Cari Modal UMKM? Coba Ajukan di Perusahaan Fintech!

Istilah “fintech” pasti sudah tak asing lagi, bukan? Dalam dua tahun terakhir, perusahaan fintech mengalami perkembangan yang pesat karena banyak digunakan oleh masyarakat. Hal ini didukung dengan manfaat fintech bagi para pebisnis usaha kecil hingga menengah seperti UMKM untuk mendapatkan modal. Lantas, apa itu fintech?

 

Apa Itu Perusahaan Fintech?

Financial technology (fintech) adalah inovasi teknologi yang dikembangkan khusus dalam bidang finansial dan keuangan. Seluruh transaksi atau aktivitas lain yang melibatkan keuangan dapat dilakukan dengan praktis, mudah, dan efisien berkat adanya fintech. Hingga saat ini, ada lebih dari 140 perusahaan Indonesia yang terdaftar dalam daftar fintech OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

 

Cara Kerja Perusahaan Fintech

Secara umum, perusahaan fintech berfokus untuk mengintegrasikan pengelolaan, penyimpanan, dan distribusi keuangan dengan teknologi. Model bisnis fintech menjanjikan layanan keuangan yang bersifat fleksibel, aman, dan efisien karena memanfaatkan aplikasi atau website online. Cara kerja fintech dapat berbeda-beda sesuai layanan yang ditawarkan untuk masyarakat. 

Kehadiran fintech membuka peluang bagi masyarakat, khususnya pemilik usaha berskala kecil seperti UMKM, untuk mendapatkan modal dengan bunga rendah. Misalnya, ada suatu UMKM yang membutuhkan modal untuk biaya produksi, UMKM tersebut bisa mengajukan pinjaman online di perusahaan fintech

 

Manfaat Hadirnya Fintech

Fintech terbukti membawa banyak manfaat bagi perputaran ekonomi. Pemilik bisnis UMKM yang membutuhkan modal menjadi lebih cepat terbantu, sehingga roda ekonomi terus berputar. Selain itu, ada beberapa manfaat lain seperti berikut ini.

  1. Transaksi keuangan lebih mudah

Manfaat fintech yang pertama adalah seluruh transaksi keuangan jadi lebih mudah. Aktivitas transaksi fintech dapat dilakukan melalui smartphone saja. Anda tidak perlu repot-repot antre di bank atau pergi ke lokasi perusahaan untuk meminjam dana. Lewat aplikasi atau platform di smartphone, Anda bisa mendapatkan pinjaman dana dengan sangat mudah.

  1. Bisa pinjam modal usaha

Fintech berfokus pada usaha-usaha berskala kecil yang memang membutuhkan dana untuk membangun usahanya. Bisnis UMKM yang sedang berkembang bisa meminjam modal usaha dari fintech untuk mengembangkan usahanya. Peminjaman modal pun dapat dilakukan melalui smartphone saja. Modal usaha akan dikirimkan secepatnya!

  1. Danai pinjaman modal usaha

Bisnis UMKM biasanya mendapat dana pinjaman modal usaha dari bank. Alih-alih terkendala akibat persyaratannya yang rumit, fintech memberikan solusi cepat untuk danai pinjaman modal usaha UMKM Anda. Pinjaman bank, baik dari swasta maupun negara, biasanya juga mematok bunga yang relatif tinggi, berbeda dengan fintech yang memiliki bunga relatif rendah.

  1. Meningkatkan taraf hidup masyarakat

Fintech juga dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat karena kemudahan transaksi yang disediakan. Segala aktivitas keuangan, mulai dari pembayaran, transfer, pinjaman, hingga investasi, semuanya dapat dilakukan lewat fintech. Masyarakat tidak perlu kesulitan mengurus berkas di bank yang rumit. Selain itu, masyarakat tidak perlu terikat dengan bank untuk bisa meminjam modal.

  1. Perputaran ekonomi lebih cepat

Terakhir, fintech dapat membuat perputaran ekonomi menjadi lebih cepat. Akses keuangan yang mudah dapat mendukung arus perputaran ekonomi semakin praktis dan efisien. Berkat kemudahan pinjaman modal bagi UMKM, aktivitas bisnis pun dapat terus berlanjut, sehingga masyarakat mendapatkan kehidupan yang lebih sejahtera.

 

Perusahaan Fintech di Indonesia 

Ada banyak perusahaan fintech yang dapat Anda temukan di Indonesia. Anda pasti sudah tak asing lagi dengan Modalku, Kredivo, UangTeman, Gopay, OVO, TaniFund, TCash, dan Ajaib. Semuanya adalah platform fintech yang terdaftar di OJK dan memiliki izin untuk melakukan aktivitas keuangan secara legal.

Selain itu, terhitung sejak 6 Oktober 2021, terdapat penambahan daftar perusahaan fintech peer-to-peer lending yang berizin di OJK. Ada PT FinAccel Digital Indonesia, PT Sens Teknologi Indonesia, PT Fintech Bina Bangsa, PT Kreasi Anak Indonesia, PT Piranti Alphabet Perkasa, PT Digital Micro Indonesia. PT Danafix Online Indonesia, dan masih banyak lagi.

 

Perkembangan fintech di Indonesia tak lepas dari peran manajemen sistem informasi yang kini semakin tumbuh pesat. Dengan adanya sistem informasi yang memadai, para pebisnis UMKM dapat menemukan perusahaan-perusahaan fintech yang mampu meminjamkan modal untuk usaha mereka. Oleh sebab itu, optimalkan ilmu pengetahuan sistem informasi Anda dengan menimba ilmu di program Magister Manajemen Sistem Informasi di BINUS GRADUATE PROGRAM.

Jenjang karier yang dapat Anda peroleh bisa bermacam-macam, mulai dari business analyst, system analyst, dan technopreneur. Pekerjaan-pekerjaan seperti inilah yang saat ini banyak dibutuhkan di Indonesia untuk mengembangkan potensi industri digital yang ada. Yuk, segera daftarkan diri Anda di program magister Manajemen Sistem Informasi BINUS GRADUATE PROGRAM!

Whatsapp