Orientasi & Inagurasi Mahasiswa Baru BINUS Graduate Program

Pada hari Sabtu, 12 Juni 2021, BINUS University kembali mengadakan acara Inagurasi BINUS Graduate Program yang dikhususkan bagi mahasiswa baru di program S2. Dalam acara ini, ratusan mahasiswa baru di lima program studi S2 BINUS Graduate Program mengikuti serangkaian sesi acara sebagai penutup masa orientasi mahasiswa.

Kelima program studi S2 BINUS Graduate Program antara lain Magister Akuntansi (MAKSI), Magister Teknologi Informasi (MTI), Magister Manajemen Sistem Informasi (MMSI), Magister Teknik Industri (MTD), dan Magister Komunikasi Pemasaran Strategis (MIK).

Acara Inagurasi BINUS Graduate Program kali ini sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena diadakan secara online via Zoom. Sebelumnya, para mahasiswa baru S2 BINUS Graduate Program sudah menjalani masa orientasi yang memperkenalkan mereka kepada lingkungan perkuliahan dan juga pemahaman lebih dalam terkait proses belajar mengajar di BINUS. Inagurasi diadakan bukan hanya sebagai simbol peresmian mahasiswa baru, namun juga pengarahan dan sosialisasi tambahan.

Setelah melakukan registrasi dan doa pembuka, segenap peserta Inagurasi BINUS Graduate Program menyanyikan lagu Indonesia Raya dan hymne Perguruan Tinggi Bina Nusantara. Acara pun dilanjutkan dengan perkenalan Binusian Leader serta laporan dari Dr. Sani Muhamad Isa, S.Si., M.Kom selaku Director of BINUS Graduate Program kepada Dr. Engkos Achmad Kuncoro, S.E., M.M selaku Vice Rector Academic Development BINUS University.

Tercatat ada 1.193 mahasiswa aktif per Juni 2021 di BINUS Graduate Program. Dijelaskan juga bahwa perkuliahan BINUS Graduate Program dirancang untuk selesai dalam 3 semester, bukanlah sebuah hal mustahil karena sudah ada >60% mahasiswa BGP yang berhasil lulus dalam waktu singkat tersebut.

Hal terpenting di sini adalah memiliki motivasi, konsistensi, dan selalu komunikasi dengan teman sekelas maupun dengan prodi. Director of BINUS Graduate Program juga mengumumkan rencana ke depan bagi BGP, termasuk program-program perkuliahan yang sudah dinanti-nanti.

Dr. Engkos Achmad Kuncoro, S.E., M.M juga memberikan arahan mewakilkan Rektor BINUS University Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, M.M. Beliau berpesan bagi para mahasiswa baru untuk giat berdiskusi topik-topik penelitian dengan para dosen guna mempersiapkan kelulusan. Tidak lupa juga untuk mengembangkan kemampuan lewat jalur sertifikasi. Setelah mendengarkan paparan dari Vice Rector, para mahasiswa baru pun diajak untuk melakukan sesi foto bersama sebagai memorabilia akan dimulainya perjalanan akademik mereka.

Kemudian, acara inagurasi diikuti dengan sesi kuliah umum. Kali ini, BINUS Graduate Program mengundang Raden Florentinus Suryo Susilo, MBA, CA., CPA., ACMA, CGMA yang berprofesi sebagai Senior Advisor di Arthur D Little Southeast Asia dan sebagai Anggota Direksi CIMA Southeast Asia. Dalam kuliah umum ini, Florentinus membawakan topik “Post COVID Quality of Work Life: Human-Machine Partnership.” Kuliah umum juga diakhiri dengan sesi tanya jawab.

Menutup acara Inagurasi BINUS Graduate Program tahun ini, para mahasiswa S2 baru dibekali dengan sesi sosialisasi yang dibawakan oleh Library and Knowledge Center (LKC) yang menjelaskan cara mengakses perpustakaan BINUS University serta cara kerja publikasi jurnal dan tim IT yang mengajarkan cara menggunakan fasilitas BINUS University seperti portal BINUSMAYA dan LMS.

Acara inagurasi pun resmi ditutup dan para mahasiswa baru diarahkan untuk bergabung dengan program studi yang diambil. Para mahasiswa baru mendapatkan penjelasan lengkap dari masing-masing Ketua Jurusan mengenai proses pembelajaran dan kurikulum yang ada.

Dengan diadakannya acara orientasi dan inagurasi ini, diharapkan para mahasiswa S2 BINUS Graduate Program yang baru bergabung semakin termotivasi untuk menjalani perkuliahan dengan lancar tanpa hambatan. Semoga cita-cita untuk lulus tepat waktu bisa diwujudkan oleh setiap mahasiswa baru ini dengan tetap menjunjung tinggi motto SPIRIT (Striving for excellence, Perseverance, Integrity, Respect, Innovation, and Teamwork) dari BINUS University. Selamat bergabung bagi para mahasiswa S2 BINUS Graduate Program

Whatsapp