5 Hal Yang Harus Dilakukan Saat Social Distancing di Kantor

Social distancing sangat penting dilakukan terkait adanya virus-virus yang saat ini menyebar di sekitar kita. Namun pekerjaan memaksa kita untuk tetap keluar rumah dan melakukan kegiatan seperti yang seharusnya. Padahal, saat kita berada di tempat kerja, virus dan bakteri dapat menular lebih cepat karena pola interaksi antar rekan kerja dan klien lebih luas. Kita tidak tahu dengan siapa rekan kerja kita berinteraksi sebelumnya, sehingga social distancing sangat penting di dalam dunia kerja agar terjaga dari penyakit yang bertebaran. Namun, kita tidak boleh terlalu berlebihan dalam menanggapi isu ini agar kita tidak kehilangan kenyamanan dan produktivitas dalam bekerja. Kita bisa bekerja dengan nyaman dan produktif meskipun melakukan social distancing, dengan hal-hal berikut ini:

· Sebelum bepergian, periksalah himbauan dari pemerintah

Pastinya di setiap daerah akan ada himbauan mengenai apa yang terjadi di daerah itu, tempat mana yang tidak boleh dilewati dan hal apa saja yang tidak boleh dilakukan, itulah mengapa kita harus melihat himbauan dari pemerintah agar kita dapat menjaga diri lebih maksimal dan terlindungi.

· Periksa suhu tubuh saat akan masuk kantor

Memeriksa suhu tubuh saat akan masuk kantor itu penting, karena kita bisa tahu siapa yang sedang sakit sehingga bisa diminta untuk beristirahat di rumah atau memeriksakan kesehatan di rumah sakit. Karena saat sakit, produktivitas akan berkurang dan bisa menjangkitkan penyakit ke rekan kerja lain.

· Jagalah kebersihan tempat kerja

Saat ini, kebersihan adalah hal yang paling utama, karena virus dan bakteri bisa berada dimana-mana, termasuk tempat kerja. Itulah kenapa kita harus menjaga kebersihan tempat kerja dengan membersihkan meja kita sendiri atau tidak memegang fasilitas kantor sembarangan.

· Ajaklah semua rekan kerja untuk menjaga kebersihan

Selain kebersihan dari diri kita sendiri, kita juga harus memerhatikan kebersihan dari rekan-rekan kerja kita, dengan mengimbau agar mencuci tangan dengan teratur, menjaga jarak agar tidak bersentuhan, dan menjaga kesehatan.

· Jangan bergerombol, kurangi sentuhan fisik dan tetaplah menjaga jarak

Tidak hanya di lingkungan luar saja, namun kita juga harus menjaga jarak di lingkungan pekerjaan. Dengan tidak bersentuhan seperti berjabat tangan, atau melakukan high five serta menjaga jarak satu sama lain, tentunya akan mengurangi kemungkinan penyebaran penyakit.

Saat bekerja di kantor tentunya harus ada rasa nyaman dan aman, kita tidak tahu apa yang akan terjadi esok hari, namun mencegah jauh lebih baik daripada mengobati. Bukan berlebihan, namun menjaga agar tidak terinfeksi itu penting, karena jika sudah terjadi, semuanya akan kacau dan berdampak buruk, tidak hanya pada diri kita sendiri namun juga pada orang-orang sekitar yang berinteraksi dengan kita, jadi, mulai sekarang ayo jagalah kebersihan dan mulailah peduli dengan lingkungan sekitar. Virus dan bakteri bisa berada di mana saja, termasuk di tanganmu atau tepat di luar maskermu. Tolong tetaplah berhati-hati, karena keluargamu menunggu di rumah dengan sepenuh hati.

Whatsapp