Kuasai 7 Soft Skill Berikut Saat Ambil Magister Teknik Industri!

Apakah Anda punya rencana untuk melanjutkan studi ke magister teknik industri? Artinya, Anda sudah mempunyai niat yang sangat bagus karena ingin meningkatkan kompetensi diri di bidang teknik industri tingkat lanjut. Nantinya, Anda juga akan bisa berperan dan berkontribusi dalam masyarakat dengan skill yang Anda punya.

Namun, saat memutuskan mengambil magister untuk program studi ini, pastikan dahulu bahwa Anda sudah menguasai tujuh soft skill seperti di bawah ini. Apa saja? Simak kelanjutannya berikut ini!

 

  1. Kepemimpinan

Pertama, Anda harus mempunyai sifat kepemimpinan atau leadership. Pasalnya, ketika terjun dalam masyarakat, bidang teknik industri menuntut Anda untuk menguasai hal-hal teknis atas sebuah industri dalam perusahaan. Bekerja di teknik industri tidak hanya bergerak pada bidang itu saja, tetapi juga harus bisa memimpin orang-orang yang ada di tim Anda.

Ketika memimpin banyak orang, maka otomatis Anda harus mempunyai skill untuk cepat dan tepat dalam mengambil keputusan. Keputusan yang Anda ambil ini akan menentukan progress kerja tim Anda selanjutnya. Oleh sebab itu, Anda harus menguasai skill satu ini.

 

  1. Manajemen yang Baik

Bekerja dalam tim tentu mengharuskan Anda untuk terus berinteraksi dengan orang lain. Anda juga dituntut untuk selalu bisa kooperatif dengan orang-orang yang tergabung dalam tim. Oleh sebab itu, bekerja di bidang teknik industri mewajibkan Anda untuk memiliki skill manajemen yang baik.

 

  1. Dapat Menyesuaikan Diri

Ekosistem pekerjaan di bidang teknik industri selalu berbeda-beda dan banyak macamnya karena masalah yang dihadapi selalu bervariasi. Menghadapi masalah berbeda tentu membutuhkan pendekatan yang berbeda pula. Hal ini akan menjadi makanan sehari-hari mahasiswa Magister Teknik Industri. Oleh sebab itu, Anda harus mampu menyesuaikan diri atau beradaptasi dengan situasi semacam ini setiap harinya.

 

  1. Senantiasa Kreatif

Berhadapan dengan masalah yang bervariasi menuntut Anda untuk memiliki pemikiran yang kreatif sebagai solusi atau jalan tengah permasalahan. Anda harus bisa memutar otak dan mencari jalan keluar terbaik untuk masalah yang tengah dihadapi. Ada kalanya Anda harus menawarkan kebaruan atas solusi suatu masalah dengan ide dan perspektif yang fresh.

 

  1. Memperhatikan Hal Detail

Soft skill memperhatikan hal detail dan teliti adalah syarat wajib bagi mahasiswa Magister Teknik Industri. Ketika memutuskan kuliah di bidang ini, maka tugas Anda sehari-hari akan selalu berkutat pada gambar teknik (gartek). Gambar ini tidak boleh dibuat sembarangan karena harus memperhatikan hal-hal seperti skala, fungsi, dan sebagainya.

Selain itu, gartek adalah gambar yang tidak mudah untuk dibaca. Perlu pembacaan yang detail dan berkali-kali untuk benar-benar memahaminya. Oleh sebab itu, ketika mengambil jurusan kuliah Teknik Industri, Anda harus punya ketelitian tingkat tinggi dan menemukan hal-hal detail agar bisa membaca gartek dengan lebih mudah.

 

  1. Kemampuan komunikasi

Kemampuan komunikasi memiliki peran yang penting ketika Anda memutuskan terjun di bidang teknik industri. Ketika berkuliah, Anda harus pandai berkomunikasi agar bisa menyampaikan ide atau gagasan kepada orang lain dan dosen. Ketika bekerja, Anda pun harus bisa berkontribusi pada perusahaan dengan memberikan ide-ide atau hasil pekerjaan atas suatu proyek.

Jika kemampuan komunikasi Anda baik, maka Anda akan lebih mudah untuk membangun relasi demi kepentingan karier di masa depan. Selain itu, Anda juga akan mudah diterima di lingkungan baru. Tim dan bos Anda otomatis akan percaya karena Anda adalah orang yang kompeten.

 

  1. Problem-solving yang mumpuni

Last but not least, soft skill berikutnya yang harus Anda kuasai adalah problem-solving atau kemampuan untuk menyelesaikan masalah. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, baik berkuliah maupun bekerja di Teknik Industri, Anda akan selalu menghadapi berbagai masalah dan tekanan yang bervariasi. Oleh sebab itu, Anda dituntut untuk bisa tahan di bawah tekanan sekaligus mampu menyelesaikan permasalahan dengan cepat dan tepat.

 

Anda bisa mendapatkan semua soft skill di atas dengan melatih diri dan berkuliah di Magister Teknik Industri. BINUS GRADUATE PROGRAM menyediakan jenjang Teknik Industri tingkat lanjut yang dapat mempersiapkan Anda menjadi pemimpin di bidang rekayasa rantai pasok dan manajemen industri. Anda juga akan mempunyai kemampuan menguasai fungsi manusia, mesin, metode, material, uang, dan teknologi informasi guna mencapai visi misi perusahaan.

Berkuliah di Magister Teknik Industri BINUS GRADUATE PROGRAM akan membawa Anda ke jenjang karir yang prestisius. Anda bisa menjadi manajer, insinyur industri, manufaktur, SDM, manajer proyek, konsultan, dosen, hingga wirausaha yang mampu membuka lapangan kerja baru! Segera bergabung bersama BINUS GRADUATE PROGRAM sekarang juga! Klik di sini untuk informasi selengkapnya.

Whatsapp