Skill Apa yang Didapat Setelah Kuliah S2?

Kuliah S2 di BINUS UNIVERSITY akan memberimu banyak keahlian baru. Inilah beberapa keahlian yang akan kamu dapatkan saat masuk program Magister.

Ingin mendapat lebih banyak keunggulan dari pendidikanmu? Yuk, lanjut kuliah S2! Walau masa kuliahnya lebih singkat dari S1, program Magister memberimu beragam keunggulan yang tidak akan kamu peroleh jika berhenti di program dasar. Kamu bahkan akan mendapat berbagai skill khusus yang hanya bisa diperoleh lewat program lanjutan seperti ini.

Jika kamu masih ragu soal kuliah Magister, baca dulu potensi yang bisa kamu dapat dari program ini!

Manfaat Kuliah S2

Program kuliah Magister memberimu keunggulan di bidang karier spesifik, terutama yang membutuhkan lisensi khusus. Contoh paling umum adalah gelar dokter medis. Kamu mungkin menguasai wawasan kedokteran setelah kuliah S1, tetapi jika ingin membuka praktik atau bekerja sebagai dokter berlisensi, kamu harus melanjutkan kuliah S2. 

Gelar S2 juga membantumu mendapatkan pekerjaan di bidang yang berisiko tinggi atau menuntut kepercayaan publik yang tinggi. Contohnya adalah program kuliah untuk menjadi akuntan publik bersertifikat, arsitek, insinyur, konsultan pajak, dan sebagainya. 

Akhirnya, jika kamu ingin menjadi peneliti atau dosen, kamu harus memiliki gelar S2 atau Profesi. BINUS UNIVERSITY, contohnya, memberi beasiswa S2 pada lulusan yang ingin menjadi dosen.

Skill dari Kuliah S2

Kuliah di program Magister mungkin menantang dan butuh biaya, tetapi kamu akan mendapat banyak skill yang memberi keuntungan jangka panjang. Inilah beberapa contohnya:

  • Aspek Keilmuan yang Lebih Spesifik

Program Magister cocok untukmu yang ingin menjadi spesialis karena aspek keilmuannya lebih spesifik. Kamu berkesempatan mempelajari suatu bidang secara mendalam hingga ke balik permukaan. Hal ini berbeda dengan lulusan S1 yang biasanya memiliki latar belakang ilmu lebih general. 

Selain mampu memecahkan masalah dengan lebih baik, keahlian sebagai spesialis juga memberimu daya tawar tinggi. Posisimu di lapangan kerja akan sulit tergantikan karena tidak semua orang mampu melakukan tugasmu.

  • Kemampuan Analisis dan Observasi

Sekolah di jurusan S2 membuat kemampuan analisis dan observasi terasah lebih jauh. Kamu akan belajar cara mengamati suatu problem spesifik lewat beberapa sudut pandang, lalu menemukan beberapa solusi pemecahan. Solusi yang kamu temukan juga akan cenderung spesifik dan lebih mendalam dibandingkan mereka yang pengetahuannya hanya menyentuh permukaan.

Dengan kedua kemampuan ini, kamu tidak hanya meningkatkan nilai tambah, tetapi juga memberi keuntungan di bidang karier. Kemampuan ini terutama cocok untuk yang ingin menjadi peneliti, analis, atau konsultan setelah lulus.

  • Kemampuan Manajemen dan Supervisi

Manajemen dan supervisi adalah kemampuan yang membutuhkan pemahaman mendalam terhadap suatu permasalahan atau standar pekerjaan. Lulusan S2 banyak yang menempati posisi manajer, supervisor, pengawas mutu, dan sejenisnya. Hal ini bermanfaat untuk berbagai bidang spesifik, misalnya teknologi informasi dan manufaktur.

  • Kepemimpinan dan Kerja Sama Tim

Program kuliah S2 di BINUS UNIVERSITY mengarahkan mahasiswa untuk memiliki jiwa kepemimpinan. Hal ini penting bagi lulusan yang akan menempati posisi strategis dalam perusahaan, di mana hal ini biasanya melibatkan pengelolaan tim dalam menyelesaikan proyek. Kepemimpinan merupakan keahlian yang bisa kamu terapkan di perusahaan atau bidang mana saja.

Selain menjadi pemimpin, kamu juga akan belajar cara bekerja sama dalam tim. Kamu akan dilatih untuk mengetahui cara membagi tugas dan bersinergi dengan orang lain dalam tim yang sama. 

  • Kemampuan Mengajar dan Melatih

Program S2 merupakan syarat agar kamu bisa menjadi dosen. Kamu tidak hanya belajar tentang bidang keilmuan secara lebih spesifik, tetapi juga menerapkannya dalam proses mengajar atau melatih. Kamu akan belajar cara berkomunikasi, menjelaskan berbagai konsep dengan cara yang mudah dimengerti, dan melakukan transfer pengetahuan secara efektif.

Keahlian ini bukan hanya untuk dosen. Kamu bisa menerapkannya ketika menempati jabatan yang melibatkan proses pelatihan di perusahaan pilihanmu. Belajar di jenjang lebih tinggi memberimu beragam keahlian baru dan lebih spesifik, terutama di kampus berkualitas seperti BINUS UNIVERSITY. Jangan ragu mendaftar kuliah S2 untuk meningkatkan kompetensimu dan mendapat potensi karir lebih besar.

Whatsapp