7 Hal Penting yang Harus Dipertimbangkan Saat Akan Mengambil Studi S3

Berniat melanjutkan studi ke jenjang pendidikan S3? Pertimbangkan dulu sejumlah hal penting berikut ini sebelum menentukan pilihan studi!

Memutuskan untuk lanjut kuliah setelah menyelesaikan program magister bukanlah keputusan yang bisa dibuat dalam sekejap mata. Sederet pertimbangan harus dipikirkan oleh calon mahasiswa doktoral agar pilihan melanjutkan studi ini bisa sesuai dengan tujuan dan keinginan, yakni memberikan kontribusi yang lebih luas dalam bidang keilmuan tertentu.

Pilihan studi pada strata tertinggi ini memang memberikan berbagai keuntungan yang signifikan. Lulusannya dapat mendalami ilmu yang diminati hingga mendapatkan kesempatan kerja yang lebih besar untuk mengisi posisi bergengsi. Nah, untuk memilih dan mengikuti pilihan studi S3 yang tepat, ada sederet hal penting yang perlu dipertimbangkan terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa di antaranya.

  • Reputasi Universitas

Salah satu hal paling mendasar yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan sekolah lagi adalah reputasi universitas sebagai tempat menuntut ilmu. Saat akan mengambil studi S3, pastikan kamu telah mengumpulkan informasi menyeluruh mengenai berbagai pilihan universitas yang menyediakan program studi sesuai minat dan kebutuhan.

Cara termudah untuk mendapatkan informasi tersebut adalah dengan menghubungi pihak universitas dan melakukan konsultasi awal mengenai rencana studi. Selain itu, kamu juga bisa bertanya kepada teman maupun pihak akademisi terkait yang telah melakukan studi di universitas tersebut.

  • Bidang Keilmuan

Bidang keilmuan menjadi poin penting lain yang harus turut masuk dalam pertimbangan. Tidak semua bidang ilmu menghadirkan pilihan studi pada strata tertinggi. Jika bidang ilmu yang sama dengan program sarjana atau magistermu belum tersedia, kamu bisa memilih pilihan program studi yang serumpun dengan konsentrasi dan pendalaman yang dapat mendukung keilmuan yang telah ditekuni sebelumnya.

  • Topik Penelitian yang Akan Dikembangkan

Setelah menggarap dan menyelesaikan tesis pada jenjang studi S2, sederet pengembangan riset akan menjadi salah satu fokus utama dalam aktivitas perkuliahan di strata tinggi berikutnya.

Oleh karena itu, selain memilih program studi, fakultas, dan universitas tertentu, topik penelitian yang akan dikembangkan juga menjadi poin pertimbangan yang penting untuk dipikirkan oleh calon mahasiswa pada jenjang pendidikan ini. Saat mempertimbangkannya, pastikan jika topik penelitian yang dipilih akan memberikan dampak positif pada pengembangan karier setelah lulus nanti. 

  • Proses Perkuliahan

Proses perkuliahan menjadi poin penting lain yang harus dipahami dan dipertimbangkan saat hendak lanjut kuliah S3. Pada strata ini, proses perkuliahan tidak sepenuhnya serupa dengan program undergraduate yang mementingkan indeks prestasi dengan sebagian besar aktivitas kuliah yang cenderung pasif.

Sebaliknya, mahasiswa S3 akan dituntut untuk memberikan kontribusi signifikan melalui pengembangan riset yang sesuai dengan bidang keilmuan yang dipilih. Hal ini tentu memerlukan fondasi keilmuan yang cukup serta konsentrasi penuh bagi mahasiswa yang menjalankannya. 

  • Beban Studi

Ketika memutuskan sekolah lagi pada strata yang lebih tinggi, calon mahasiswa harus turut mempertimbangkan beban studi yang nantinya akan dihadapi. Kamu perlu mempersiapkan diri secara penuh agar dapat memenuhi ekspektasi tinggi yang diberikan kepada mahasiswa program doktoral.

Jika kamu tengah mengembangkan karier atau sudah memegang posisi penting di dunia kerja, ada baiknya mempertimbangkan hal ini secara lebih terperinci. Pembagian tujuan serta agenda yang seimbang antara aktivitas kerja dan perkuliahan perlu dilakukan sebelum mendaftarkan diri sebagai mahasiswa di strata ini.

  • Proyeksi Karier di Masa Mendatang

Saat memutuskan untuk lanjut kuliah setelah lulus dari program magister, kamu perlu mempertimbangkan proyeksi karier yang tersedia di masa mendatang. Secara umum, banyak orang yang berpendapat jika peluang kerja untuk lulusan S3 tak jauh-jauh dari profesi dosen atau peneliti di lembaga riset.

Anggapan tersebut memang tidak sepenuhnya salah. Namun, nyatanya ada segudang pilihan karier yang lebih luas bagi mereka yang mengantongi gelar doktor. Itulah mengapa proyeksi karier di masa depan perlu ikut dipertimbangkan sebagai poin terpenting.

  • Anggaran Pendidikan

Tak hanya memerlukan kesiapan mental dan akademis, keputusan untuk sekolah lagi juga membutuhkan pertimbangan anggaran pendidikan yang lebih meluas. Biaya untuk melanjutkan studi S3 tidaklah sedikit. Untuk itu, kamu bisa menyesuaikan anggaran keuangan yang harus dikeluarkan dengan memilih program tertentu atau mendaftarkan diri sebagai penerima beasiswa.

Itulah beberapa hal penting yang harus dipertimbangkan saat akan melanjutkan studi dari jenjang S2 ke S3. Sejumlah pertimbangan di atas bisa dijadikan panduan utama untuk mendukung niat mengembangkan potensi diri dan prospek karier dengan melanjutkan pendidikan ke strata yang lebih tinggi.

Whatsapp