Lulus S1 dan S2 dalam Waktu 5 Tahun lewat Fast Track Program BINUS UNIVERSITY

BINUS UNIVERSITY menyediakan program percepatan untuk BINUSIAN yang ingin menyelesaikan pendidikan S1 dan S2 sekaligus. Bagaimana caranya?

Semakin tinggi pendidikan yang kamu tempuh, semakin besar juga kesempatan untuk memperoleh peluang karier yang lebih baik. Namun, menyelesaikan pendidikan S1, S2 ditambah S3 memerlukan waktu yang tidak sedikit. Karena itulah, BINUS UNIVERSITY menyiapkan solusi untuk kamu yang ingin lulus S1 dan S2 dalam 5 tahun saja lewat fast track program.

Apa Itu Fast Track Program?

Kalau kamu pernah mengikuti atau mendengar tentang program akselerasi di sekolah, maka fast track secara singkat memiliki definisi yang mirip. Jika akselerasi ditawarkan untuk siswa SD, SMP dan SMA yang ingin mempersingkat masa studi, maka fast track program dirancang bagi mahasiswa di perguruan tinggi untuk mengintegrasikan program S1 dengan S2 sekaligus. 

Lalu, seberapa besar perbedaan antara mahasiswa reguler dengan mahasiswa yang mengikuti fast track program? Anggaplah ada 2 orang mahasiswa bernama A dan B. Keduanya berkuliah di kampus yang sama dengan jurusan yang sama. Bedanya, A mengambil fast track program sementara B tidak.

Untuk bisa menyelesaikan S1-nya saja, B memerlukan waktu belajar 4 tahun. Artinya, dalam 4 tahun B hanya akan memperoleh gelar sarjana S1 saja. Berbeda dengan A yang mengambil fast track program. Hanya dalam waktu 5 tahun, A akan memperoleh gelar sarjana (S1) dan master (S2) sekaligus.

Bagaimana Cara Mengikuti Fast Track Program BINUS UNIVERSITY?

Fast track program yang dibuka oleh BINUS UNIVERSITY memungkinkan mahasiswa yang memenuhi kriteria untuk melanjutkan studi master mereka di semester 7 saat menempuh pendidikan S1-nya. Sebelum melanjutkan pendidikan ke tingkat master, BINUSIAN harus menyelesaikan enrichment program pada semester 6. Tujuannya adalah agar semua mata kuliah dan persyaratan meraih gelar sarjana bisa diselesaikan secepat mungkin. Program ini dirancang agar semua materi kuliah sarjana dan pascasarjana bisa didapatkan oleh BINUSIAN dalam masa pendidikan 10 semester (5 tahun).

Fast track sendiri menjadi opsi terbaru bagi BINUSIAN yang ingin memanfaatkan program BINUS UNIVERSITY 3+1. Sebelumnya, BINUSIAN bisa memilih jalur magang, penelitian atau pengembangan masyarakat. Dengan adanya fast track, pilihan yang bisa diambil mahasiswa menjadi bertambah.

Apa Saja Keuntungan Mengikuti Fast Track Program?

Untuk bisa mengikuti fast track program, kamu harus memiliki performa akademis yang baik. Selain itu, masa-masa peralihan dari program S1 menuju S2 juga memerlukan kerja keras ekstra. Pasalnya selain harus menuntaskan perkuliahan di jenjang sarjana, kamu juga harus beradaptasi dengan masa-masa belajar untuk program master. Namun ini sebanding dengan keuntungan yang bisa kamu dapatkan antara lain:

  1. Menghemat Waktu dan Biaya

Dibandingkan mengambil program kuliah reguler (lulus S1 baru kemudian melanjutkan ke S2), fast track jelas lebih hemat waktu. Masa kuliah sarjana dan master yang tadinya bisa memakan waktu antara 6 sampai 7 tahun bisa dipersingkat menjadi 5 tahun saja. Selain menghemat waktu, kamu juga bisa menghemat biaya.

  1. Skripsi dan Thesis Bisa Sejalan

Mahasiswa fast track program biasanya bisa mulai mengerjakan tesis setelah dinyatakan lulus S1. Agar lebih mudah, kamu bisa memilih penelitian yang sejalan antara program S1 dan S2 kamu. Selain memudahkan kamu dalam mengerjakannya, hasil penelitian yang didapatkan juga akan lebih mendalam.

  1. Bisa Lebih Cepat Mengejar Karier

Tingkat pendidikan menentukan jenjang karier yang bisa kamu capai. Semakin tinggi pendidikan kamu, semakin besar kesempatan kamu ditempatkan di posisi yang lebih tinggi. Dengan mengikuti program fast track, kamu memiliki kesempatan yang lebih besar dalam waktu yang lebih cepat untuk memperoleh jabatan dan tentu saja penghasilan tinggi.

Untuk kamu yang sedang berencana melanjutkan pendidikan S2 dan masih duduk di bawah semester 7, saatnya mempersiapkan diri untuk fast track program dari BINUS UNIVERSITY sekarang juga.

Whatsapp