Ingin Lulus Cepat, Terapkan 8 Strategi Ini!

Ketika memasuki jenjang pendidikan di universitas, banyak orang yang memegang prinsip “lebih cepat lebih baik.” Inilah mengapa banyak yang terobsesi untuk lulus tepat waktu atau bahkan lebih cepat. Selain itu, masalah biaya juga kerap jadi motivasi untuk lulus sesuai target yang diinginkan.

Bagi sebagian orang, lulus cepat berarti menghemat biaya kuliah. Kita juga bisa lebih cepat kerja atau melanjutkan ke jenjang pendidikan lain yang lebih tinggi. Apabila kamu termasuk orang yang ingin segera menyelesaikan masa belajar di universitas, mungkin beberapa strategi ini bisa diterapkan.

 

  1. Pastikan Kamu Tahu Aturan dan Prosedur Kampus

Setiap universitas pasti memiliki kebijakan masing-masing. Untuk tahu apakah kamu bisa lulus sesuai target waktu yang diinginkan, coba cari tahu aturan dan prosedur yang harus dilewati. Misalnya, untuk bisa lulus kamu harus menempuh dan lulus 144 SKS termasuk penyusunan thesis atau skripsinya. Maka, pastikan persyaratan tersebut bisa dipenuhi dengan baik.

  1. Lulus Semua Mata Kuliah

Salah satu faktor penghambat yang membuat masa perkuliahan lama adalah tidak lulus salah satu atau beberapa mata kuliah. Jadi, jika ingin lulus sesuai dengan target, pastikan untuk menuntaskan setiap mata kuliah dengan baik agar kita bisa lulus. Jangan sampai ada mata kuliah yang harus diulang karena justru akan memperpanjang masa belajar di kampus.

  1. Pastikan Nilaimu Bagus

Tidak hanya sekadar lulus, pastikan nilai yang kamu dapatkan juga bagus. Diakui atau tidak, nilai oke berpengaruh terhadap jumlah SKS yang bisa diambil selanjutnya. Sudah jadi pengetahuan umum bagi semua mahasiswa bahwa semakin banyak SKS yang diambil dalam satu semester, semakin besar pula peluang lulus lebih cepat. Dengan memiliki nilai bagus, kamu bisa mengambil banyak SKS di semester selanjutnya agar bisa mencapai target waktu lulus yang diharapkan.

  1. Susun Skripsi Lebih Awal

Banyak yang menganggap bahwa skripsi merupakan bagian tersulit dalam menyelesaikan kuliah. Agar hal ini bisa dilewati dengan baik nantinya, jangan ragu untuk curi start dan mulai susun skripsimu dari sekarang. Mulailah dengan menentukan judul dan topik skripsi yang akan disusun. Pastikan kamu menyiapkan beberapa alternatif judul dan topik ya. Jadi, ketika judul awal tidak disetujui dosen kamu masih memiliki judul cadangan untuk diajukan.

  1. Ikut Semester Pendek

Di beberapa kampus biasanya terdapat program semester pendek bagi mahasiswa yang ingin mengulang atau menempuh perkuliahan di luar masa kuliah aktif. Apabila hal ini ada di kampusmu, sebaiknya manfaatkan program semester pendek ini agar kita bisa lulus cepat.

  1. Manajemen Waktu

Kunci dari segala kesuksesan adalah manajemen waktu, begitu pula ketika kita ingin lulus lebih cepat. Jadi, begitu memutuskan jadi mahasiswa, sebaiknya kamu mulai mengatur waktu agar perkuliahan bisa kamu lakukan dengan baik tanpa mengganggu kegiatan lainnya. Apalagi jika kamu memutuskan untuk kuliah sambil berbisnis atau bekerja.

  1. Tentukan Prioritas Kegiatan

Selain waktu kamu juga harus tahu mana saja kegiatan yang harus menjadi prioritas. Jadi, jika ingin lulus sesuai target yang diharapkan, pastikan kuliah menjadi prioritas utama meskipun kamu sibuk berorganisasi atau mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di universitas. Jangan biarkan pula kegiatan tersebut mengganggu fokus kita agar perkuliahan bisa diselesaikan dengan baik.

  1. Berdiskusi dengan Dosen

Selain mata kuliah, banyak hal lain yang bisa didiskusikan bersama dosen termasuk bagaimana caranya lulus lebih cepat. Jadi, jika kamu memiliki dosen yang cukup dekat dan akrab, jangan ragu untuk sharing setiap masalah dan pengalaman yang dihadapi. Siapa tahu dari sharing tersebut ada beberapa masukan yang dapat membantu kita memperlancar proses studi di universitas.

Itulah ulasan tentang beberapa strategi agar kita bisa lulus cepat atau paling tidak tepat waktu. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

 

Whatsapp