BINUS UNIVERSITY Luluskan 3.840 Mahasiswa, Erick Thohir: Harus Siap Hadapi Tantangan di Era Perubahan Dunia

Pada momen sakral Wisuda ke-65 BINUS UNIVERSITY, Erick Thohir berkesempatan untuk memberikan pidato singkat seraya memberikan selamat kepada para mahasiswa yang diwisuda hari itu. Bertempat di Plenary Hall, Jakarta Convention Center pada 22-23 Juli 2022, BINUS UNIVERSITY meluluskan sebanyak 3.840 mahasiswa dengan nilai dan prestasi yang gemilang.

Erick Thohir yang saat ini menjabat sebagai Menteri BUMN Republik Indonesia itu hadir secara virtual pada momen Wisuda ke-65 BINUS UNIVERSITY. Dalam pidatonya, sang Menteri sempat mengatakan bahwa momen wisuda tersebut membuatnya mengingat kembali masa-masa pendidikannya dahulu.

Erick Thohir yang saat ini menjabat sebagai Menteri BUMN Republik Indonesia itu hadir secara virtual pada momen Wisuda ke-65 BINUS UNIVERSITY.

Erick Thohir menempuh pendidikan S-1 jurusan Ilmu Komunikasi di Glendale University. Dari situ, beliau mendapatkan gelar Bachelor of Arts (B.A.). Pada 1993, sang menteri pun lulus S-2 dari jurusan Entrepreneurship dan bergelar Master of Business Administration (M.B.A.). Meski sudah berpuluh tahun berlalu, melihat para wisudawan BINUS UNIVERSITY hari itu membuat kenangan tersebut muncul kembali di ingatan Erick.

Erick mengaku bahwa sepanjang perkuliahan yang telah ditempuhnya, ia tak pernah berhenti belajar. Ia terus mencocokkan ilmu dengan potensi yang bisa dikerjakannya untuk masa depan. Setelah lulus pun, ia masih belajar menjahit ilmu dan pengalaman untuk dipraktikkan ke dunia kerja yang nyata.

Masih Perlu Belajar dan Beradaptasi

Satu hal penting yang dipesankan Erick Thohir untuk para wisudawan BINUS UNIVERSITY Angkatan 65, bahwa belajar adalah sesuatu yang tak kenal kata berhenti. Beliau berharap pada para wisudawan agar setelah keluar dari ruang wisuda, sebaiknya mereka tetap belajar. Belajar tidak hanya terbatas pada perkuliahan saja, tetapi juga belajar agar bisa beradaptasi dengan dunia luar yang sesungguhnya.

Sebagai senior, sang Menteri BUMN sendiri pun menceritakan pengalamannya. Beliau mampu berada di posisinya saat ini karena bekal usaha yang dimilikinya tak terbatas sampai perkuliahan saja. Segala hal yang dipelajari semasa kuliah memang sangat berharga. Masa-masa perkuliahan berperan sebagai pengisi ilmu serta penguat keyakinan beliau untuk menempuh masa depan, mengambil keputusan, dan demi langkah hidup yang lebih baik.

Namun, beliau merasa masih perlu belajar dan beradaptasi dengan proses kerja di dunia nyata. Mindset seperti inilah yang harus dipegang teguh. Ketika menjalani perkuliahan, satu hal yang harus dipastikan adalah yakin harus berhasil lulus terlebih dahulu. Kelulusan, seperti yang sedang dialami oleh para wisudawan BINUS UNIVERSITY Angkatan 65 ini, ibarat gerbang yang terbuka sekaligus jembatan besar untuk melanjutkan perjalanan menuju mimpi dan cita-cita.

Terus Pantau Perubahan Dunia

“Saat ini, dunia sedang berubah,” ucap Erick Thohir dalam pidatonya. Beliau menyampaikan kepada para wisudawan BINUS UNIVERSITY bahwa dunia yang sedang terbentang di depan mereka saat ini sedang dipenuhi oleh tantangan. Tantangan tersebut tak akan ada habisnya, justru akan semakin berat dari waktu ke waktu. Oleh sebab itu, Erick berpesan kepada para wisudawan agar terus memantau perkembangan, tantangan, peluang, dan perubahan pada dunia.

Harus Siap Hadapi Tantangan di Era Perubahan Dunia

Dalam gempuran tantangan dunia saat ini, para wisudawan BINUS UNIVERSITY Angkatan 65 harus siap dan mampu menghadapinya. Menurut Erick Thohir, Indonesia saat ini punya potensi yang luar biasa untuk terus berkembang sehingga dapat menjadi pondasi yang kuat. Salah satu potensi itu adalah para lulusan BINUS UNIVERSITY saat ini. BINUS UNIVERSITY adalah perguruan tinggi yang unggul dengan dosen-dosen yang unggul pula. Oleh sebab itu, lulusan BINUS UNIVERSITY dapat menjadi SDM yang potensial.

Untuk mengoptimalkan potensi tersebut, lulusan BINUS UNIVERSITY harus tahu apa saja tantangan yang akan mereka hadapi. Tantangan-tantangan tersebut meliputi tantangan baru di bidang geo-economic, lingkungan, kesehatan, teknologi, dan arus digitalisasi. Demografi Indonesia yang saat ini didominasi oleh kaum muda juga patut diperhatikan oleh para lulusan BINUS UNIVERSITY agar mampu beradaptasi. Tak lupa juga Erick Thohir mengingatkan kepada para wisudawan agar terus punya growth mindset.

Sesuai dengan tema Wisuda ke-65 BINUS UNIVERSITY, “Be Lifelong Learners Through Fostering and Empowering”, para wisudawan diharapkan mampu mengombinasikan ilmu, pengalaman, serta cita-cita mereka dengan terus mengikuti perkembangan zaman. Memperjuangkan ilmu, pengalaman, dan cita-cita adalah next step yang harus dilalui para wisudawan saat ini, sekaligus sebagai bentuk kontribusi menuju Indonesia yang maju, makmur, dan mendunia.


Whatsapp