Ketika Dituntut Menerima Kegagalan, Ini yang Harus Kamu Lakukan

Kita semua pernah mengalami hari yang buruk—entah itu ban mobil yang bocor di tengah jalanan sepi atau ujian yang gagal. Kita juga pasti pernah merasa ingin mencapai sesuatu, tetapi pada akhirnya harus mengalah pada kegagalan. Ada di antara kita yang terpuruk dalam waktu lama, dan ada juga yang bisa bangkit segera setelah kegagalan.

Pada dasarnya, orang yang termasuk golongan kedua tidak lebih baik daripada golongan pertama. Mereka hanya punya kebiasaan dan keterampilan positif yang membantu mereka mengatasi kegagalan dan mengubahnya menjadi pengalaman yang lebih positif. Bahkan, tidak sedikit dari mereka yang mengubah kegagalan itu sebagai langkah untuk belajar dan memperbaiki diri.

Kalau kamu dihadapkan pada kegagalan dan tidak ada hal lain yang bisa kamu lakukan, maka kamu harus menerimanya dengan beberapa cara ini:

 

Terima Kenyataan

Ketika kegagalan menghampirimu, pahami segera bahwa situasi yang terjadi adalah di luar kendalimu. Apa pun emosi yang kamu rasakan, terimalah. Namun ingat, jangan membiarkannya bersarang terlalu lama dalam pikiranmu. Makin cepat kamu menghentikan perasaan marah dan kesalmu, makin cepat kamu menjadikan kegagalan itu sebagai pelajaran dan move on.

Jangan Baper

Salah satu alasan seseorang menganggap kegagalan adalah sesuatu yang menghancurkan mereka adalah karena dirinya identik dengan kesuksesan. Dengan kata lain, ketika mengalami kegagalan, dia akan melihat dirinya sebagai kegagalan itu sendiri. Saat gagal, mereka merasa itu adalah sebuah kemunduran bagi diri mereka saat ini.

Cobalah untuk tidak terlalu baper dengan kegagalan dan kesuksesan yang kamu punya. Gagal dan sukses itu hanya sebuah peristiwa yang tidak akan mengubah nilai dan diri kamu sebenarnya.

Jangan Terlalu Memikirkan Apa yang Dikatakan Orang Lain

Kadang pandangan kita tentang gagal dan sukses itu berhubungan dengan pandangan orang terhadap diri kita. Ketika banyak orang beranggapan kamu baru sukses saat bisa menjadi lulusan terbaik, kamu berpikir kalau kamu harus memenuhi ekspektasi itu supaya tidak dianggap gagal.

Kamu tidak bisa mengontrol apa yang dipikirkan orang lain. Kamu juga tidak perlu melakukan sesuatu hanya karena orang lain menganggap itu keren. Lebih mudah menerima kesuksesan dan kegagalan kalau kamu sendiri yang menentukan definisinya. Raihlah sesuatu karena kamu ingin meraihnya, bukan karena kamu pikir orang akan merasa terkesan kalau kamu mendapatkannya.

Jangan Terlalu Menyalahkan Diri Sendiri, Apalagi Orang Lain

Kamu mungkin pernah bertemu dengan orang yang ketika berhadapan kegagalan, mereka mencari cara untuk menyalahkan orang lain. “Dosennya pilih kasih!”, “Wasitnya bias!”, dan alasan-alasan lainnya.

Penting untuk mengenali kapan faktor eksternal memengaruhi kesuksesan kamu. Kamu juga tidak perlu dan tidak boleh menyalahkan diri sendiri juga. Terima kalau apa yang terjadi itu di luar kendalimu.

Namun, penting juga untuk mengetahui hal apa yang bisa kamu lakukan untuk tidak mengulangi kegagalan yang sama lagi. Misalnya, apakah kamu bisa belajar lebih keras? Apakah kamu cukup serius dalam latihan dan lain sebagainya.

Bertanggung jawablah pada faktor-faktor yang memang bisa kamu kendalikan. Jangan pernah tergoda untuk bersembunyi di balik alasan.

Jadikan Kegagalan Sebagai Cara untuk Berkembang

Jangan anggap kegagalan itu adalah kegagalan. Alih-alih, anggaplah itu sebagai cara untuk membuat dirimu berkembang menjadi lebih baik lagi. Cobalah tanyakan pada dirimu sendiri hal berbeda apa yang bisa kamu lakukan untuk memperbaikinya. Selanjutnya, cari tahu bagaimana cara kamu untuk menjadi lebih baik lagi nantinya.

Kegagalan memang kadang tidak bisa dihindari. Yang perlu kamu lakukan adalah memandang kegagalan dari perspektif dan pendekatan yang berbeda. Percayalah, hasilnya juga akan berbeda. **(KTS)

Whatsapp