Persiapkan Hal Ini Sebelum Menekuni Profesi di Bidang Teknologi!

Dibandingkan beberapa tahun lalu, peluang kerja di zaman sekarang lebih bervariasi dan menawarkan penghasilan yang cukup menggiurkan. Sebagian di antaranya muncul berkat kemajuan teknologi yang semakin pesat, sehingga mendorong orang-orang mencari lowongan kerja yang memerlukan latar belakang dari bidang tersebut.

Walau prospeknya menjanjikan, bekerja di bidang teknologi tetap membutuhkan persiapan. Jadi, apabila Anda berencana berkarier di ranah tersebut, pastikan untuk memperhatikan hal-hal di bawah ini untuk meningkatkan kemampuan dan menambah wawasan.

  • Mengikuti perkembangan teknologi

Teknologi termasuk bidang yang mengalami perkembangan yang sangat cepat, sehingga kalau sampai melewatkan banyak hal Anda akan kesulitan mempelajari inovasi terbaru. Sekarang tak terlalu sulit untuk mencari kabar-kabar terkini yang terjadi di bidang teknologi. Anda bisa dengan mudah mengakses sumber-sumber kredibel secara online maupun offline, entah lewat majalah khusus hingga media sosial yang mempunyai niche teknologi.

  • Menjajal media IT yang sedang disorot

Selalu update terhadap perkembangan teknologi saja belum cukup membantu Anda mendapatkan pekerjaan di bidang tersebut. Dampingi dengan mencoba media IT yang sedang ramai didiskusikan, misalnya dengan mempelajari perubahan pada sistem operasi, menjalankan software, hingga mengulik fitur pada smartphone. Anda mungkin akan mengeluarkan biaya untuk mendapatkan media tertentu, tetapi hasilnya akan sebanding dengan pengorbanan tersebut.

  • Mengikuti seminar atau pelatihan khusus IT

Walau informasi seputar teknologi sudah semakin mudah diakses, Anda tetap membutuhkan bimbingan dari para ahli yang berkecimpung di bidang tersebut. Maka dari itu, luangkan waktu untuk mengikuti seminar maupun pelatihan yang membahas seputar teknologi. Selain berkesempatan berdiskusi dengan profesional, Anda juga akan bertemu teman-teman baru yang mempunyai minat dan tujuan yang sama.

  • Bergabung dan aktif dalam komunitas

Menyambung dari poin sebelumnya, tak jarang saat ikut seminar atau pelatihan, Anda akan berkenalan dengan peserta dari komunitas teknologi. Anda yang merasa membutuhkan teman bertukar pikiran dapat bergabung dengan komunitas tersebut. Komunitas sering kali mengadakan pertemuan untuk membahas kabar terbaru hingga mencoba media-media teranyar. Bisa saja Anda pun mendapatkan lowongan kerja yang dicari dari komunitas.

  •  Jangan ragu mengambil proyek kecil-kecilan

Untuk menguji kemampuan Anda di bidang teknologi, tak ada salahnya untuk mengambil proyek kecil-kecilan. Dalam tahap ini, Anda mungkin belum mendapatkan bayaran tinggi, tetapi pengalaman yang didapatkan akan membantu saat Anda dipanggil untuk wawancara hingga beradaptasi dengan lingkungan kerja. Namun, Anda bisa saja ditawari pekerjaan tetap dengan gaji yang pantas setelah mengikuti proyek-proyek tersebut.

Demikian sejumlah langkah yang dapat membantu Anda mempersiapkan diri sebelum bekerja di bidang teknologi. Jangan lupa riset terhadap jenis pekerjaan, karena ada banyak posisi yang tersedia dengan level kemampuan dan jobdesc yang berbeda. Cari tahu lebih lanjut tentang program Magister Teknik Informatika (MTI) BINUS GRADUATE PROGRAM. Jadwalkan sesi konsultasi Anda bersama tim kami dengan menghubungi: Dyah – dyah.puspitasari@binus.edu / 0856 2395 339

Whatsapp