7 Tips Anti Grogi Presentasi di Depan Bos

Presentasi di depan orang yang disegani kerap membuat seseorang merasa gugup. Bagaimana cara mengatasinya? Simak tips presentasi berikut ini!

Merasa gugup atau grogi saat berhadapan dengan orang yang kedudukannya lebih tinggi adalah hal wajar. Namun, sebagian orang kerap kesulitan mengontrol diri dengan ditandai keluarnya keringat dingin. Akibatnya, kamu menjadi tidak fokus pada materi presentasi.

Nah, untuk mencegah grogi saat tampil, kamu bisa menerapkan tujuh tips presentasi berikut ini.

Persiapkan Diri dengan Latihan Presentasi

Tips pertama; kamu harus berlatih presentasi beberapa kali sebelum tampil di depan bos. Latihan presentasi tidak sekadar menghafal materi, tetapi juga menata cara penyampaiannya. Pastikan cara penyampaian tersebut lugas, mudah dipahami, dan mengena di hati.

Jika kamu membutuhkan objek presentasi, awali latihan di depan cermin. Anggaplah bayangan di cermin tersebut adalah orang yang kelak dihadapi. Mulailah dari berlatih cara menatap objek presentasi, memperbaiki gestur, hingga mengolah kata.

Untuk menambah rasa percaya diri, kamu juga bisa berlatih di hadapan orang tua atau teman. Setelah presentasi selesai, mintalah mereka menilai atau memberikan kritikan atas penampilan kamu.

Buatlah Slide Presentasi yang Menarik

Desain slide untuk presentasi menjadi salah satu penilaian saat seseorang memaparkan materi. Pasalnya, desain slide yang bagus mampu menarik audiens untuk fokus pada penjelasan kamu. Bagi audiens, kendati penampilan presenter banyak kekurangan, desain slide tersebut mampu menutupinya.

Untuk membuat desain slide keren, kamu harus memilih template kreatif. Pastikan warna template dari slide pertama sampai terakhir senada dengan huruf yang digunakan. Kemudian, masukkan poin-poin materi secara lugas dan jelas. Kamu bisa menyisipkan penjelasan singkat agar bos lebih paham.

Gunakan Pakaian yang Tepat

Dalam budaya Indonesia, pakaian dapat menunjukkan jati diri seseorang. Sebagian masyarakat menganggap orang dengan setelan jas, berdasi, dan bersepatu lebih intelek dibandingkan yang berkaos oblong. Lalu, bagaimana sebaiknya pakaian untuk presentasi?

Pertama, kamu harus melihat dahulu karakter bos yang dihadapi. Jika ia selalu berpenampilan rapi, berarti pilihlah kemeja atau batik berkerah. Sebaliknya, kalau bos kamu kerap berpakaian kasual, pastikan menggunakan kaos berkerah dan bersepatu.

Minum Air Putih sebelum Tampil

Tips presentasi yang ketiga adalah meminum air putih lima menit sebelum presentasi. Minimal kamu minum air putih sebanyak satu gelas berukuran 200 ml. Lantas, mengapa harus minum air putih?

Secara ilmiah, sebesar 60 persen tubuh manusia disusun oleh air. Sekitar 73 persen air di dalam tubuh menjadi bagian dari komposisi otak. Jika porsi air di bawah standar minimal, fungsi otak mengalami gangguan fokus. Akibatnya, kamu sulit berpikir jernih dan merasa stres.

Untuk mengembalikan fokus, kamu harus mengisi kekurangan cairan di tubuh. Caranya dengan minum air putih sesuai kebutuhan.

Pertahankan Kontak Mata

Ketika presentasi di depan beberapa orang, pertahankan kontak mata pada satu objek saja. Hindari menatap mata audiens satu per satu karena bisa menghilangkan fokus kamu. Cara ini terbukti ampuh untuk mengunci audiens tetap fokus pada materi yang disampaikan.

Persiapkan Diri untuk Menjawab Pertanyaan

Sebelum presentasi, kamu harus membuat daftar pertanyaan yang mungkin diajukan oleh si bos. Kemudian, temukan dan catat jawaban atas semua pertanyaan tersebut. Pastikan kamu menghafal dan menguasai jawabannya.

Periksa Kelengkapan Alat Presentasi

Peralatan presentasi terdiri dari layar proyeksi, proyektor, mikrofon, dan perangkat komputer. Jika peralatan tersebut sudah ada di ruang presentasi, pastikan kamu mengecek fungsinya.

Pertama, kamu harus mengecek kesesuaian port di perangkat komputer dengan kabel proyektor. Selanjutnya, nyalakan hubungkan kabel, lalu nyalakan proyektor. Setelah menyala, buka layar proyeksi untuk melihat tampilan gambar dari komputer.

Itulah tujuh tips presentasi di depan bos supaya kamu tidak merasa grogi. Sebenarnya, rasa grogi tersebut akan hilang seiring meningkatnya jam terbang presentasi. Karena itu, mulailah berlatih saat kamu kuliah.

Kampus yang kerap membiasakan mahasiswanya untuk presentasi saat kuliah adalah BINUS UNIVERSITY. Perguruan tinggi swasta ini menjadi salah satu lembaga pendidikan terbaik di Indonesia. Pasalnya, kampus tersebut berhasil mencetak mahasiswa cerdas, kreatif, dan kompeten.

Whatsapp