BINUS UNIVERSITY Dapatkan Hibah Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Terbesar se-DKI Jakarta Tahun 2022

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III DKI Jakarta, Dr. Ir. Paristianti Nurwardani, MP., menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada BINUS UNIVERSITY karena berhasil meraih hibah penelitian dan pengabdian masyarakat terbesar se-DKI Jakarta.

Bersamaan dengan momen Wisuda Angkatan ke-65 BINUS UNIVERSITY di Plenary Hall, Jakarta Convention Center, Dr. Paristianti sekaligus memaparkan prestasi-prestasi BINUS UNIVERSITY lainnya yang kemudian membawa BINUS UNIVERSITY berhasil mendapatkan hibah penelitian dan pengabdian masyarakat terbesar pada tahun 2022 tersebut.

BINUS UNIVERSITY dapatkan hibah penelitian dan pengabdian masyarakat terbesar se-DKI Jakarta tahun 2022 dalam perhelatan Wisuda ke-65.

Pelaporan PDDikti BINUS UNIVERSITY Selalu 100% 

BINUS UNIVERSITY adalah PTS (Perguruan Tinggi Swasta) yang selalu berkomitmen menyelenggarakan ekosistem pendidikan terbaik dalam segala aspek. BINUS UNIVERSITY selalu melakukan pelaporan terhadap PDDikti (Pangkalan Data Pendidikan Tinggi) secara maksimal. Persentase pelaporan yang dilakukan BINUS UNIVERSITY bahkan mencapai angka sempurna, yaitu 100%.

Lebih hebat lagi, BINUS UNIVERSITY telah melakukan pelaporan PDDikti 100% selama lima tahun berturut-turut. Konsistensi sebagai PTS yang selalu melaksanakan 100% pelaporan PDDikti ini kemudian menjadi prestasi BINUS UNIVERSITY yang sangat membanggakan. Berkat prestasi ini pula, BINUS UNIVERSITY berhasil terpilih menjadi penerima hibah penelitian dan pengabdian masyarakat terbesar se-DKI Jakarta tahun 2022.

Selain itu, BINUS UNIVERSITY juga telah mengantongi banyak prestasi lain di tingkat nasional hingga internasional. Beberapa prestasi yang berhasil diraih oleh BINUS adalah sebagai berikut:

  • Top 5 PTS se-DKI Jakarta
  • Memiliki 12 prodi terakreditasi internasional
  • Urutan pertama PTS terbaik dalam QS World University Ranking Tahun 2022 dan menempati peringkat 1001-1020
  • Peringkat pertama Applied Hire Education Private University Tahun 2022 tingkat ASEAN
  • Global Most Innovative Knowledge Enterprise 4x berturut-turut (tahun 2018-2021)

BINUS UNIVERSITY Cetak Lulusan Unggul

Dalam momen Wisuda Angkatan ke-65 BINUS UNIVERSITY pada 22-23 Juli 2022, Dr. Paristianti juga berpesan kepada para wisudawan untuk segera mempersiapkan diri agar menjadi lulusan unggul dari BINUS UNIVERSITY. Lebih lanjut, Dr. Paristianti mengimbau para wisudawan untuk melakukan recheck Curriculum Vitae (CV) mereka.

CV adalah salah satu dokumen penting yang tentu dibutuhkan oleh seluruh fresh graduate; entah itu untuk melamar pekerjaan, mendaftar sekolah lanjutan, membuka start-up, dan sebagainya. CV yang baik adalah yang mampu merepresentasikan para wisudawan sebaik mungkin. Oleh sebab itu, Dr. Paristianti merangkum empat hal penting yang wajib ada dalam CV.

  1. Kompetensi bahasa asing

Penting bagi para wisudawan BINUS untuk mencantumkan kompetensi bahasa asing di CV mereka. Ini adalah nilai plus karena kompetensi bahasa asing dapat meningkatkan value mereka ketika bekerja. Kompetensi bahasa asing bermanfaat untuk mendapatkan salary di atas UMR. Menurut penelitian, bila memiliki dua bahasa asing yang dikuasai dan dicantumkan dalam CV, maka salary yang didapat bisa mencapai hingga 2x lipat UMR.

  1. Kompetensi digital

Berikutnya, penting juga bagi para wisudawan untuk mencantumkan kompetensi digital dalam bentuk sertifikasi, seperti sertifikasi coding, programming, AI, data science, cyber security, dan lain-lain. Menurut Dr. Paristianti, saat ini tak satu pun perusahaan yang bersedia menerima karyawan tanpa kompetensi digital karena saat ini era digital sedang begitu gencar.

  1. Sertifikat leadership

Sertifikat seperti ini dapat diperoleh melalui kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh BINUS UNIVERSITY. Dokumen ini penting untuk membuktikan bahwa para wisudawan memiliki jiwa kepemimpinan yang mumpuni.

  1. Kemampuan komunikasi

Sama halnya dengan leadership, kemampuan berkomunikasi juga bisa jadi nilai plus yang dapat dipertimbangkan oleh instansi terkait tempat para wisudawan akan melamar kerja atau membuka bisnis sendiri nantinya.

BINUS UNIVERSITY Siap Maksimalkan Indikator Kinerja Utama PT

Selain mengoptimalkan aspek eksternal melalui PDDikti dan aspek internal dari track record alumninya, BINUS UNIVERSITY juga berhasil meraih prestasi sebagai penerima hibah penelitian dan pengabdian masyarakat terbesar se-Jakarta karena selalu memaksimalkan indikator kinerja utama bagi PT.

Pada bulan November-Desember mendatang, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Makarim, akan merevisi indikator kinerja utama tersebut. Sesuai dengan UU Kemendikbud Nomor 3 Tahun 2021, delapan indikator kinerja utama ini akan mulai diberlakukan pada akhir tahun 2022. Delapan indikator kinerja tersebut meliputi:

  1. Lulusan mendapat pekerjaan yang layak (BINUS telah mempersiapkannya melalui recheck CV para alumni)
  2. Mahasiswa mendapat pengalaman MBKM
  3. Dosen berkegiatan di luar kampus, dan praktisi industri harus mengajar di kampus
  4. Hasil kerja dosen diakui oleh internasional
  5. Prodi bekerja sama dengan mitra kelas dunia
  6. QS Ranking 100 by subject
  7. Kelas kolaboratif dan partisipatif
  8. Prodi terakreditasi internasional

Dengan riwayat prestasi dan keberhasilan memperoleh hibah penelitian dan pengabdian masyarakat terbesar se-DKI Jakarta tahun 2022, BINUS UNIVERSITY yakin dan siap untuk mengoptimalkan delapan indikator kinerja yang terbaru nantinya. Bersama para lulusan unggul yang telah diwisuda dalam Angkatan ke-65 ini, BINUS UNIVERSITY semakin memantapkan diri untuk menjadi PTS terbaik di Indonesia.


Whatsapp