Kenalan dengan Machine Learning dan Contoh Penggunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari

Pernahkah Anda mendengar istilah machine learning? Saat pertama kali mendengar tentang machine learning, mungkin yang terlintas di pikiran adalah robot canggih ala film-film sci-fi. Namun, sebenarnya machine learning jauh lebih dekat dari gambaran tersebut. Bahkan tanpa disadari, Anda mungkin sudah menggunakan machine learning dalam kehidupan sehari-hari. Sebenarnya, seperti apa contoh penerapan machine learning dalam kehidupan sehari-hari?

Pengertian Machine Learning

Sebelum beranjak ke contoh penerapannya, mari membahas pengertian machine learning itu sendiri. Machine learning adalah bagian dari Artificial Intelligence atau AI. machine learning mempelajari cara untuk membuat mesin yang dapat belajar secara otomatis tanpa harus melalui pemrograman khusus.

Lalu, jika tidak melalui pemrograman khusus, bagaimana mesin dapat belajar? Sederhananya, machine learning hanya menanamkan program yang nantinya memicu mesin untuk belajar secara mandiri.

Katakanlah Anda ingin membuat suatu program yang bisa mengenali wajah manusia dewasa. Dengan menerapkan machine learning, Anda cukup memasukkan data berupa beberapa foto wajah manusia dewasa. Program tersebut kemudian akan mempelajari struktur dan ciri-ciri wajah manusia dewasa dari data tersebut. Nantinya, program bisa mengenali foto wajah manusia dewasa secara otomatis.

Pentingnya Machine Learning dalam Kehidupan Digital

Kehidupan digital menghasilkan banyak sekali data. Contoh simpelnya adalah media sosial. Dengan kurang lebih 1,4 miliar pengguna aktif, Facebook bisa menghasilkan post hingga 4.166.667 per menit. Bagaimana dalam hitungan hari, bulan, tahun? Tentu tak terhitung lagi jumlahnya.

Padahal, dari data tersebut, bisa ditemukan informasi potensial. Misalnya, informasi mengenai perubahan selera pasar. Menggunakan metode konvensional untuk mengolah big data (data dalam volume besar) seperti itu jelas tidak memungkinkan lagi. Machine learning membantu manusia untuk dapat mengolah big data hingga kemudian memperoleh informasi berharga secara efisien, baik dari segi tenaga, waktu, bahkan biaya.

Contoh Penggunaan Machine Learning

Sekarang, mari membahas contoh penerapan machine learning dalam kehidupan sehari-hari. Sebenarnya, ada banyak sekali contoh penggunaan machine learning. Bahkan mungkin Anda tanpa sadar sudah menggunakannya. Ini dia beberapa contoh penggunaan machine learning yang umum ditemukan.

  • Bidang media sosial dan internet

Contoh paling simpel bisa Anda temukan saat menggunakan media sosial. Saat membuka Facebook atau Instagram, Anda pasti akan menemukan kolom “People You May Know” yang menunjukkan daftar berisi orang-orang untuk di-follow. Bagaimana media sosial mengetahui orang-orang tersebut? Inilah hasil penerapan machine learning. Dengan machine learning, media sosial mempelajari orang-orang yang juga diikuti oleh teman-teman Anda dan menampilkannya sebagai “People You May Know”.

Begitu juga dengan konten yang muncul pada halaman depan YouTube atau Spotify milik Anda. Susunan konten tersebut ternyata dibuat berdasarkan konten-konten yang sudah pernah Anda nikmati sebelumnya atau yang frekuensi pemutarannya tinggi.

  • Bidang perbelanjaan online

Ada banyak sekali contoh penerapan machine learning di e-commerce. Salah satunya adalah fitur rekomendasi. Biasanya, fitur ini muncul saat Anda akan melakukan pembelian. Katakanlah, Anda hanya membeli satu produk saja, maka machine learning akan menampilkan produk lain dengan label “Frequently Bought Together”. Ada juga yang memberikan rekomendasi seperti “Produk Serupa”.

  • Bidang surat-menyurat

Machine learning ternyata juga diterapkan pada email atau surat elektronik. Penerapan machine learning pada email bisa dilihat pada fitur Spam. Pihak penyedia email mempelajari karakteristik surat yang dianggap sebagai spam oleh pengguna. Jadi, saat muncul surat yang mirip, akan langsung dimasukkan dalam kategori spam dan tidak masuk ke inbox.

  • Bidang pengembangan teknologi

Hadirnya machine learning terbukti menjadi suatu inovasi yang memudahkan kehidupan manusia. Dengan machine learning, sekarang Anda bisa membuat tulisan tanpa harus mengetik di keyboard. Cukup dengan berbicara saja, maka sistem akan langsung mengubahnya menjadi teks yang bisa dibaca (speech to text). Selain itu, machine learning juga digunakan dalam pengenalan biometrik hingga sistem kendali otomatis.

  • Bidang kedokteran

Dalam bidang kedokteran, machine learning dapat dimanfaatkan untuk mengenali gejala penyakit pada pasien sejak dini. Machine learning akan menyimpan data pasien sebelumnya dan mencatat gejala-gejala yang mereka alami. Jadi, saat nanti ada pasien baru, bisa langsung dikenali jenis penyakitnya dengan mencocokkan informasi dari data pasien lama.

Melihat betapa besarnya peluang machine learning dalam kehidupan manusia, BINUS UNIVERSITY melalui program Doctor of Computer Science (DCS) tergerak untuk mendukung talenta dalam negeri untuk bisa memenuhi standar kebutuhan industri. Di DCS, mahasiswa tidak hanya belajar mengenai machine learning, tapi juga melakukan riset serta pengembangan sehingga nantinya menghasilkan SDM yang kompetitif dan memajukan industri digital dalam negeri.

Whatsapp