Dorong Pemulihan Ekonomi Dengan Menerapkan Teknologi Industri 4.0

Melihat cepatnya perkembangan teknologi dan juga informasi saat ini, banyak dari Anda yang pasti sudah familiar dengan kata industri 4.0. Industri 4.0 adalah era yang menggabungkan teknologi automatisasi dan teknologi cyber. Konsep industri 4.0 memiliki fokus pada konsep automatisasi yang dilakukan dengan bantuan teknologi dan tanpa memerlukan bantuan berbentuk tenaga kerja dari manusia dalam prosesnya. Hal ini berarti akan banyak pekerjaan yang diambil alih oleh robot dan mesin. Berikut adalah jenis-jenis teknologi yang akan menjadi primadona di era industri 4.0.

Internet of Things

Internet of Things atau bisa disingkat IoT adalah sebuah teknologi dimana sebuah objek mampu mentransfer data tanpa membutuhkan interaksi manusia atau sosial. Salah satu produk dari teknologi Internet of Things ini bernama Jarvis yang bisa secara otomatis mematikan lampu saat pagi hari.

Big Data

Big Data adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan suatu volume data dengan ukuran besar, baik data yang terstruktur maupun data yang tak terstruktur. Teknologi big data ini sudah banyak digunakan di berbagai bisnis. Teknologi ini bisa membantu untuk menentukan arah suatu bisnis.

Augmented Reality

Teknologi Augmented Reality atau yang sering disebut AR adalah sebuah teknologi yang memungkinkan gabungan benda maya 2 dimensi atau 3 dimensi ke dalam suatu lingkungan nyata dengan 3 dimensi. Kemudian, teknologi ini akan memproyeksikan benda yang bersifat maya tersebut di waktu nyata.

Kecerdasan Buatan

Kecerdasan buatan atau artificial intelligence adalah sebuah teknologi komputer yang diciptakan untuk memiliki kecerdasan dan pikiran layaknya manusia. Teknologi ini bisa disesuaikan dengan keinginan penggunanya. Fungsi primer dari teknologi kecerdasan buatan ini adalah kemampuannya dalam mempelajari data yang diterima. Semakin banyak data yang diterima serta dianalisis, semakin baik kemampuan teknologi kecerdasan buatan ini dalam menciptakan prediksi atau perkiraan.

Integrated System

Selanjutnya adalah integrated system atau sistem yang terintegrasi. Sistem ini adalah sebuah rangkaian yang menghubungkan beberapa sistem, baik secara fungsi maupun secara fisik. Integrated system menggabungkan komponen-komponen sub-sistem ke dalam satu sistem untuk memastikan bahwa semua fungsi bekerja dengan baik sebagai suatu kesatuan dari sebuah sistem.

Cloud Computing

Cloud Computing ialah sebuah teknologi yang membuat internet menjadi pusat dari pengelolaan data serta aplikasi. Contohnya adalah Google Drive, dimana Anda bisa menyimpan data-data Anda disana. Cloud Computing memberikan akses kepada penggunanya untuk mengakses server virtual sehingga mereka bisa mengkonfigurasi server lewat internet.

Additive Manufacturing

Additive manufacturing adalah sebuah gebrakan baru di dunia manufaktur. Contohnya adalah printer 3D. Di era digital ini, gambar desain digital yang sudah dibuat sebelumnya bisa diubah menjadi objek nyata dengan ukuran serta bentuk yang sama persis dengan desain sebenarnya atau dengan skala tertentu.

Itu tadi adalah teknologi industri 4.0 yang bisa diaplikasikan untuk mendorong pemulihan ekonomi. Cari tahu lebih lanjut tentang program Magister Teknik Informatika (MTI) BINUS GRADUATE PROGRAM. Jadwalkan sesi konsultasi Anda bersama tim kami dengan menghubungi: Dyah – dyah.puspitasari@binus.edu / 0856 2395 339