Dukung Efektivitas Kerja Pegawai dengan Manajemen Sistem Informasi Berbasis Teknologi

Sistem berbasis teknologi kini bukan lagi menjadi hal yang mewah. Kemajuan di era globalisasi memungkinkan Anda menggunakannya untuk berbagai bidang pekerjaaan, baik di perusahaan, instansi pemerintah, swasta, dan lain sebagainya. Dari beberapa sistem yang digunakan, sistem informasi adalah jenis yang memiliki fungsi penting, termasuk dalam mendukung efektivitas pegawai.

Penerapan sistem informasi berbasis teknologi

Sistem informasi sebenarnya bukan hal baru di perusahaan. Pihak manajemen yang memiliki tanggung jawab terhadap penggunaan sistem ini memanfaatkannya untuk mengumpulkan data-data penting yang nantinya dianalisis. Sistem ini pun berperan penting dalam pengendalian internal sebuah perusahaan yang mencakup pemetaan seluruh aktivitas yang meliputi SDM, teknologi, SDM, sistem, hingga prosedur yang diberlakukan.

Seiring berkembangnya zaman, sistem informasi mengalami kemajuan untuk mengikuti tren dan perubahan lainnya. Pengaplikasian teknologi terkini adalah salah satu langkah yang dianggap dapat membantu perusahaan mengolah data yang lebih lengkap dan akurat. Dalam hal ini, pegawai sebagai SDM memegang peran penting dalam memakai maupun menerima hasil sistem informasi. Sehingga efektivitas mereka dalam bekerja akan lebih maksimal dibandingkan saat memakai manajemen sistem informasi secara manual.

Perlunya dukungan manajemen terhadap pegawai

Implementasi manajemen sistem informasi berbasis teknologi membutuhkan dukungan dari pihak manajemen. Perusahaan dalam hal ini dapat melakukannya secara bertahap apabila sebelumnya pegawai sudah terbiasa dengan sistem informasi manual. Hal ini bertujuan agar pegawai tidak kaget dan bisa beradaptasi hingga benar-benar mampu mengoperasikannya. Sebab kalau dipaksakan, efektivitas mereka justru akan menurun dan memperlambat performa perusahaan.

Lantas, dukungan seperti apa yang sebaiknya diberikan perusahaan? Langkah awal yang bisa diberikan dapat berupa sosialisasi. Metode atau cara pengenalan yang dilakukan sebaiknya disesuaikan dengan karakteristik pegawai. Pasalnya, ada SDM yang mampu memahami berbagai informasi baru, ada pula yang membutuhkan waktu lebih lama untuk mencernanya.

Ketika sebagian besar pegawai, terutama yang diprioritaskan akan mengoperasikan sistem, sudah mengenal manajemen sistem informasi berbasis teknologi, bimbing mereka untuk menggunakannya. Dampingi dengan pengawasan, sehingga Anda tahu apakah pegawai yang dipilih memang cakap atau justru ada pegawai lain yang jauh lebih potensial.

Kemudian, lakukan evaluasi dari hasil pengamatan atau penilaian dalam periode waktu yang sudah ditentukan. Dari sini, Anda bukan hanya menemukan pegawai yang membutuhkan dukungan untuk meningkatkan efektivitasnya dalam bekerja, melainkan juga jenis teknologi yang sesuai untuk sistem informasi yang dipakai.

Langkah lainnya yang bisa perusahaan berikan adalah menyediakan pelatihan yang berhubungan dengan manajemen sistem informasi berbasis teknologi. Metode ini dinilai efektif dalam mengasah kemampuan pegawai sekaligus memberikan pengetahuan baru kepada mereka. Produktivitas kerja pegawai akan ikut meningkat, khususnya saat mereka menggunakan manajemen sistem informasi berbasis teknologi. Cari tahu lebih lanjut tentang program Magister Manajemen Sistem Informasi (MMSI) BINUS GRADUATE PROGRAM. Jadwalkan sesi konsultasi Anda bersama tim kami dengan menghubungi: Dyah – dyah.puspitasari@binus.edu / 0856 2395 339

Whatsapp