Pentingnya Teknik Informatika untuk Berbagai Aspek Kehidupan

Teknik Informatika adalah salah satu jurusan yang banyak diminati. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab Teknik Informatika mempunyai segudang manfaat, apalagi di era digital seperti sekarang ini, lulusan Teknik Informatika banyak dicari, lho! Selain itu, dengan berbekal ilmu Teknik Informatika tingkat lanjut, yakni menempuh studi S2 di BINUS GRADUATE PROGRAM, Anda bisa membuka lapangan pekerjaan baru dan memperoleh banyak manfaat. Ingin tahu lebih lanjut? Simak manfaat ambil jurusan Teknik Informatika di bawah ini!

 

  1. Manfaat di Bidang Kesehatan

Pertama, Teknik Informatika memiliki peran penting dalam aspek kesehatan. Berkat teknologi informasi, petugas klinik atau rumah sakit kini tak perlu kerepotan lagi mencatat ribuan data pasien beserta riwayat kesehatannya secara manual. Semuanya dapat dicatat dan diarsipkan menjadi satu dalam database komputer. 

Selain itu, petugas juga akan lebih cepat dalam mengakses rekam medis pasien ketika dibutuhkan segera. Rekam medis yang meliputi data klinis, hasil pemeriksaan, riwayat obat, hingga hasil laboratorium, semuanya dapat diakses dengan mudah lewat satu pintu.

 

  1. Manfaat di Bidang Telekomunikasi

Selanjutnya, Teknik Informatika paling banyak berperan dalam bidang telekomunikasi. Dahulu, komunikasi hanya melalui surat-menyurat. Sekarang, banyak sekali platform dan alat komunikasi canggih yang mampu menghubungkan satu sama lain dengan mudah, ada smartphone, voice note, video call, video conference, dan sebagainya.

Media sosial seperti Instagram, Facebook, WhatsApp, Twitter, dan lain-lain juga ada berkat Teknik Informatika. Seluruh informasi dan kejadian di seluruh dunia dapat diketahui dengan cepat lewat media sosial. Selain itu, provider internet, seperti kartu prabayar dan pascabayar, WiFi, dan MiFi juga dikembangkan oleh para teknisi informatika guna mendukung jangkauan komunikasi yang lebih cepat dan mudah.

 

  1. Manfaat dalam Ranah Bisnis

Banyak sekali keuntungan yang dapat diperoleh dari teknologi informasi di ranah bisnis. Salah satu tujuan utamanya adalah untuk menaikkan laba, apalagi bagi bisnis yang memang berbasis online. Di era digital seperti sekarang, banyak pebisnis yang memanfaatkan aplikasi, seperti Instagram, TikTok, atau Facebook untuk kegiatan promosi.

Dengan berbekal ilmu Teknik Informatika, strategi penjualan dapat ditingkatkan melalui aplikasi tersebut. Ada cara-cara tertentu untuk menaikkan jumlah viewers atau engagement foto produk. Semakin lebar jangkauan, semakin luas pula produk dikenal publik. Pendapatan pun akan ikut meningkat.

 

  1. Manfaat di Bidang Perbankan

Bukankah Anda sangat terbantu dengan adanya mobile banking dan pembayaran digital? Semua kemudahan itu tentu berkat adanya teknologi informasi yang semakin canggih. Anda bisa bertransaksi, menabung, atau menyimpan uang kapan pun dan di mana pun dengan mudah tanpa harus antre di bank.

Selain itu, pihak bank juga sangat terbantu dengan adanya teknologi informasi karena dapat mengakses data nasabah dengan cepat. Pihak kreditur juga dapat dengan cepat memutuskan apakah calon nasabah mampu mengambil kredit atau tidak. Selain itu, saat ini sudah banyak aplikasi yang menerapkan algoritma keamanan tertentu untuk mendeteksi fraud dan money laundering.

 

  1. Manfaat di Bidang Pendidikan

Proses belajar mengajar dapat berkembang seperti sekarang berkat adanya Teknik Informatika. Teknologi yang semakin canggih memungkinkan sekolah bisa dari rumah saja. Para guru tinggal mengunggah materi atau video pembelajaran melalui e-learning. Kelas yang dahulu mengharuskan siswa dan guru bertemu tatap muka, kini juga bisa lewat Zoom atau Google Meet saja. Belajar menjadi kegiatan yang tak terbatas ruang atau waktu.

Bagi mahasiswa yang membutuhkan akses untuk referensi, kini bisa mendapatkannya dengan mudah melalui internet. Semua buku, artikel, atau jurnal yang dibutuhkan, baik nasional maupun internasional, dapat diakses, bahkan diunduh secara gratis untuk disimpan di perangkat masing-masing.

 

Bagaimana? Kuliah di jurusan Teknik Informatika sangat menjanjikan, bukan? Anda bisa memasuki dunia kerja di bidang apa pun dengan berbekal ilmu yang Anda punya. BINUS GRADUATE PROGRAM memiliki jurusan Magister Teknik Informatika yang bisa Anda jadikan pilihan untuk melanjutkan studi.

Jurusan ini sangat diminati karena menawarkan prospek bagus dan bergengsi. Anda bisa menjadi konsultan IT, manajer IT, programmer, project manager, computer engineer, dosen, dan banyak lagi. Ada banyak kelas yang ditawarkan oleh BINUS, meliputi IT Security, Cloud Computing, Risk Management, Mobile Technology, dan sebagainya. Anda juga bisa memilih antara dua peminatan, yaitu Information Engineering atau IT Strategic and Infrastructure Management.

Setelah lulus Magister Teknik Informatika di BINUS GRADUATE PROGRAM, Anda bisa menerapkan ilmu yang Anda dapat dengan berkontribusi dalam masyarakat dengan menciptakan lapangan kerja baru! Yuk, segera bergabung dan jadilah bagian dari BINUS GRADUATE PROGRAM! Klik di sini untuk informasi selengkapnya!

Whatsapp