Consultant Engineering

Pada umumnya Consultant Engineering sama dengan konsultan lainnya. Namun yang membuatnya berbeda adalah spesifikasi bidangnya, yaitu industri.

Senin, (25/07), Taufik selaku Head of Program Master of Industrial Engineering (MIE) menuturkan bahwa engineers akan melihat apa saja problem yang sedang dialami suatu perusahaan, memotret, mengevaluasi, dan memberikan usulan terbaik untuk perusahaan. Contoh usulan-usulan yang diberikan adalah  perbaikan metode yang harus dipergunakan, material, atau uang.

Salah satu permasalahan yang dapat terjadi di kantor, seperti tata letak mesin yang tidak sesuai menjadikan aktivitas produksi terhambat. Dengan merubah posisi mesin berdasarkan usulan engineer, kinerja perusahaan dapat meningkat dan tidak menghabiskan waktu untuk transportasi produksi.

Isu atau permasalahan yang berkembang pada perusahaan adalah bagaimana mengintegrasikan teknlologi informasi ke industri. Contohnya, menciptakan sensor yang dapat memberitahu bila ada barang yang direject. Sensor tersebut dilengkapi alarm yang akan membuat engineer datang dan memeriksa penyebab terjadinya hal tersebut.

Seperti dokter, seorang engineer harus dapat mencari penyebab, mencari benang merah, dan mencari solusinya. (AGL)

Whatsapp