Cara Membuat Website Berkualitas Lewat SEO

Muhammad Ilman Akbar, S. Kom., M. Sn. selaku Digital Marketing Lead di Glints dan SEO Trainer & Consultant diundang untuk menjadi pembicara dalam sesi Guest Lecture dengan tema “Search Engine Optimization (SEO) 101: Why, What, How” yang berlangsung virtual pada Kamis (8/10). Acara ini diinisiasi oleh Magister Ilmu Komunikasi BINUS Graduate Program. Ilman membahas panjang lebar terkait SEO itu sendiri.

Salah satunya yang paling penting dalam pembahasan Ilman adalah cara membuat website berkualitas dengan memanfaatkan SEO. Ada beberapa langkah yang perlu dilakukan oleh pemilik website untuk memastikan website tersebut berada di halaman pertama, atau di urutan teratas pada mesin pencari. Berikut ulasan lengkapnya.

Optimasi on-page

Untuk memastikan laman website Anda berada di posisi atas di mesin pencari, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu hal apa yang sedang banyak dicari di search engine. Dengan kata lain, mencari keyword apa yang paling sering diketikkan oleh pengguna internet saat membuat laman search engine seperti Google semisal.

Langkah ini disebut dengan istilah keyword research. Hasil dari keyword research inilah yang akan digunakan untuk melakukan optimasi on-page atau optimasi konten dari laman website yang Anda kelola. Optimasi on-page ini mewajibkan Anda untuk membuat high quality content. Untuk itu, pastikan Anda membuat konten yang lebih “eat-able.” Eat-able di sini maksudnya konten yang mudah dicerna dan dipahami oleh pengguna.

Apa yang harus ada dalam teknik on-page

Lalu, apa saja yang perlu Anda lakukan atau harus ada dalam teknik optimasi on-page untuk laman website Anda? Pertama, awali judul dengan menyertakan keyword utama. Dengan begini saat pencari melakukan pencarian, artikel atau konten website Anda akan muncul dengan informasi konten yang relevansinya tinggi.

Kedua, pastikan Anda mengisi meta description dengan benar. Semakin relevan dengan isi dan judul, maka akan semakin bagus. Pastikan juga meta description mengandung keyword utama serta kurang dari 140-150 karakter. Ketiga, buatlah slug atau URL yang singkat dan mudah dibaca. Sebisa mungkin hindari penggunaan angka kode dalam URL konten website Anda. Pastikan URL yang Anda buat juga mengandung keyword utama.

Keempat, isi konten juga harus memiliki struktur yang jelas. Bagi konten per poin-poin penting yang hendak disampaikan. Gunakan keyword utama pada header point pertama di konten yang Anda buat. Kelima, pastikan konten yang Anda buat dapat diakses dengan mudah dari laman utama website. Caranya dengan menyediakan link yang dapat diklik oleh para pengunjung website. Keenam, untuk deskripsi image yang Anda gunakan di dalam konten, pastikan menggunakan tautan “alt.”

Optimasi off-page

Kalau optimasi on-page bekerja dengan mengupayakan konten berkualitas pada website Anda, optimasi off-page ini adalah langkah optimasi untuk mendapatkan backlink dari website atau platform lain. Berikut beberapa caranya.

1. Profil Media Sosial

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah mencantumkan URL link website atau konten website tertentu pada profil media sosial Anda. Dengan begini, pengunjung akun media sosial Anda dapat mengakses langsung website atau konten website Anda dari sana tanpa melalui search engine.

2. Guest Post

Ada banyak media-media open source yang memungkinkan Anda menulis serta mempublikasikan artikel Anda di sana. Saat menulis, Anda juga dapat menaruh backlink ke laman website Anda sendiri.

3. Networking

Optimasi off-page juga bisa Anda lakukan dengan menambah networking online maupun offline. Dengan tujuan meningkatkan potensi share konten lebih tinggi saat Anda membagikan konten website Anda di platform pribadi atau platform profesional lainnya.

4. Resource Berkualitas

Cara lainnya adalah dengan menyertakan resource yang berkualitas dalam membuat konten untuk website Anda. Dengan begini konten yang Anda buat juga jadi lebih kredibel dan aman untuk dishare oleh visitor website.

Selain keempat cara di atas, Anda juga dapat mempertimbangkan peluang-peluang publisitas lainnya. Termasuk menjadi speaker untuk acara-acara tertentu, terlibat dalam kolaborasi kerja dengan instansi atau bisnis tertentu, sampai ikut serta dalam community development.

Lakukan perhitungan SEO

Cara membuat website berkualitas lewat SEO yang terakhir adalah melakukan perhitungan atau pengukuran efektivitas SEO. Dalam perhitungan ini ada tiga hal yang akan dilihat yakni ranking keyword, visitor/traffic, dan konversinya. Ketiga hal ini harus memiliki tren yang terus meningkat untuk menunjukkan kemajuan website Anda.

Ranking keyword ini sempat jadi tolok ukur penting dalam pembuatan website. Penghitungan traffic kemudian jadi tolok ukur penting lainnya. Untuk menghitungnya Anda dapat menggunakan sistem statistik yang tersedia di website Anda sendiri, atau menggunakan Google Analytics. Lalu terakhir, sistem konversi yang memungkinkan Anda melihat performa website lebih jauh.

Whatsapp