Kuliah S2, Apa Untungnya buat Saya?

Untuk mereka yang haus akan ilmu, setelah lulus sarjana, pasti ingin melanjutkan studi ke tingkat S2. Mengambil gelar magister ini juga bisa dibilang salah satu tuntutan karier saat ini. Tetapi tidak sedikit juga, lho, yang enggan sekolah lagi ke tingkat S2. Salah satu faktornya adalah masalah biaya. Padahal untuk melanjutkan sekolah S2, banyak sekali caranya, seperti student loan, mengajukan beasiswa ke pemerintah, lembaga pendidikan, maupun perusahaan swasta yang memiliki program khusus beasiswa.

Beasiswa S2 pun bisa dipilih, mulai dari ingin melanjutkan studi S2 di dalam atau luar negeri, kampus swasta maupun negeri. Tentunya harus melalui serangkaian tes dan seleksi, ya. Ketika gelar S2 sudah di tangan, tentunya akan berpengaruh pada kariermu juga. Nah, untuk kalian yang masih galau untuk lanjut kuliah S2, berikut beberapa pertimbangan yang kamu perlu ketahui:

1. Menjadi nilai tambah

Memiliki pendidikan yang lebih tinggi akan meningkatkan kepercayaan diri. Perusahaan tempatmu bekerja akan lebih memperhitungkanmu dan tentunya memiliki ekspektasi yang lebih tinggi juga terhadap dirimu.

2. Peluang karier lebih luas

Pendidikan tinggi memang tidak menjamin seseorang menjadi kaya raya. But education leads you somewhere to become something. Sehingga semakin luas pengetahuan yang kamu miliki, maka kesempatan untuk meniti karir yang lebih baik semakin terbuka. Jangan lupa kinerja dan pengalaman juga menjadi dua dari sekian faktor yang mempengaruhi kesuksesan karirmu.

3. Lulusan S2 semakin dibutuhkan

Dulu ijazah S1 sudah cukup untuk dapat pekerjaan. Namun jaman sudah berubah, tantangan yang dihadapi di dunia kerja—di bidang apapun—lebih kompleks sehingga membutuhkan talent-talent yang above average untuk memenangkan persaingan. Keilmuan, pola pikir dan kemampuan dari para lulusan S2 dianggap lebih mumpuni daripada S1. Sehingga diharapkan dapat memenuhi kriteria perusahaan dalam mencari kandidat.

Whatsapp