Ingin Melanjutkan Kuliah S2 Jurusan IT? 4 Tips Ini akan Membantumu dalam Memilih Kampus yang Tepat

Membahas mengenai jurusan dalam perkuliahan, pasti Anda sering mendengar jurusan IT atau teknik informatika. Tidak jarang juga ada beberapa keluarga yang setidaknya salah satu dari anggota keluarganya merupakan lulusan dari jurusan ini. Ya, Teknik Informatika atau yang biasa disebut dengan IT merupakan salah satu program studi yang paling banyak diminati orang karena memiliki prospek kerja yang menarik.

Setelah Anda lulus S1 kuliah IT, saatnya melangkah maju mengambil studi S2 dengan jurusan yang sama untuk meningkatkan ilmu IT Anda. Namun, kadang beberapa mahasiswa yang akan melanjutkan kuliah S2 jurusan IT bingung memilih universitas mana yang harus mereka tuju. Tentunya universitas yang mendukung segala keinginan mereka untuk menjadi lebih baik lagi. Berikut adalah 4 tips yang akan membantu Anda untuk menemukan universitas S2 IT terbaik.

Mengapa memilih S2 IT?

Tidak sedikit mahasiswa lulusan S1 memilih untuk tidak melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi karena merasa puas dengan pencapaiannya. Namun sesungguhnya melangkah lebih tinggi ke jenjang pendidikan berikutnya adalah suatu tantangan yang akan membawa Anda menjadi lebih unggul dari yang lainnya, terutama dalam pendidikan dan peningkatan karir Anda dengan memilih untuk melanjutkan kuliah S2 adalah pilihan yang sangat tepat saat ini. Namun untuk melanjutkan studi S2 tentunya memerlukan banyak pertimbangan karena keputusan ini akan turut menentukan karir Anda di masa depan. Tapi pastikan terlebih dahulu jika jurusan IT adalah pilihan yang sesuai dengan minat dan bakat anda untuk melanjutkan studi S2. Agar nantinya Anda bisa menjalani studi S2 Anda lebih maksimal dan tanpa penyesalan. Karena alasan Anda untuk mengambil program pascasarjana IT juga dapat memengaruhi pilihan kampus terbaik untuk studi Anda.

Bila Anda bercita-cita untuk menjadi seorang programmer, computer engineer, dan berbagai profesi yang berhubungan dengan ilmu komputer yang dipelajari di jurusan IT, maka keputusan Anda untuk melanjutkan studi S2 sudah tepat. Ingat kembali bahwa matematika dan coding akan setiap hari Anda temui.  Pilihlah universitas yang menawarkan kurikulum sesuai dengan minat dan rencana studi Anda dengan mengunjungi website universitas-universitas pilihan Anda, carilah informasi mengenai rangkuman kurikulum yang cocok. Cara ini juga berguna agar Anda bisa mengira-ngira waktu yang dibutuhkan untuk lulus.

Akreditasi program S2 terbaik

Masih banyak orang yang acuh tak acuh terhadap peringkat dan akreditasi sebuah program studi. Akreditasi sendiri berfungsi untuk menjamin standar kualitas lulusan dari program tersebut, sehingga dapat membantu institusi dan perusahaan menilai kompetensi lulusan. Selain menilai kompetensi alumni program studi, akreditasi juga turut menilai kualitas pengajar dan fasilitas yang diberikan di setiap program studi.

Maka dari itu, sangat penting untuk mencari universitas dengan program studi yang sudah terakreditasi A. Melalui akreditasi, kualitas pendidikan yang akan Anda terima terjamin melebih standar minimal yang ditentukan. Lulusan dari program studi yang terakreditasi A juga mendapat kemudahan dalam mencari pekerjaan.

Tidak perlu jauh-jauh mengambil program S2 teknik informatika di luar negeri. Indonesia juga memiliki beberapa pilihan universitas swasta dan negeri yang memiliki program studi magister Teknik Informatika terakreditasi A. Salah satunya adalah Magister Teknik Informatika BINUS Graduate Program yang memiliki peringkat dan akreditasi A yang telah diperoleh sejak tahun 2016, tentu saja Magister Teknik Informatika di BINUS University tersebut memiliki kualitas pendidikan yang terjamin dan unggul dalam hal pembelajaran.

Koneksi Kampus dengan Industri

Universitas yang telah bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan ternama, baik nasional maupun multinasional, dapat membantu mahasiswa dan lulusannya mendapat pekerjaan yang diinginkan. Selain itu, program-program seperti internship, workshop, maupun seminar juga berguna untuk menambah wawasan Anda semasa berkuliah.

Lebih dari itu, alumni dari universitas tersebut akan memiliki potensi lebih besar untuk diterima di perusahaan yang memiliki koneksi dengan almamaternya. Maka dari itu, mengetahui koneksi industri yang dimiliki universitas pilihan Anda adalah salah satu cara penting dalam memilih kampus terbaik untuk studi S2 Teknik Informatika.

Cari tahu lebih banyak informasi mengenai koneksi kampus di internet seperti portal berita dan lainnya. Anda juga dapat mencari di website universitas lewat laman press release yang ada atau career development yang dibina oleh universitas tersebut. Seperti contohnya adalah BINUS University yang selalu melangkah maju, salah satunya dengan meningkatkan relasinya dengan dengan perusahaan-perusahaan industri. Magister Teknik Informatika BINUS Graduate Program, BINUS University telah bekerjasama dengan perusahan-perusahaan industri yang diantaranya ialah Alibaba Cloud, IBM, Microsoft dan perusahaan unggul lainnya. Terlebih lagi mahasiswa dari Magister Teknik Informatika akan mendapatkan sertifikasi dari Alibaba Cloud, tentunya dengan hal ini akan semakin mendukung karir mahasiswa Magister Teknik Informatika BINUS Graduate Program, BINUS University.

Cari tahu mengenai fasilitas kampus

Fasilitas kampus sudah termasuk dengan bangunan kampus, lokasi, peralatan, dan perlengkapan studi yang ada di program pascasarjana teknik informatika. Jika Anda berencana untuk mengambil S2 sambil bekerja, pastikan lokasi kampus berada dekat dengan kantor dan rumah Anda untuk memotong waktu perjalanan.

Untuk jurusan IT, kualitas peralatan dan perlengkapan akan memengaruhi kelancaran studi Anda. Apakah kampus menyediakan lab komputer dan software yang memadai? Anda dapat bertanya-tanya kepada alumni universitas tersebut untuk mengorek informasi lebih. Anda juga bisa melakukan kunjungan ke universitas pilihan sebelum memutuskan untuk mendaftarkan diri. Melalui kunjungan, Anda dapat langsung merasakan suasana dan tampilan bangunan kampus.

Setelah membaca 4 tips di atas, tentunya Anda sudah tahu, universitas mana yang tepat untuk menjamin karir dan masa depan Anda dalam melanjutkan studi S2 jurusan IT. Percayakan BINUS Graduate Program sebagai kampus S2 IT pilihan Anda. (AZIZAH)

Whatsapp