6 Cara Agar Tetap Produktif Saat Bekerja di Rumah, Anti Rebahan Rebahan Club

Covid-19 yang sudah mulai menyebar di masyarakat Indonesia membuat presiden Joko Widodo mengimbau masyarakat agar bekerja di rumah. Menurut Jokowi pada konferensi pers yang diadakan pada 15 Maret lalu itu, ia mengharapkan agar masyarakat tetap produktif dan tenang dengan bekerja di rumah. Karena menurutnya, Covid-19 masih bisa dihambat dan dihentikan kalau kita mengurangi kegiatan di luar rumah. Namun, bayangan bekerja di rumah mungkin akan terasa sangat membosankan atau malah ada yang mencari-cari kesempatan untuk bermalas-malasan. Padahal, seharusnya kita bisa lebih produktif dengan bekerja di rumah, seperti hal-hal berikut yang dapat dilakukan saat bekerja di rumah agar lebih bersemangat dan produktif:

· Bangun pagi, rise and shine~

Selain untuk bekerja, ada banyak sekali manfaat dari bangun pagi, bangun pagi bisa membuat kita lebih produktif, membantu kita untuk lebih mudah berkonsentrasi, dan kita punya banyak waktu luang. Selain itu, bangun pagi juga bagus untuk kesehatan kulit, lho!

· Rencanakan hal apa yang akan dikerjakan hari ini

Membuat rencana sebelum memulai hari akan menolong kita bekerja lebih teratur, seperti mengatur waktu kapan harus bekerja, kapan harus makan siang, dan kapan harus beristirahat, agar tidak runyam dan pekerjaan kita selesai tepat waktu dengan hasil maksimal.

· Jangan lupa mandi dulu! Walau berada di dalam rumah, kita harus tetap menjaga kebersihan. Seperti akan pergi bekerja, kita harus mengawali hari dengan mandi! Karena kita bisa lebih segar dan bersemangat setelah mandi, kita juga akan lebih produktif dan terhindar dari virus atau bakteri saat kita membersihkan diri, karena bersih itu sehat!

· Rapikan rumah agar terasa nyaman, home sweet home~ Suasana saat bekerja akan berpengaruh pada kualitas kerja kita, itulah kenapa kita harus mengatur tempat kerja kita di rumah agar nyaman untuk bekerja dan juga kondusif, jadi kita tidak akan terganggu saat sedang bekerja dengan suasana yang nyaman dan mendukung!

· Cari inspirasi, keluarlah! Kadang saat bekerja pasti ada suasana yang membuat kita bosan atau tidak mood melakukan pekerjaan kita, dengan mencari inspirasi keluar rumah, seperti duduk di teras sambil mendengarkan lagu, menyiram tanaman di halaman belakang rumah, atau

bermain dengan hewan peliharaan mungkin akan membantu kita mendapatkan inspirasi dan mood lagi dalam bekerja!

· Berkomunikasilah dengan rekan kerja

Walaupun bekerja di rumah bukan berarti kita harus menjadi anti social, ataupun bekerja secara individual. Kita harus tetap berkomunikasi dengan rekan kerja kita agar pekerjaan kita lebih ringan dan tidak adanya sperselisihan dalam pekerjaan karena kurangnya komunikasi.

Itu adalah hal-hal yang bisa dilakukan agar bekerja di rumah terasa menyenangkan, karena bekerja di rumah tidak selalu membosankan, kita bisa melakukan banyak hal produktif dan terlepas dari rasa malas atau kurangnya mood yang membuat hasil pekerjaan kita kurang maksimal. Jadi, say hello to work from home

Whatsapp