Penganugerahan “BINUS Alumni Recognition Award” Tahun 2022

“BINUS Alumni Recognition Award” adalah sebuah penghargaan yang dianugerahkan kepada alumni yang memiliki prestasi atau pencapaian, baik di tingkat nasional maupun internasional. Penganugerahan “BINUS Alumni Recognition Award” berlangsung pada momen Wisuda ke-65 BINUS UNIVERSITY yang diselenggarakan di Plenary Hall, Jakarta Convention Center pada 22-23 Juli 2022.

Penerima penghargaan ini harus memenuhi enam kriteria. Pertama, penerima penghargaan haruslah alumni dari BINUS UNIVERSITY yang terbukti memiliki prestasi di bidangnya. Kedua, memiliki inovasi. Ketiga, berkomitmen teguh. Keempat, punya kontribusi. Kelima, berintegritas. Kemudian keenam, melakukan pengabdian kepada masyarakat.

Bagi alumni yang memenuhi enam kriteria tersebut, maka penghargaan ini akan diberikan sebagai wujud apresiasi BINUS UNIVERSITY sebagai almamater. Peraih penghargaan “BINUS Alumni Recognition Award” akan mendapatkan trofi dan sertifikat Alumni Recognition Award.

Bersamaan dengan momen sakral Wisuda ke-65 BINUS UNIVERSITY, “BINUS Alumni Recognition Award” berhasil diraih oleh Dr. Indrawan Nugroho untuk kategori entrepreneur dan Panca Rudolf Sarungu untuk kategori profesional.

Penghargaan diberikan langsung oleh Vice President of BINUS Higher Education, Bapak George Wijaya Hadipoespito, M.Sc., M.B.A., serta Rektor Universitas Bina Nusantara, Bapak Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, M.M. Di samping itu, Vice Rector Global Employability & Entrepreneurship, Prof. Dr. Meyliana, S.Kom., M.M., CDMS, CBDMP, juga turut serta.

“BINUS Alumni Recognition Award” adalah sebuah penghargaan yang dianugerahkan kepada alumni yang memiliki prestasi atau pencapaian, baik di tingkat nasional maupun internasional. Penganugerahan “BINUS Alumni Recognition Award” berlangsung pada momen Wisuda ke-65 BINUS UNIVERSITY yang diselenggarakan di Plenary Hall, Jakarta Convention Center pada 22-23 Juli 2022.

Profil Dr. Indrawan Nugroho, Penerima “BINUS Alumni Recognition Award” Tahun 2022 Kategori Entrepreneur

Dr. Indrawan Nugroho adalah alumni program Doctor of Research in Management (S3) BINUS BUSINESS SCHOOL angkatan tahun 2019. Saat ini, beliau menjabat sebagai CEO dan Co-Founder CIAS (Corporate Innovation Consultant Asia).

CIAS adalah sebuah lembaga konsultan yang membantu perusahaan untuk bisa mengembangkan inovasi dari dalam. Dr. Indrawan juga seorang serial entrepreneur yang kini sudah memiliki tujuh perusahaan. Dalam dua tahun terakhir ini, beliau tengah merambah dunia kreatif dan menjadi seorang YouTuber.

Pada tahun 2017, Dr. Indrawan berhasil meraih penghargaan “Most Impactful Program” untuk inovasi sosial bertajuk Pemberdayaan Talenta Jenius Lokal (Community Empowerment through the Power of Local Wisdom) bersama Yayasan Sukses Mulia.

Ketika dihubungi oleh Prof. Meyliana, Dr. Indrawan sempat terkejut karena berhasil meraih “BINUS Alumni Recognition Award”. Dalam wawancara singkatnya, Dr. Indra mengaku bahwa ia tak menyangka bahwa dirinyalah yang berhasil menerima penghargaan tersebut karena baru saja lulus dari BINUS, kurang lebih tiga tahun yang lalu. “It’s an honor for me,” ucapnya.

Profil Panca Rudolf Sarungu, Penerima “BINUS Alumni Recognition Award” Tahun 2022 Kategori Profesional

Panca Rudolf Sarungu, SE, MMsi. CTE adalah alumni dari program studi Manajemen Sistem Informasi angkatan tahun 2004, yang dahulu merupakan bagian dari BINUS Business School. Saat ini, beliau menjabat sebagai Group Chairman di PT Prista Teknologi Indonesia. Beliau adalah pendiri online travel agent romantis pertama di Indonesia, bulanmadu.com.

Beliau juga menjadi CEO RajaMICE, Chief Community dari Temanparekraf Nasional (lembaga mitra dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif), pernah menjadi Direktur Pemasaran Internasional hotel termuda di Park Lane Hotel Jakarta pada tahun 2004, dan menjadi tokoh inspiratif muda Tana Toraja dari tahun 2005-2014.

Selain itu, Panca juga menduduki jabatan-jabatan prestisius di berbagai hotel dan sektor ekonomi kreatif lainnya. Kesuksesannya inilah yang kemudian mengantarkan “BINUS Alumni Award” menuju genggamannya.

Dalam wawancara singkatnya, Panca sangat bangga karena bisa menjadi alumni dari BINUS UNIVERSITY. Beliau mengaku bahwa kebanggaannya ini berasal dari adanya konektivitas antara rekan-rekan BINUS dan ikatan alumni sehingga jalinan keduanya tak pernah terputus. “Ini membuktikan bahwa sebuah kolaborasi memang diperlukan saat ini agar kita bisa terus menjalin kerja sama dan mendukung satu sama lain,” ucapnya.

Baik Dr. Indrawan maupun Panca, semuanya sama-sama berpesan untuk para wisudawan yang dinyatakan lulus pada acara Wisuda ke-65 BINUS UNIVERSITY itu untuk terus belajar. Seperti yang disampaikan oleh Dr. Indrawan, “The more you learn, the more you earn.

Sebagai alumni, mereka juga berharap bahwa seusai wisuda, hendaknya para lulusan mau saling memberi pandangan baru terhadap dunia yang saat ini sedang berubah. Sesuai dengan tema Wisuda ke-65 BINUS UNIVERSITY, “Be Lifelong Learners through Fostering and Empowering”, para lulusan juga harus mampu memberdayakan rekan, komunitas, atau orang lain di sekitar untuk berkolaborasi. Kolaborasi adalah hal yang diperlukan saat ini agar kerja sama bisa terus terjalin, seperti yang direpresentasikan oleh para alumni BINUS saat ini.


Whatsapp