Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Memutuskan Kerja atau Lanjut S2

Memilih pekerjaan atau pendidikan memang bukanlah hal yang mudah. Terlebih jika kesempatan kerja dan kuliah S2 datang secara bersamaan. Oleh karena itu, kamu perlu mempertimbangkan kedua hal ini secara matang. Tujuannya tentu agar keputusan yang diambil adalah yang terbaik dan paling sesuai dengan kebutuhan. Untuk menentukan mana yang lebih baik antara bekerja dan lanjut S2, beberapa hal penting berikut ini bisa menjadi bahan pertimbangan. Apa saja?

Tentukan tujuan hidup

Menentukan tujuan hidup adalah hal utama yang harus kamu lakukan sebelum membuat keputusan untuk bekerja atau lanjut S2. Hal ini dikarenakan ijazah S2 tidak dapat dijadikan jaminan untuk karier yang bagus. Terlebih di Indonesia, tidak semua jenis pekerjaan membutuhkan lulusan magister. Namun demikian, jika kamu berencana untuk terjun ke dunia pendidikan, seperti menjadi guru atau dosen, maka melanjutkan pendidikan S2 adalah pilihan yang terbaik.

Pertimbangkan prospek karier

Menyandang gelar pendidikan di jenjang yang lebih tinggi membuat kamu terlihat lebih unggul. Kamu juga lebih siap bersaing di dunia kerja. Secara mental, individu yang berhasil melewati pendidikan S2 biasanya memiliki ketahanan mental yang lebih baik. Hal ini dikarenakan kuliah S2 melibatkan banyak tugas-tugas yang lebih menantang. Kamu juga dituntut lebih banyak membaca karya tulis dan jurnal penelitian. Artinya, skill yang didapatkan ketika lanjut S2 layak dijadikan pertimbangan untuk mendapatkan prospek karier yang lebih baik.

Pendidikan menjadi investasi terbaik

Melanjutkan pendidikan S2 menjadi salah satu investasi terbaik yang bisa kamu miliki di usia muda. Tidak ada yang dirugikan dari memperoleh pendidikan. Apabila saat ini mungkin gelar dan ijazah S2 belum dibutuhkan, boleh jadi di kemudian hari kamu justru membutuhkannya. Lanjut S2 saat usia masih muda juga memungkinkan kamu menyerap materi perkuliahan dengan baik. Kondisi fisik yang bugar, pikiran jernih, serta semangat belajar tinggi juga akan mendukung kamu menjalani kuliah S2 dengan maksimal.

Memilih kerja dan lanjut S2, jika memungkinkan

Nah, bagaimana dengan memilih bekerja sambil melanjutkan kuliah S2? Tentu sah-sah saja. Meski tidak mudah menjalankan keduanya secara seimbang, bukan berarti kamu tidak bisa melakukannya. Perlu diketahui, kuliah S2 umumnya memiliki jam perkuliahan yang lebih fleksibel dibandingkan dengan saat kamu duduk di bangku S1 dulu.

Beberapa kampus di Indonesia menyediakan pilihan kelas magister dengan waktu perkuliahan di sore – malam hari dan juga kelas online. Pilihan ini diberikan karena mayoritas mahasiswa S2 adalah mereka yang sudah bekerja dan ingin meningkatkan kualitas SDM. Namun, tidak menutup kemungkinan buat kamu yang masih fresh graduate untuk langsung melanjutkan S2 sambil mencari pekerjaan yang tepat.

Memilih bekerja, lanjut S2, atau bahkan melakoni keduanya secara bersamaan semua bergantung dari kebutuhan. Terlepas dari apapun pilihanmu, bekerja dan melanjutkan kuliah S2 sama-sama memiliki komitmen dan tanggung jawab yang besar. Jadi, pikirkan dengan sebaik-baiknya agar keputusan yang dibuat tidak mempersulit diri sendiri.

Whatsapp