Mau Meneruskan Pendidikan S2, Apakah Harus Linier dengan S1?

Linieritas kerap menjadi pertimbangan lulusan S1 yang ingin melanjutkan pendidikan S2. Apakah linieritas sebuah keharusan? Simak pembahasannya berikut ini!

Melanjutkan studi ke jenjang S2 merupakan salah satu cara untuk meningkatkan skill dan menambah relasi. Melalui pendidikan S2, kamu juga bisa mendapatkan peluang penghasilan lebih tinggi. 

Namun, sebagian orang kerap memikirkan linieritas jurusan di jenjang S1 dengan pendidikan S2. Jika memilih jurusan linier, mereka belum tentu membutuhkannya di dunia kerja. Sebaliknya, ketika memutuskan masuk ke rumpun ilmu yang tidak linier, banyak tantangan yang harus dilewati.

Lantas, bagaimana cara mempertimbangkan linieritas studi S1 dan S2? Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Pilihan Jurusan untuk Studi S2 Harus Mendukung Karirmu

Tahukah kamu, sekitar 65 persen lulusan S1 di Indonesia bekerja di bidang tidak linier dengan jurusan kuliahnya? Sebagian dari mereka terpaksa mengambil pekerjaan tersebut karena didesak kebutuhan. Sementara itu, sisanya merasa karier yang kini ditempuh cocok dengan passion-nya.

Kendati demikian, masih ada 25 persen lulusan S1 yang memilih pekerjaan sesuai bidang keilmuan semasa kuliah. Rata-rata mereka pun sukses dalam pekerjaan tersebut. 

Lalu, bagaimana mereka memilih jurusan ketika harus meneruskan ke jenjang S2? 

Jika kamu berada di posisi mereka, hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah peta karier. Sejak awal kuliah sampai sekarang, setiap orang pasti memiliki cita-cita. Nah, cita-cita itu menjadi cikal bakal peta karirmu. 

Kalau karirmu tidak menuntut untuk mengambil jurusan linier, kamu bisa masuk ke bidang keilmuan lain. Sebagai contoh, kamu adalah lulusan S1 jurusan ekonomi yang bekerja sebagai pegawai bank. Untuk menaikkan jabatan, pimpinan bank mewajibkan karyawannya kuliah S2. 

Karena pimpinan tidak mewajibkan linieritas jurusan, maka kamu boleh mengambil bidang keilmuan berbeda di jenjang S2. Misalnya, dari jurusan ekonomi melanjutkan kuliah S2 di rumpun keilmuan manajemen atau administrasi publik.

Linieritas  Diperlukan Jika Kamu Bercita-cita Jadi ASN

Apakah kamu memiliki cita-cita menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) sejak kecil? Untuk menjadi ASN, banyak syarat yang harus dipenuhi. Salah satunya adalah pilihan jabatan saat seleksi ASN harus sesuai jurusan kuliah.

Sebagai contoh, seleksi ASN tahun ini membuka jabatan dosen untuk mengajar mahasiswa S1 jurusan Teknologi Informasi. Kualifikasi yang diwajibkan adalah lulusan minimal S2 dalam satu rumpun.

Karena Teknologi Informasi rumpun dari Teknik Elektro dan Informatika, kamu yang kuliah S2 Teknik Komputer masih bisa mendaftar. Selain itu, lulusan S2 Ilmu Komputer, Sistem Informasi, dan Teknik Informatika juga memiliki peluang untuk diterima sebagai dosen ASN.

Linieritas  Tidak Wajib untuk Dosen, tetapi Pertimbangkan Manfaatnya  

Sejak tahun 2014, pemerintah tidak mewajibkan dosen di perguruan tinggi melanjutkan kuliah di bidang keilmuan yang sama. Namun, perlu kamu ketahui, dosen dengan jurusan linier akan mendapatkan manfaat berikut. 

  • Kamu memiliki peluang untuk mengajar di kampus yang mengharuskan dosennya linier.  
  • Kamu bisa dipertimbangkan oleh kampus—yang mewajibkan dosen linier—untuk menjadi pengajar tetap dengan gaji tinggi.  
  • Dosen linier memiliki kesempatan mengajar semua mata kuliah karena pernah mendapatkannya ketika jenjang S1. 
  • Jika mengambil kuliah S2 linier, kamu lebih mudah menguasai dan mendapatkan nilai tinggi. Pasalnya, keilmuan dasar sudah dipelajari sejak menempuh pendidikan S1. Bahkan, kamu berkesempatan mendapatkan beasiswa untuk jenjang S3. 
  • Dengan mengambil jurusan linier, kamu lebih mudah melakukan riset di bidang masing-masing. Selain itu, peluang untuk mendapatkan dukungan riset secara finansial lebih besar. 
  • Jika pendidikan S2 linier dengan S1, kamu mudah mengajukan diri menjadi guru besar. 
  • Kamu bisa melanjutkan tema riset yang digunakan ketika skripsi di jenjang S1 untuk tesis.

Itulah pembahasan seputar linieritas pendidikan S2 dengan jenjang S1 yang harus kamu pahami. Jika kamu mempunyai rencana kuliah S2 dalam waktu dekat, BINUS UNIVERSITY bisa menjadi pilihan universitas.  

Perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia ini program Master Track untuk disiplin ilmu bisnis dan komputer. Kamu juga bisa memilih program S2 dengan pilihan jurusan di rumpun ilmu bisnis, komputer, akuntansi, komunikasi, dan teknik.

Whatsapp