6 Manfaat Ambil S2 Informatika di Era Digital

Perkembangan teknologi berjalan begitu cepat. Agar bisa selalu update, perlu untuk terus belajar dan memperdalam pengetahuan mengenai perkembangan teknologi melalui pendidikan formal, salah satunya dengan mengambil program studi Teknik Informatika.

Teknik Informatika merupakan program studi yang paling banyak diminati. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan ketersediaan program studi ini hampir di setiap perguruan tinggi. Tingginya minat perusahaan terhadap ahli bidang IT didasarkan atas kemajuan teknologi yang tiada henti. Oleh karena itu, mereka memerlukan seseorang yang dapat membantu perusahaannya bersaing di dunia bisnis digital.

Bertahan dengan gelar sarjana tidaklah buruk. Namun, dengan melanjutkan pendidikan hingga ke jenjang pascasarjana dapat memberikan sederet keuntungan terutama jika ingin menjadi ahli di bidang informatika. Berikut ini adalah sederet keuntungan yang bisa didapatkan dengan mengambil program S2 Teknik Informatika.

  • Mengikuti perkembangan teknologi

Setelah menempatkan minat di bidang informatika, sudah pasti harus terus mengikuti perkembangan teknologi setiap harinya. Dengan begitu, Anda akan memiliki segudang informasi mengenai perangkat teknologi yang semakin canggih dan dapat digunakan untuk melakukan inovasi di segala bidang pekerjaan.

  • Bisa membuat software sendiri

Makin tinggi jenjang pendidikan yang ditempuh, semakin tinggi pula kemampuan dalam membuat software. Bukan tidak mungkin, selama perjalanan tersebut akan menemukan penemuan-penemuan baru di dalam dunia informasi dan teknologi, khususnya software. Ketika menempuh jenjang S2, dosen akan membantu untuk terus melakukan inovasi terhadap teknologi yang sudah ada.

  • Paham dengan hardware

Pengetahuan seputar hardware tidak cukup bila hanya mengandalkan pengetahuan yang didapatkan selama meraih gelar sarjana, sebab setiap tahun teknologi terus mengalami perubahan. Untuk terus mendalami pengetahuan tersebut, Anda perlu memperdalam pengetahuan mengenai komputerisasi yang tidak banyak orang pahami.

  • Lapangan pekerjaan luas

Manfaat ambil S2 Teknik Informatika selanjutnya adalah kesempatan berkarier yang lebih luas. Memiliki gelar master memberikan keuntungan yang besar bagi pemiliknya. Sebagai kandidat calon karyawan, perusahaan akan menempatkan Anda dalam posisi prioritas dibandingkan dengan mereka yang hanya bergelar sarjana.

Selain itu, seseorang dengan gelar master biasanya ditempatkan di posisi jabatan yang cukup tinggi mengingat kemampuannya yang sudah berada di atas rata-rata. Jabatan yang tinggi selaras dengan gaji yang diterima. Hal tersebut adalah bentuk apresiasi atas jerih payah Anda selama menempuh pendidikan hingga ke jenjang pascasarjana.

  • Mengasah kemampuan praktik

Saat menempuh jenjang sarjana, akan lebih banyak hal yang sifatnya mendasar, mengingat jenjang tersebut hanya sebagai perkenalan dengan dunia informasi dan teknologi. Namun, hal tersebut berbeda jika Anda berada di jenjang pascasarjana. Pembelajaran akan lebih dispesialisasikan ke proses mengasah kemampuan praktik dengan belajar lebih banyak di lapangan daripada di kelas.

Selanjutnya, program akan difokuskan untuk memecahkan masalah, persuasi, menganalisis, dan melakukan riset. Oleh karena itu, seseorang yang bergelar master memiliki kemampuan yang lebih praktikal dan aplikatif dalam melakukan pekerjaan sehari-hari. Itulah mengapa perusahaan lebih memprioritaskan orang-orang dengan gelar master dibandingkan sarjana.

  • Memperluas networking

Salah satu kunci keberhasilan seseorang adalah memiliki koneksi yang luas. Bisa jadi kesuksesan datang dari seseorang yang Anda kenal. Orang-orang tersebut bisa saja dari teman kelas, dosen, hingga orang-orang yang memiliki minat serupa. Keuntungan tidak selalu berupa penawaran pekerjaan dengan gaji yang besar. Memiliki kenalan dengan kemampuan serta pengetahuan yang lebih luas juga merupakan keuntungan yang bisa didapatkan saat mengambil program S2 Teknik Informatika.

Itulah sederet manfaat yang bisa didapatkan ketika mengambil S2 Teknik Informatika. Untuk mendapatkan seluruh manfaat tersebut, bergabunglah ke program studi Magister Teknik Informatika di BINUS GRADUATE PROGRAM. Program tersebut ditujukan bagi Anda yang ingin ahli di bidang informasi dan teknologi dengan pembelajaran yang relatif singkat, yakni 1,5 tahun. Yuk, daftarkan diri segera!

Whatsapp