Bingung Judul Thesis? Perhatikan Tip Ini!

Entah sejak kapan skripsi atau thesis menjadi suatu hal yang paling ditakutkan mahasiswa. Jangankan menyusun tugas akhir sebagai syarat kelulusan di universitas tersebut, menentukan judul thesisnya saja sering kali membuat mahasiswa bingung bahkan mengalami stres.

Jika ini yang dialami, jangan khawatir karena kamu tidak sendiri. Diakui atau tidak, menentukan judul termasuk salah satu tahapan sulit dalam menyusun skripsi. Meski begitu, bukan berarti hal tersebut tidak bisa dilakukan. Apalagi jika kita tahu tips dan triknya.

Berikut beberapa tips membuat judul thesis atau skripsi yang bisa digunakan sebagai panduan saat semester akhir nanti.

  1. Buatlah Judul Sekreatif Mungkin

Judul skripsi atau thesis tidak harus kaku meskipun topik yang dibahas cukup spesifik. Buatlah susunan kata yang dirangkai secara hati-hati, agar orang tahu argumen yang ingin dikemukakan dan penelitian apa yang akan dilakukan. Untuk menstimulasi ide, kamu bisa mengunjungi perpustakaan dan melihat skripsi alumni yang biasanya tersimpan di sana. Jadikan judul mereka sebagai referensi untuk mendapatkan judul yang lebih kreatif tanpa mengabaikan kaidah yang ada.

  1. Banyak Baca

Agar tidak terlalu kesulitan menemukan pilihan kata yang sesuai untuk dirangkai menjadi judul, cobalah untuk membaca banyak buku atau bahan bacaan lain. Jadi, selain skripsi alumni, kamu punya banyak referensi alternatif yang bisa dipertimbangkan dan menjadi inspirasi pembuatan judul. Selain dapat merangsang kreativitas dalam menyusun kata langkah ini juga akan membantu memperkaya perbendaharaan kita yang siapa tahu akan sangat berguna saat menyusun skripsi atau thesis nanti.

  1. Minta Pendapat Dosen Pembimbing atau Teman

Sebelum menggunakan sebuah judul untuk thesis, siapkan dulu beberapa variasi judul yang akan digunakan kepada dosen pembimbing atau teman. Minta pendapat mereka tentang hal ini, dan tanyakan mana judul yang menurut mereka paling menarik. Selain lebih objektif, pendapat orang lain biasanya bisa melihat sisi lain yang tidak tampak bagi kita.

  1. Tidak Melenceng dari Aturan Penulisan

Setiap kampus pasti memiliki aturan penulisan judul untuk skripsi atau thesis. Jadi, pastikan judul yang dibuat benar-benar tidak melenceng dari format tersebut tetapi tetap bisa menggambarkan isi penelitian dengan baik. Inilah mengapa penyusunan judul thesis seharusnya dilakukan setelah kita menentukan tema dan langkah penelitian yang akan dilakukan.

  1. Harus Jelas dan Informatif

Sebuah judul sudah seharusnya mampu menunjukkan secara gamblang apa isi tulisan dan bagaimana tulisan itu dibuat. Begitu pula halnya dengan thesis atau skripsi. Jadi, ketika membuat judul, pastikan hal ini menjadi perhatian kita. Jangan sampai judul menimbulkan kesan ambigu dan membuat orang bertanya-tanya tentang apa tema tulisan tersebut sebenarnya.

  1. Tidak Boleh Ada Singkatan atau Inisial

Sebagaimana ulasan di atas, sifat judul pada skripsi atau thesis adalah informatif. Jadi, sebaiknya kamu tidak menggunakan singkatan atau inisial pada judul yang akan dibuat. Carilah pilihan kata yang sekiranya mampu menggambarkan isi penelitian tanpa harus menggunakan berbagai akronim, abreviasi, atau bahkan inisial yang menimbulkan pertanyaan bagi orang lain.

  1. Tidak Melenceng Jauh

Terakhir, pastikan judul thesis atau skripsi tidak melenceng terlalu jauh dari isi dan topik penelitian. Meskipun mungkin rangkaian kata baku dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) terdengar begitu keren dan estetis, alangkah lebih baik apabila judul tetap bisa dimengerti oleh siapa pun yang membacanya dan berhubungan langsung dengan topik yang sedang dikerjakan.

Demikian ulasan tentang beberapa tips untuk membuat judul thesis sesuai yang diharapkan. Mudah bukan? Jika proses yang menurut banyak orang sulit ini bisa kamu lalui, berarti langkah selanjutnya juga tidak akan terlalu sulit. Semuanya tentang bagaimana cara kita mengatasi kesulitan yang ada.

Jadi, jangan pernah menjadikan skripsi atau thesis musuh. Bagaimanapun juga, kamu harus melewati proses ini untuk menyelesaikan kuliah dan mendapat gelar sesuai keinginan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Whatsapp