Peminatan Doktoral Computer Science dan Information Systems, Apa Bedanya?

Program doktoral di BINUS GRADUATE PROGRAM hadir dengan dua pilihan peminatan. Yuk, simak perbedaan di antara keduanya!

Menjadi program doktoral berkelas dunia, Doctor of Computer Science di BINUS GRADUATE PROGRAM (BGP) hadir dengan perpaduan manajemen, riset, serta peningkatan praktik ICT yang berkualitas. Untuk mencetak lulusan berkompeten di bidangnya, program ini juga menawarkan dua peminatan S3 yang dapat dipilih mahasiswa, yakni Computer Science dan Information Systems.

Sekilas, keduanya tampak sebagai ranah ilmu serupa yang tak ada bedanya. Namun, jika diperhatikan secara lebih rinci, baik Ilmu Komputer maupun Sistem Informasi ternyata memiliki sejumlah poin utama yang sedikit membedakan satu peminatan dari yang lainnya. Yuk, simak perbandingan mengenai dua peminatan dalam program doktoral BGP ini!

  • Konsep Dasar

Program S3 Doctor of Computer Science (DCS) dengan peminatan Ilmu Komputer dan Sistem Informasi memang memiliki konsep dasar yang hampir sama. Bahkan, ada beberapa keterampilan serta kemampuan teknis di antara dua cabang ilmu ini yang dapat diterapkan secara beriringan. Meski demikian, jika berbicara konsep dasar, keduanya memiliki sejumlah perbedaan prinsip yang dapat dijadikan sebagai panduan.

Peminatan Ilmu Komputer berfokus pada sisi teoritis dari perangkat keras dan lunak sebuah sistem komputer. Dengan kata lain, peminatan ini menghadirkan studi komprehensif yang membahas sistem-sistem komputerisasi dari konsep hingga penerapannya. Sementara itu, Sistem Informasi memusatkan konsentrasi bahasan pada penerapan sistem komputer sebagai solusi bisnis yang terhubung dalam satu jaringan. 

  • Tujuan Utama dan Kompetensi Lulusan

Meski menjadi pilihan peminatan dari program doktoral yang sama, Ilmu Komputer dan Sistem Informasi memiliki objektif yang sedikit berbeda satu sama lain. Karena berhubungan dengan teknologi aplikasi yang langsung berpusat pada masalah, objektif dari Sistem Informasi adalah menciptakan lulusan yang dapat menempatkan diri dalam penerapan prinsip ICT secara global di bidang bisnis dan teknologi.

Sementara itu, peminatan Computer Science diharapkan dapat membentuk lulusan yang dapat mengembangkan ilmu, pengetahuan, serta proyek inovasi terkait bidang keilmuannya. Lulusan program S3 dari peminatan ini juga dapat berperan sebagai peneliti profesional yang nantinya memberikan konsep-konsep ICT terbaru untuk diterapkan dan turut dikembangkan bersama prinsip Sistem Informasi. 

  • Mata Kuliah yang Dipelajari

Pilihan mata kuliah peminatan pada program DCS di BINUS GRADUATE PROGRAM dapat dipilih saat tingkat pertama, yakni di semester 1 dan 2. Untuk Information Systems, mata kuliah yang dipelajari pada semester pertama adalah Recent Trends in Information Systems, Advance System & Architecture Enterprise, serta Advance Knowledge System. Di semester selanjutnya, perkuliahan pun akan lebih difokuskan dengan hadirnya mata kuliah Advance Information Technology Governance serta e-Business & e-Government.  

Mata kuliah yang berbeda tentu ditawarkan oleh program peminatan Ilmu Komputer. Di semester pertama, peminatan ini menghadirkan mata kuliah Software Metric Quality, Knowledge and Information Retrieval, serta Advanced Computer Security sebagai pondasi keilmuan. Pembahasan yang lebih terarah pada penerapan Ilmu Komputer akan hadir di semester kedua melalui mata kuliah Advanced Softcomputing dan Multimedia Computation.

  • Prospek Karier

Soal prospek karier, kedua peminatan doktoral ini sama-sama menciptakan lulusan berkualitas tinggi yang dapat bersaing di bursa kerja global dengan memegang sejumlah peran. Sebagai akademisi dengan jenjang pendidikan tertinggi, banyak lulusan yang mendalami profesi sebagai dosen maupun peneliti profesional.

Namun, tidak sedikit pula yang mengambil jenjang karier di lintas penerapan teknologi dan bisnis. Dalam hal ini, prospek karier yang banyak diminati adalah sebagai konsultan ICT maupun pemilik dan pimpinan tertinggi dalam lini bisnis yang menerapkan prinsip-prinsip komputerisasi serta sistem teknologi informasi.

Demikian penjelasan tentang peminatan Computer Science dan Information Systems yang ditawarkan oleh jalur studi doktoral di BINUS GRADUATE PROGRAM. Terlepas dari perbedaan mendasar yang dimiliki, kedua cabang ilmu ini sama-sama menghadirkan layanan terbaik untuk mencetak lulusan berkualitas yang kompeten di bidang ICT. Masing-masing pilihan penjurusan pun dapat dipilih sesuai dengan minat dan rencana pribadi.

Kehadiran kedua peminatan tersebut membuat pilihan melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi makin terarah. Jadi, segera daftarkan diri untuk bergabung bersama BINUS GRADUATE PROGRAM! Dengan begitu, menjadi lulusan terbaik yang dapat menerapkan konsep Ilmu Komputer dan Sistem Informasi dalam kehidupan masyarakat yang lebih luas tidak lagi sekadar impian.

Whatsapp