara, gambar, dan video. Semuanya tersebar melalui internet dan digunakan untuk berbagai ide dan pemikiran dengan cara cepat dan singkat.

Meme Pertama di Dunia

Sebagian besar orang setuju bahwa meme yang pertama ada di internet adalah The Dancing Baby atau disebut juga dengan nama Baby Cha-cha. GIF pendek yang menampilkan animasi bayi yang sedang menari ini menjadi viral pada tahun 1996. Klip ini dibagikan secara luas lewat email dan sempat muncul di acara televisi populer seperti Ally McBeal.

Baru pada tahun 2010, meme menjadi fenomena budaya. Saat ini, meme menjadi salah satu cara utama orang-orang berkomunikasi secara online dengan jutaan permutasi yang paling populer.

Selama bertahun-tahun setelahnya, meme muncul dan menghilang. Ada terlalu banyak variasi meme dan sulit untuk membahasnya dengan detail. Meski begitu, ada beberapa meme yang hampir diketahui oleh semua pengguna internet. Contohnya saja Success Kid, Ermahgerd Girl, Sad Keanu, hingga Shut Up and Take My Money.

Bagaimana Cara Memahami Meme?

Beberapa meme lebih mudah dipahami dari meme lain. Meme yang paling mudah dikenali dan dimengerti disebut dengan meme makro gambar. Biasanya, meme ini melibatkan semacam gambar ekspresif dan beberapa teks blok. Meme ini memiliki makna yang tegas dan dirancang untuk membantu menyampaikan keadaan emosional dengan cara yang mudah dimengerti. Baik creator dan viewer dari meme tersebut biasanya memiliki kesamaan pengalaman yang diwakili oleh meme tersebut.

Selain itu, ada juga beberapa meme yang mungkin tidak akan mudah dipahami oleh banyak orang. Meme Slender Man, misalnya, bisa tampak menakutkan atau berbahaya. Meme lain mungkin tidak jelas dan hanya dipahami oleh kelompok pengguna tertentu saja. Contohnya meme yang merujuk pada episode tertentu dari acara televisi atau film yang sudah ditayangkan bertahun-tahun yang lalu. Meme-meme khusus semacam ini asal-usulnya seringkali tidak diketahui. Untuk memahami konteksnya, diperlukan riset tersendiri.

Terlepas dari bisa atau tidaknya kamu memahami sebuah meme, yang terpenting adalah mengetahui kapan dan mengapa kamu ingin menggunakannya. Kamu juga bisa membuat meme versi kamu sendiri dan membagikannya dengan pengguna internet lain melalui media sosial. Kalau banyak yang merasa meme yang kamu buat relatable, maka akan banyak yang membagikannya.

Secara umum, meme merupakan ungkapan perasaan yang dibuat dengan singkat dan mudah dimengerti. Dengan meme, sebagian orang merasa lebih mudah menyampaikan maksud mereka. Sindiran, provokasi, bahkan olok-olok juga bisa dibuat ke dalam bentuk meme. Belakangan, meme bahkan dijadikan cara yang jitu untuk berpromosi. Menurut kamu, seberapa penting keberadaan meme dalam komunikasi masa kini?

Whatsapp