Serba-Serbi Kuliah S2 Akuntansi di BINUS GRADUATE PROGRAM

Melanjutkan studi jurusan Akuntansi di jenjang magister akan lebih menguntungkan saat bergabung bersama BINUS GRADUATE PROGRAM.

Akuntansi merupakan salah satu cabang keilmuan yang memiliki pengaruh besar dalam persaingan dunia kerja global. Itulah mengapa banyak Sarjana Akuntansi melanjutkan studinya ke jenjang magister setelah menyelesaikan pendidikan Strata 1. Selain kesempatan kerja yang lebih besar, pengetahuan dan keterampilan yang didapatkan dalam program S2 akan mempersiapkanmu menjadi lulusan berdaya saing tinggi di masa depan. 

Sekilas tentang prodi S2 Akuntansi

Program studi S2 Akuntansi di BINUS GRADUATE PROGRAM (BGP) adalah pilihan terbaik bagi kamu yang ingin menambah pengetahuan dan meningkatkan keahlian di bidang akuntansi. Program ini dirancang khusus sebagai studi lanjutan dengan cakupan konsentrasi yang lebih luas, meliputi auditing, akuntansi manajemen, hingga akuntansi keuangan.

Seperti program lain yang dinaungi BINUS UNIVERSITY, Master of Accounting BGP juga melibatkan penerapan teknologi informasi yang sesuai dengan tuntutan sumber daya manusia di era digital seperti sekarang. Dengan penerapan poin penting ini, lulusan yang telah bergelar Magister Akuntansi akan berkompeten dalam menerapkan pemahaman cabang ilmu keuangan yang sejalan dengan prinsip-prinsip IT. 

Apa Saja Keunggulannya?

Visi utama dari program Master of Accounting BGP adalah menerapkan pembelajaran lanjutan yang inovatif dan mengglobal dengan kurikulum berbasis IT. Untuk dapat meraih tujuan tersebut, program ini menawarkan berbagai keunggulan sebagai berikut:

  • Orientasi mata kuliah lanjutan yang diarahkan secara khusus pada sertifikasi profesi serta penerapan teknologi informasi dalam bidang akuntansi.
  • Pengetahuan teoritis yang dipadukan dengan wawasan praktis disampaikan secara profesional melalui berbagai aktivitas bermakna di samping sesi perkuliahan. Aktivitas tersebut meliputi studi kasus dan pemanfaatan laboratorium komputer. 
  • Sesi perkuliahan tidak hanya dibimbing oleh dosen tetap, tetapi juga oleh dosen tamu yang telah berpengalaman di bidangnya. Dosen tamu yang dihadirkan pada sesi kuliah tertentu memiliki kualifikasi tinggi di bidang akuntansi, baik dalam standar nasional atau internasional.
  • Pembekalan bidang bagi mahasiswa untuk pengalaman nyata di dunia kerja. Hal ini dapat mendukung pengetahuan serta keterampilan yang didapatkan selama proses perkuliahan. 

Seluruh keunggulan dalam proses perkuliahan di atas didukung pula oleh gedung kampus berfasilitas lengkap. Fasilitas pembelajaran telah dirancang dengan mengikuti standar teknologi yang digunakan oleh perguruan tinggi bergengsi. 

Mata Kuliah Apa yang Dipelajari?

Program S2 Akuntansi di BINUS GRADUATE PROGRAM dilaksanakan selama tiga semester dengan pembagian dua periode di masing-masing semesternya. Karena bertujuan mencetak lulusan yang dapat mengambil peran aktif dalam proses riset, audit, serta pelaporan keuangan, sebagian besar mata kuliah yang dihadirkan pun didesain untuk dapat memenuhi kebutuhan tersebut.

Di semester pertama, misalnya, kamu akan langsung berhadapan dengan mata kuliah Corporate Reporting dan Research Methodology in Accounting and Business pada periode pertama. Mata kuliah riset yang membahas Quantitative and Qualitative Analysis juga akan langsung dipelajari di periode berikutnya. 

Meski penilaian tesis sebagai tugas akhir baru dilaksanakan pada periode kedua di semester ketiga, kamu sudah bisa mempersiapkan hal ini sejak semester dua. Dalam program Pre-Thesis, seluruh mahasiswa Magister Akuntansi BGP akan diperkenalkan dengan Strategic Management Control Systems serta Compliance Auditing and Internal Controls yang menjadi modal andalan dalam penyusunan tesis. 

Bagaimana Prospek Karier di Masa Depan?

Menjadi profesi yang dibutuhkan dalam pengelolaan keuangan di masa kini maupun masa depan membuat lulusan Magister Akuntansi memiliki prospek karier yang cerah. Lulusan program ini dapat menerapkan ilmunya dengan mendalami sejumlah profesi berikut:

  • Direktur Keuangan atau Chief Financial Officer yang memegang tanggung jawab tertinggi dalam bidang keuangan suatu perusahaan.
  • Akuntan Manajemen yang membantu menciptakan keputusan bisnis global dengan menganalisis, menyajikan data, sekaligus memberikan advis profesional terkait pengelolaan keuangan.
  • Auditor Eksternal yang bertanggung jawab mengelola urusan finansial perusahaan pada pemegang saham, pemerintahan, atau publik, maupun Auditor Internal yang bekerja dengan konsep sebaliknya. 

Demikian ulasan ringkas mengenai pilihan studi S2 Akuntansi di BINUS GRADUATE PROGRAM. Kamu dapat merasakan sendiri berbagai keunggulan studi magister yang ditawarkan dengan bergabung bersama program ini.

Paduan keahlian bisnis dan pemanfaatan teknologi informasi yang diberikan selama proses perkuliahan juga akan mempersiapkanmu menjadi lulusan terbaik yang siap mengembangkan usaha sendiri maupun bersaing di dunia kerja global. Jadi, tunggu apa lagi? Segera rencanakan kelanjutan studimu dengan menjadikan BINUS GRADUATE PROGRAM sebagai pilihan utama.

Whatsapp