Manusia dan Komputer, Mana Lebih Unggul?

Photo Credit: Pavel Danilyuk (Pexels)

Dalam perkembangan teknologi, kita selalu dibuat terpukau dengan hasil penelitian manusia. Manusia bisa menciptakan robot yang bertindak dan berkomunikasi layaknya kita semua. Dalam beberapa aspek kehidupan, kita pun tak akan menyangkal bahwa kecanggihan teknologi saat ini sudah banyak membantu. Namun, yang menjadi pertanyaan adalah bisakah robot atau komputer mengungguli manusia? Manakah yang lebih unggul?

Dr. Lukas, Ketua dari Indonesia Artificial Intelligence Society (IAIS) selaku pembicara dalam Guest Lecture Program Studi Magister Teknik Informatika (MTI) BINUS  GRADUATE PROGRAM yang mengangkat tema “Research in Machine Learning and Its Application”, mengajak kita untuk mengenali lebih jauh keunggulan manusia dan komputer di masa kini. Simak ulasannya berikut ini!

Keunggulan Komputer

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, kecanggihan komputer telah membantu banyak aspek dalam hidup. Komputer bisa melakukan sesuatu lebih baik daripada manusia, beberapa keunggulan komputer adalah sebagai berikut:

  1. Menghitung angka dalam jumlah besar

Bisakah Anda menghitung ribuan angka empat digit tanpa menggunakan alat bantu hitung? Komputer dapat melakukannya dengan baik dan cepat. Kita pun bahkan mengandalkan sebuah mesin yang sudah diajarkan dan dirancang khusus untuk menghitung, yakni kalkulator. Anda bisa mengaksesnya di ponsel, komputer, atau mungkin Anda memiliki alat tersebut di meja Anda. 

Tak seperti manusia yang harus bergantung pada suatu alat, mesin komputer bisa menghitung dengan cepat dan tepat meski angkanya ribuan, bahkan jutaan sekalipun.

  1. Menggambar 3 dimensi

Pernahkah Anda membayangkan bagaimana manusia zaman dulu membuat model 3 dimensi (3D) untuk membangun sesuatu? Dibutuhkan berlembar-lembar kertas dan banyak sumber daya manusia untuk menciptakan sebuah model saja. Namun, kini sudah tidak lagi sejak ada mesin komputer atau aplikasi yang memudahkan manusia untuk menggambar 3D. 

Gambar 3D banyak digunakan dalam bidang arsitektur, otomotif, dan denah geografis. Gambar tersebut dibutuhkan untuk memberikan bayangan jelas bagaimana bentuk suatu bangunan, bahkan bisa memberi tahu perkiraan biaya untuk membangunnya.

  1. Menyimpan informasi yang kompleks

Seberapa banyak Anda bisa menghafal kontak telepon kerabat, kolega, atau keluarga Anda? Bisakah Anda menyebutkan nama, alamat, pekerjaan, ulang tahun, dan nomor telepon mereka? Mungkin Anda bisa menghafal kontak orang terdekat seperti pasangan, sahabat, atau keluarga, namun untuk kontak lainnya, apakah Anda bisa menyebutkannya tanpa melihat ponsel?

Mesin komputer dirancang untuk menerima, mengolah, dan menyimpan informasi. Segala informasi dari yang sederhana hingga kompleks bisa Anda simpan dalam memori mesin komputer dan mudah diakses kapan pun Anda membutuhkan. Sedangkan, meski manusia juga bisa menyimpan berbagai informasi, nkerap kali kita memiliki keterbatasan dan melupakannya.

Apa yang Tidak Bisa Dilakukan Komputer?

Meski mesin komputer melakukan beberapa pekerjaan lebih baik daripada manusia, manusia tetap lebih baik dan unggul dalam banyak bidang. Otak manusia sudah dirancang sedemikian rupa melebihi otak mesin. Jika mesin komputer dapat menghitung banyak angka dengan cepat dan tepat, menggambar tiga dimensi, memiliki penyimpanan yang besar, serta mampu memproses jutaan data, tetap ada hal yang tak bisa mesin komputer lakukan.

Mesin komputer tidak dapat mengidentifikasi sebuah gambar kompleks. Gambar kompleks yang dimaksud adalah gambar yang memiliki banyak objek dengan shading/bayangan yang rumit dan membuat suatu objek menjadi tersamar. Sebagai contoh, bila ada sebuah gambar kucing yang bersembunyi di balik lemari, namun masih terlihat ekornya, maka otak manusia bisa dengan mudah menemukannya. Sayangnya, mesin komputer belum bisa melakukan itu. 

Jika Anda pernah melihat suatu tindak keamanan di internet yang bernama CAPTCHA, maka Anda bisa memahami bahwa CAPTCHA dibuat untuk menghindari masuknya robot atau bot yang berusaha mengganggu sistem yang dilindungi oleh CAPTCHA tersebut. 

Kecerdasan Manusia Secara Umum

Kecerdasan secara umum hingga saat ini masih belum bisa didefinisikan karena pada dasarnya, ada berbagai macam kecerdasan dalam diri manusia yang bahkan tak semua orang bisa memiliki segalanya. Kecerdasan manusia yang paling dasar adalah kecerdasan motorik dan sensorik. Kita juga mengenal kecerdasan dalam bermusik, kecerdasan logika-matematika, dan masih banyak lagi. Sehingga, untuk mendefinisikan apakah suatu mesin komputer sudah mencapai tingkat kecerdasan yang sama dengan manusia, akan begitu sulit.

Bisakah Mesin Berpikir?

Sejak 1950, Alan Turing, seorang ahli matematika, sudah mempertanyakan apakah mesin komputer dapat berpikir. Meskipun hingga saat ini komputer belum bisa menyaingi beberapa aspek kehebatan otak manusia, teknologi terus dikembangkan. 

Saat ini, kita mengenal yang namanya machine learning, sebuah mesin yang dirancang untuk bisa melakukan pembelajaran seperti manusia. Pengaplikasian machine learning sendiri sudah dapat kita rasakan, salah satunya dari fitur voice recognition di ponsel kita. Namun, untuk menciptakan mesin yang canggih ini dibutuhkan input data yang sangat banyak.

Berdasarkan pembahasan di atas, dapat dipahami bahwa manusia akan selalu lebih unggul dari mesin komputer walau teknologi terus mengalami perkembangan. Secanggih apa pun suatu komputer, otak manusia pada dasarnya dirancang untuk memproses hal-hal yang lebih kompleks dari kemampuan komputer. Jadi, antara manusia dan komputer; sudah jelas, bukan, mana yang lebih unggul?

Reference: https://www.youtube.com/watch?v=3y_WpDxmMmY  

https://harmonipermata.com/manfaat-dan-kegunaan-3d-desain/#:~:text=Selain%20memiliki%20nilai%20seni%20yg,otomotif%20dan%20juga%20denah%20gografis

Whatsapp