Kuliah Online Butuh Komitmen Lebih Kuat, Kenapa?

Kuliah online ternyata memiliki berbagai tantangan. Berikut alasan mengapa butuh komitmen ekstra untuk kuliah online.

BINUS UNIVERSITY menawarkan kuliah online (disebut blended learning) untuk kemudahan mahasiswa dalam belajar. Sepintas, alternatif ini lebih mudah daripada belajar di kelas, terutama saat pandemi atau ketika mahasiswa memiliki tuntutan lain, misalnya pekerjaan. Akan tetapi, jangan salah, belajar jarak jauh ternyata memiliki tantangan tersendiri!

Belajar jarak jauh tidak sama dengan kelas tradisional. Karena tidak ada tatap muka langsung dan mahasiswa bisa berada di mana saja secara fisik, aktivitas belajar terasa sangat berbeda dan terkadang justru membawa tantangan unik. Kamu pun membutuhkan komitmen khusus untuk melakukannya.

Inilah beberapa tantangan kuliah jarak jauh yang bisa kamu harapkan, terutama jika kamu belum pernah mengalaminya.

Kesulitan Beradaptasi dengan Situasi Belajar

Satu hal yang paling jelas dari perbedaan kuliah daring dan tradisional adalah situasi fisiknya. Kamu tidak datang ke kampus dan bisa duduk di mana saja selama belajar, misalnya di ruang tamu atau kamar tidur. Sepintas terdengar bagus, tetapi hal ini bisa menyebabkan stres dan kesulitan beradaptasi akibat suasana yang terlalu kontras dengan aktivitas belajar rutinmu.

Menjalani kuliah jarak jauh di rumah berarti “membawa” atmosfer kelas ke ruang pribadimu. Hal ini bisa membuat stres karena kamu seolah tidak memiliki ruang sendiri untuk menjauh sejenak dari stres. Situasi belajar seperti ini cenderung bisa membawa efek negatif setelah beberapa lama.

Tuntutan untuk Lebih Sering Online

Kuliah online semakin sering diterapkan selama pandemi. Ini berarti kamu harus menghabiskan waktu online lebih sering dari biasanya. Hal ini bisa menambah stres dan rasa lelah, terutama karena gerak-gerikmu lebih terbatas dan membuatmu harus menghabiskan waktu menggunakan gawai dan internet. Jika ditambah dengan kegiatan kuliah, ini berarti kamu menghabiskan waktu tambahan untuk online lebih banyak dari biasanya.

Berkurangnya “Pengawasan”

Tahukah kamu kalau kuliah online bisa membuatmu merasa lebih malas kuliah? Hal ini karena kuliah jarak jauh tidak memberimu tingkat “pengawasan” seperti kehadiran dosen dan mahasiswa yang duduk di sekitarmu. Hal ini akan membuatmu mudah mengembangkan rasa malas kuliah atau ketidakseriusan dalam mengerjakan tugas. Kamu juga mudah mengembangkan sikap cuek terhadap materi yang disampaikan.

Sulitnya Menarik Perhatian Dosen

Kuliah online bisa membuat mahasiswa malas bertanya kepada dosen. Hal ini karena dosen harus membagi perhatian kepada beberapa mahasiswa yang muncul di layarnya. Hal ini berbeda dari kuliah tradisional di mana mahasiswa cukup mengangkat tangan untuk bertanya. Akibatnya, mahasiswa bisa kehilangan motivasi untuk bertanya dan tidak bisa mendapat informasi penting. Interaksi dengan dosen pun menjadi kurang intens.

Kesulitan Teknis

Akhirnya, kesulitan teknis akan selalu ada di dalam tren interaksi daring. Kamu mungkin mengalami masalah teknis, misalnya pada layar, kecepatan pemuatan, hingga komputermu itu sendiri. Jika ini terjadi, kesulitan teknis akan hadir dan kamu tidak bisa mengikuti kuliah dengan lancar tanpa adanya alternatif kecuali menunggu catatan dari seseorang di kelas.

Tips Mengurangi Kesulitan Kuliah Online

Kuliah online mungkin bisa membuatmu sulit mengembangkan optimisme, tetapi bukan berarti kamu tidak bisa mengatasi efek buruknya. Ada beberapa cara membuat kuliah online lebih mengasyikkan.

Salah satu caranya adalah menciptakan ruang khusus untuk belajar di rumahmu. Ruang ini tidak perlu terpisah dengan dinding, tetapi kamu bisa menerapkan “area kerja”. Gunakan karpet mini di bawah meja dan kursi belajarmu, dan hindari belajar di tempat tidur karena hal itu akan membuatmu mengaitkan tempat tidur dengan sumber stres.

Kuliah lewat internet ternyata memang membuatmu harus sering meluangkan waktu dan tenaga untuk lebih proaktif. Kamu juga rentan dengan serangan stres yang bisa menyerang kapan saja. Kuncinya adalah beradaptasi dengan atmosfer saat menayangkan anime seperti tayangan TV. Jadikan kuliah online sebagai sarana belajar masa kini yang menyenangkan, dan hindari menyerah terhadap faktor-faktor yang telah disebutkan di atas.

Whatsapp