Bisa Punya Karir Cemerlang, Ini Alasan Mengapa Anda Harus Lanjut S2 Komunikasi

Jurusan Ilmu Komunikasi adalah jurusan yang mengajarkan kemampuan komunikasi (Soft Skill Communication) yang sangat berguna pada semua sektor kehidupan manusia termasuk sektor industri, perusahaan swasta, dan pemerintahan. Jika Anda adalah lulusan sarjana Ilmu Komunikasi atau tertarik untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dan mengambil program studi S2 Komunikasi, mungkin Anda sekarang bertanya-tanya tentang manfaat apa yang bisa didapatkan dari gelar Magister Komunikasi.

Keputusan untuk melanjutkan studi S2 tentunya memerlukan waktu dan pertimbangan yang matang. Tetapi, dapat dipastikan bahwa memiliki gelar magister komunikasi (master of communication) akan berdampak pada pekerjaan dan karir Anda. Untuk membantu Anda dalam mengambil keputusan melanjutkan studi pada jenjang yang lebih tinggi yaitu S2 Ilmu Komunikasi, maka berikut ini ada 4 manfaat utama yang perlu diketahui:

1. Mengembangkan Karir

Program Studi S2 Ilmu Komunikasi, mendidik mahasiswanya untuk memiliki kemampuan analisis terkait semua fenomena komunikasi baik yang terjadi lingkungan kerja maupun di lingkungan sosial kita, yang meliputi Organizational Communication, Public Communication, Intercultural Communication, Mass Communication, dan New Media sebagaimana fenomena media sosial, dan media online sama-sama kita alami saat ini. Bahkan lebih jauh dari itu mampu menganalisis Digital Marketing Communication, Branding in Startegic Communication, Viral Campaign melalui media sosial, dan projek komunikasi yang dapat dipelajari oleh mahasiswa. Kesemua bidang analisis tersebut bisa dimanfaatkan di seluruh sektor bisnis karena Komunikasi merupakan kebutuhan utama setiap perusahaan atau industri. Komunikasi baik secara internal maupun eksternal perusahaan dimana harus menjaga hubungan baik dengan mitra, klien, customers, pelanggan, pembeli, serta stakeholders secara keseluruhan diemban dan ditangani oleh lulusan S2 Komunikasi.

Pekerjaan apa saja yang menanti lulusan S2 Komunikasi? Anda bisa bekerja sebagai Konsultan Marketing Communication, Manager of Marketing Communication (MMC), Manager of Marketing Public Relations (MPR), Manager of Corporate Communication (MCC) Market Inteligent (Research Analyst), Jurnalis Media, hingga penulis. Banyak peluang karir yang bisa didapatkan dengan mendapatkan ilmu yang lebih tinggi melalui Program Studi S2 Komunikasi.

Dengan jabatan manajer (level top managemnet) di perusahaan, tentunya Anda juga akan mendapatkan salary yang lebih besar setara dengan posisi jabatan anda. Hal ini tentunya akan berbeda dengan posisi/jabatan yang diemban dengan level Sarjana (S1). Melanjutkan studi S2 komunikasi bisa menjadi investasi Anda untuk peluang karir yang lebih besar.

2. Skill presentasi dan analisis yang mumpuni

Mengambil program S2 Komunikasi akan membuka jalan untuk Anda mengasah skill presentasi dan kemampuan analisis. Dalam studi S2 di Jurusan Komunikasi BINUS mahasiswa diharuskan dan mampu menyelesaikan beberapa case study dan mengaplikasikan teori-teori atau konsep-konsep komunikasi ke dalam case-case tersebut. Setelah itu, hasil case study tersebut akan dipresentasikan dan didiskusikan bersama di kelas dibawa bimbingan dosen pengampuh mata kuliah. Hal ini sama dengan dunia kerja profesional, di mana seorang manajer harus bisa memberikan solusi konkret terhadap setiap permasalahan.

Selain skill-skill tersebut, Program S2 Komunikasi juga melatih mahasiswa melakukan riset atau penelitian yang berhubungan dengan kajian komunikasi. Keterampilan ini sangat berguna di dunia profesional, terutama dalam menghadapi revolusi industri 4.0 yang memerlukan inovasi baru dalam bidang komunikasi terutama Komunikasi Pemasaran atau Komunikasi Bisnis. Demikian pula, Anda yang memiliki cita-cita untuk masuk ke industri marketing atau jurnalistik dapat mengasah bakat menulis agar bisa menyampaikan informasi terbaru kepada publik dengan bahasa dan gaya penulisan yang menarik. Ini bisa menjadi bekal untuk Anda saat melangkah ke dunia kerja yang penuh tantangan.

3. Potensi besar untuk studi selanjutnya

Keuntungan melanjutkan studi S2 Komunikasi tidak hanya dirasakan oleh orang-orang yang ingin berkecimpung di industri, tapi juga bermanfaat bagi Anda yang ingin melanjutkan studi sampai pada level S3. Kemampuan menulis, presentasi, dan analisis yang diajarkan selama studi S2 Komunikasi akan memudahkan Anda dalam menjalankan studi selanjutnya yang membutuhkan usaha maksimal saat mengerjakan disertasi.

Tidak semua orang memiliki minat untuk melanjutkan studi hingga ke tahap S3. Anggapan bahwa studi S3 sulit diselesaikan dan memakan waktu memang benar, jika tidak diimbangi dengan kemampuan menulis dan riset yang mumpuni. Sebagai lulusan S2 Komunikasi, Anda mendapat kemudahan karena sudah memiliki kemampuan menulis, presentasi, dan analisis yang lebih dari cukup seperti yang sudah dibahas sebelumnya.

Untuk bisa melanjutkan studi S3. Program S2 Komunikasi bisa menjadi batu loncatan untuk menunjang kesuksesan saat meraih gelar Doktor. Anda juga bisa melanjutkan thesis magister sebagai topik disertasi di program studi S3.

4. Mengikuti tren komunikasi terkini

Revolusi industri 4.0 menyebabkan lonjakan inovasi di bidang teknologi yang membawa dampak besar bagi seluruh sektor bisnis. Maka dari itu, sangat diperlukan tenaga kerja profesional yang memiliki pengetahuan lebih mengenai tren komunikasi terkini, serta dapat memprediksi tren yang akan terjadi di masa depan.

Melanjutkan Studi S2 Komunikasi membuka jalan bagi Anda bisa terus belajar dan tetap mengikuti perkembangan tren komunikasi di masa sekarang dan akan datang. Perusahaan akan lebih melirik lulusan S2 Komunikasi agar bisa mengembangkan bidang atau divisi Marketing Communication, Marketing Public Relations, Corporate Communication, bahkan human resource mereka.

Sangat menggiurkan bukan, ada empat manfaat di atas? BINUS Graduate Program memiliki program pascasarjana Jurusan Ilmu Komunikasi yang dilengkapi dengan fasilitas, tenaga pengajar, serta kurikulum yang terintegrasi yang dapat membantu Anda menjadi tenaga kerja dengan ilmu serta keterampilan komunikasi yang berkualitas tinggi. Daftarkan diri Anda segera ke program Magister Ilmu Komunikasi (MIK) BINUS Graduate Program yang berasal di 2 lokasi pilihan: Jakarta (kampus BINUS @Kemanggisan) dan Bekasi (kampus BINUS @Bekasi).

Whatsapp