KELEBIHAN DARI JURUSAN S2 MANAJEMEN SISTEM INFORMASI (MMSI)

Pada dasarnya manajemen sistem informasi adalah jurusan pada tingkat magister yang memadukan manajemen dan sistem informasi pada level keilmuan dengan tujuan menghadirkan kemampuan pengelolaan data dan informasi dengan berbasiskan teknologi. Hal ini memastikan adanya pengaturan alur data, pengelolaan data, serta sistem pembacaan data sesuai dengan kebutuhannya pada berbagai bidang dan berbagai level kepentingan dalam suatu perusahaan.

Manajemen sistem informasi ini tidak jauh-jauh dari memastikan pengambilan keputusan yang berdasarkan data, dengan tujuan untuk memfasilitasi sekaligus meningkatkan performa serta profit suatu institusi atau perusahaan. Berikut lebih lanjut tentang kelebihan saat mengambil program magister dengan jurusan Manajemen Sistem Informasi ini.

Jenjang Karir yang Menjanjikan

Gelar pascasarjana yang Anda miliki akan menjadi tiket menuju jabatan atau posisi bekerja baru yang lebih baik. Menurut U.S. News & World Report (2020), Amerika mencatat bahwa gelar master dengan cepat menggantikan gelar sarjana sebagai persyaratan pendidikan minimum untuk pekerja tingkat pemula di bidang tertentu. Harvard Business Review (2020) juga mengulas bahwa jumlah mahasiswa pascasarjana di Amerika bahkan telah meningkat tiga kali lipat sejak tahun 1970-an, serta 27% dari pemberi kerja sekarang membutuhkan gelar master untuk peran yang lebih memadai bagi pekerjanya pada saat ini.

Program pascasarjana Manajemen Sistem Informasi ini ingin menjamin kemampuan yang berguna terutama di ranah strategi bisnis yang berbasiskan teknologi, baik itu di sebuah perusahaan yang benar-benar menjalankan sebuah business model atau di sebuah institusi. Program Manajemen Sistem Informasi ini akan menghasilkan tenaga profesional yang tidak hanya memahami perkembangan perangkat teknologi saja, tetapi bagaimana mengoptimalkan penggunaan perangkat untuk menunjang strategi bisnis, strategi komunikasi, bahkan strategi brand dengan bergantung pada pengelolaan data dan informasi yang efektif.

Anda, terutama yang sudah memiliki pengalaman bekerja dan ingin melanjutkan studi pascasarjana, Manajemen Sistem Informasi dapat menjadi salah satu jurusan yang perlu dipertimbangkan. Karena peluang jenjang karir yang besar, mengingat keterbutuhan tenaga ahli di bidang ini cenderung terus meningkat di era digital seperti ini. Ini berarti Anda dengan keahlian Anda di bidang ini, Anda dapat menduduki posisi karir di level top management.

Menyiapkan seorang teknoprenur

Benar, program magister Manajemen Sistem Informasi tidak hanya memberikan pengetahuan teoritis dan praktis tentang teknologi sistem informasi saja, tetapi juga kemampuan pengelolaannya dari segi bisnis. Inilah mengapa program ini berpeluang besar menghasilkan tidak hanya tenaga ahli, tetapi juga seorang teknoprenur, di mana seorang teknoprenur ini adalah suatu keahlian yang dapat membuat Anda lebih siap menghadapi gempuran perkembangan teknologi di masa depan.

Jika seorang entreprenur melakukan usaha-usaha dengan nilai-nilai basis, maka seorang teknoprenur adalah Anda yang memiliki keunggulan dengan berbasis data dan informasi. Dengan pertumbuhan industri bisnis dan perkembangan pasar yang terus mengalami terobosan oleh karena teknologi, Anda jadi lebih diuntungkan. Manajemen Sistem Informasi memungkinkan Anda untuk membaca pasar dan mengambil langkah-langkah terobosan yang menguntungkan.

Investasi untuk Jangka Panjang

Anda dapat melihat keputusan untuk kembali berkuliah dengan mengambil program Magister Manajemen Sistem Informasi sebagai sebuah langkah investasi jangka panjang. Mengeluarkan biaya untuk mengambil program ini akan sepadan dengan keahlian yang akan Anda peroleh karena selain menunjang perkembangan karir, Anda juga memiliki peluang untuk merintis inovasi bisnis yang lebih berkelanjutan.

Menunjang karir dengan jabatan yang semakin tinggi jabatan di perusahaan, maka semakin besar pula kisaran gaji yang Anda terima setiap bulannya. Lulusan S2 umumnya mendapatkan gaji hampir 25% lebih besar dibanding pekerja yang hanya memiliki gelar S1. Ini karena tanggung jawab serta skill set yang ditanggung oleh pekerja dengan jabatan level manajer lebih besar bila dibanding staff atau posisi entry level. Dengan skill yang sama pula saat merintis sebuah inovasi bisnis, Anda jadi lebih mudah dipercayai oleh para investor di luar sana.

Kelebihan jurusan Magister Manajemen Sistem Informasi ini dapat Anda manfaatkan dengan memilih universitas yang tepat pula. Salah satunya seperti BINUS Graduate Program – Master of Management Information Systems (MMSI) dengan tenaga pengajar kompeten serta fasilitas yang mendukung. Program S2 Sistem Informasi BINUS bekerja sama dengan National Taiwan University of Science and Technology dan menawarkan beasiswa serta gelar ganda (dual degree) dari dua universitas ini, memungkinkan Anda berkuliah dengan mengeluarkan biaya yang lebih sedikit.

Dapatkan informasi lebih lanjut dan konsultasikan rencana studi magister Anda dengan menghubungi Tim Marketing BINUS Graduate Program di nomor Whatsapp 0853-777-888-16.

Whatsapp