Meningkatkan Kemampuan Personal pada Era Digital dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Popularitas Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) selama beberapa tahun terakhir berkaitan dengan kebutuhan perusahaan terhadap tenaga profesional yang menguasai bidang tersebut. Gaji besar dan prospek kerja yang cemerlang pun menjadi faktor-faktor lain yang memikat banyak orang untuk berprofesi di bidang TIK.

Lebih dari itu, TIK ternyata dapat mengasah kemampuan personal atau personal skill yang sudah Anda miliki. Beberapa kemampuan yang akan ikut meningkat saat Anda menekuni pekerjaan di bidang ini mencakup:

  •  Berpikir kritis

Walau difavoritkan banyak orang, TIK termasuk bidang yang kompleks. Anda tak hanya bertemu dengan bahasa pemrograman, tetapi juga pengolahan data berbasis teknologi dengan tingkat akurasi tinggi. Kemampuan berpikir kritis Anda akan dilatih secara berkelanjutan seiring bertambahnya level kompleksitas dalam profesi yang dipilih. Kemampuan ini pun biasanya melibatkan kreativitas, rasa ingin tahu, hingga kecakapan dalam menyelesaikan masalah.

  • Dapat diandalkan

Ketika memilih bekerja di bidang TIK, Anda akan sering dihadapkan pada proyek tim. Dengan kata lain, Anda harus mampu bekerjasama dengan rekan kerja dengan kepribadian berbeda. Prosesnya memang tak selalu mulus, terutama kalau Anda memiliki cara pandang berbeda. Di sisi lain, proyek tim melatih orang-orang yang terlibat agar dapat saling mengandalkan satu sama lain, sehingga bisa menyelesaikan proyek tepat waktu dan memuaskan klien.

  •  Mengelola ego

Seperti kesabaran, tingkat ego pada setiap orang berbeda. Kemampuan Anda dalam mengelola ego berdampak pada dinamika bersama rekan sekantor hingga kualitas hasil yang diberikan. Ego akan memberikan pengaruh negatif maupun positif terhadap profesi yang Anda tekuni di bidang TIK. Jika Anda sedang menggarap proyek tim, ego sebaiknya ditekan terlebih dulu. Namun, saat berhadapan dengan klien untuk presentasi, ego akan membantu Anda meningkatkan kepercayaan diri.

  • Kemauan untuk belajar

Anda mungkin sering membaca kemauan untuk belajar saat membaca lowongan kerja. Kemampuan personal ini diperlukan dalam TIK, sebab bidang tersebut mengalami kemajuan yang sangat pesat. Jadi, kalau malas atau kurang update, Anda akan kesulitan mengikuti proyek yang ditangani atau saat diminta mengungkapkan gagasan baru. Selain itu, kemauan untuk belajar pun akan membuat Anda mampu berinovasi untuk meningkatkan performa perusahaan.

  • Manajemen waktu

Manajemen waktu tak hanya membantu Anda menuntaskan pekerjaan tepat waktu, melainkan juga menjaga kesehatan fisik maupun mental. Mengapa? Sejumlah proyek kerap memaksa pekerja untuk bekerja di luar batas waktu sampai merelakan waktu makan maupun tidur. Anda bisa mencegahnya dengan mengelola waktu sebaik mungkin agar proyek selesai sebelum tenggat tanpa memaksakan diri sampai jatuh sakit atau stres.

Semoga setelah membaca artikel ini, Anda dapat mengasah kemampuan personal dan performa bekerja, terutama untuk profesi TIK di era digital. Cari tahu lebih lanjut tentang program Magister Teknik Informatika (MTI) dan program Magister Manajemen Sistem Informasi (MMSI)  BINUS GRADUATE PROGRAM. Jadwalkan sesi konsultasi Anda bersama tim kami dengan menghubungi: Dyah – dyah.puspitasari@binus.edu / 0856 2395 339

Whatsapp