Pentingnya Sistem Informasi bagi Bisnis

Dalam berbisnis, sistem informasi semakin dibutuhkan untuk memastikan bisnis beroperasi dengan baik, terutama dalam pengelolaan data. Manfaat pemakaian sistem pun semakin terasa saat bisnis mengalami perkembangan pesat, karena Anda mengimbangi jumlah permintaan yang masuk sembari meningkatkan kemampuan SDM dalam mengoperasikan sistem informasi.

Akan tetapi, masih ada sejumlah pelaku bisnis yang belum mengoptimalkan sistem informasi. Alasannya bisa karena merasa bisa mengolah data secara manual hingga enggan mempelajarinya. Padahal, ada beberapa alasan yang membuat sistem informasi penting dalam bisnis, antara lain:

1. Mengejar kemajuan teknologi informasi

Semakin maju dan kompleks sebuah teknologi, maka semakin mudah pula pihak manajemen dalam menjalankan tugas. Perkembangan teknologi informasi pun sebenarnya akan meringankan SDM saat mengerjakan tugas berat dan harus diselesaikan secara cepat. Apalagi sistem informasi mampu menghasilkan data yang diperlukan dengan tingkat akurasi tinggi.

2. Perubahan dalam kondisi perekonomian

Anda pasti sudah merasakan dampak nyata wabah Covid-19 terhadap sektor perekonomian. Meski sempat lumpuh, perekenomian Indonesia dapat segera bangkir berkat pesatnya digitalisasi. Sistem informasi pun kian dibutuhkan mengingat sebagian besar konsumen beralih menggunakan platform online untuk membeli kebutuhan sehari-hari selama masa pandemi berlangsung.

3. Persaingan bisnis yang semakin ketat

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi persaingan bisnis, salah satunya pemakaian teknologi. Melihat kecenderungan konsumen yang kini mengandalkan aplikasi digital, pebisnis pun berlomba-lomba memakai teknologi terbaru untuk mencuri perhatian. Jika Anda masih belum memakai sistem informasi, akan sulit bersaing dengan kompetitor yang selangkah lebih maju.

4. Dampak dari kecepatan waktu

Pengaplikasikan teknologi dalam bisnis tak dipungkiri membuat konsumen semakin ‘kecanduan’ dengan kecepatan. Berpacu dengan kecepatan sebenarnya mudah karena Anda dibantu berbagai platform. Namun, tanpa sistem informasi memadai, Anda akan kesulitan mendapatkan data secara realtime dengan tingkat akurasi tinggi dan mudah dipahami.

5. Munculnya inovasi dalam berbisnis

Selain perkembangan teknologi, inovasi yang muncul dalam bisnis bisa dikatakan tak kalah cepat. Temuan inovasi sebenarnya dapat menunjang sistem informasi, sehingga Anda bisa memperoleh data yang lebih berkualitas. Jadi, kalau tak mau ketinggalan zaman, ada baiknya Anda memakai sistem informasi dan mengikuti setiap perkembangannya.

6. Tekanan lingkungan dan sosial

Kegiatan operasional dalam bisnis akan berhubungan pula dengan lingkungan sekitar. Tekanan sosial yang muncul dari lingkungan berdampak pada kinerja Anda sebagai pelaku bisnis dan dapat memberi efek positif maupun negatif. Namun, sistem informasi bisa membantu meringankan tekanan tersebut melalui proses analisis, sehingga Anda bisa mengambil solusi untuk menyelesaikannya.

Demikian enam faktor yang membuat sistem informasi memiliki peran penting dalam berbisnis. Mudah-mudahan artikel ini membantu Anda saat mengembangkan bisnis dengan bantuan teknologi untuk mengolah data.

Cari tahu lebih lanjut tentang program Magister Manajemen Sistem Informasi (MMSI) BINUS GRADUATE PROGRAM. Jadwalkan sesi konsultasi Anda bersama tim kami dengan menghubungi: Dyah – dyah.puspitasari@binus.edu / 0856 2395 339

Whatsapp