Ini 5 Cara Agar Tetap Waras Kerja Sambil Kuliah

Menjadi mahasiswa sekaligus pekerja bukan lagi hal baru. Apalagi di era digital seperti sekarang, banyak universitas yang melayani program pembelajaran jarak jauh. Jadi, tanpa harus mengorbankan waktu bekerja, kita bisa menempuh pendidikan dan memperoleh gelar untuk mendongkrak karier.

Sayangnya, masih banyak mahasiswa sekaligus pekerja kesulitan dalam membagi waktu. Akibatnya mereka sering merasa tertekan karena mendapatkan pressure dari segala sisi. Hal semacam ini sebenarnya sudah menjadi risiko begitu memutuskan untuk melanjutkan pendidikan tanpa resign dari pekerjaan.

Namun, terkadang ada masa ketika kita membutuhkan motivasi besar agar bisa menjalani keduanya dengan baik. Apabila hal ini yang sedang dialami, jangan khawatir karena kamu tidak sendiri. Berikut beberapa tips agar tetap waras saat memutuskan untuk kerja sambil kuliah.

  1. Menyusun Jadwal

Menyusun jadwal merupakan awal dari kedisiplinan. Dengan menyusun setiap kegiatan yang akan dilakukan dan komitmen dengan diri sendiri, kita pasti bisa menyelesaikan kewajiban di kampus dan tempat kerja dengan baik. Jika hal ini belum dilakukan, mulailah untuk membuat jadwalmu sendiri.

Catat setiap pekerjaan yang harus diselesaikan dan tentukan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan itu semua. Buatlah jadwal yang tidak terlalu longgar tidak pula memaksakan diri agar kamu bisa tetap menjalaninya dengan sepenuh hati dan sesuai komitmen.

  1. Tentukan Skala Prioritas

Sebaiknya jadwal juga dibuat berdasarkan skala prioritas. Hal ini bisa dimulai dengan mengurutkan mana bobot pekerjaan yang paling mudah dan harus diselesaikan terlebih dahulu. Urutkan semua kewajiban berdasarkan tingkat kesulitan dan deadline untuk memudahkan.

Dengan melakukan hal ini, kita bisa mengatur waktu dengan baik dan menyelesaikan setiap kewajiban tepat pada waktunya. Jadi, tidak ada satu pihak pun yang dirugikan, baik itu tempat kerja ataupun tempat kita belajar.

  1. Istirahat Cukup dan Makan teratur

Menjalani dua kewajiban sekaligus pasti membutuhkan tenaga dan energi memadai. Agar bisa tetap kerja sambil kuliah dalam kondisi fit, pastikan untuk memiliki waktu istirahat memadai dan makan secara teratur. Jangan ragu pula untuk menyisipkan quality time untuk sendiri, keluarga, dan teman dekat agar kita mendapat cukup hiburan.

Jangan sampai kesibukan menjalani dua kewajiban membuat kita melewatkan banyak momen penting dan masa muda. Hidup memang pilihan, tetapi tidak ada salahnya untuk memiliki sedikit waktu bersenang-senang agar saat kembali menjalani kewajiban kondisi kita senantiasa fit dan bersemangat.

  1. Jangan Memaksakan Diri

Ketika memutuskan untuk bekerja sambil melanjutkan pendidikan, tanamkan dalam pikiran bahwa tidak semuanya harus diselesaikan secara sempurna. Berhenti memaksakan diri untuk berbuat lebih baik padahal apa yang dilakukan sudah cukup maksimal.

Ketahui sejauh mana potensi diri dan jangan memaksakan sesuatu yang belum tentu bisa dilakukan. Bagaimanapun juga, kondisi mental dan psikologis diri tetap harus menjadi perhatian utama. Jika hal yang telah disebutkan bisa diterapkan, kehidupan ganda sebagai mahasiswa sekaligus karyawan dapat dijalani dengan baik.

  1. Jangan Menunda

Salah satu kesalahan yang kerap dilakukan mahasiswa sekaligus pekerja adalah menunda pekerjaan. Jika hal ini kamu lakukan, hentikan kebiasaan itu sekarang juga. Menunda mungkin akan membuat segala sesuatu terlihat less pressure dan santai. Namun, hal tersebut akan menjadi boomerang yang membuat semua kewajibanmu terbengkalai.

Jika dipaksakan selesai pun, hasilnya cenderung kurang maksimal. Akibatnya, kamu tidak bisa menyelesaikan kewajiban kuliah ataupun kerja dengan baik sebagaimana yang diharapkan. Jadi, mau sampai kapan kamu menunda pekerjaan atau tugas kuliah?

Kunci sukses menjadi mahasiswa sekaligus pekerja adalah komitmen dan fokus. Jika kedua hal tersebut dapat kita terapkan, kehidupan ganda yang awalnya terlihat sulit dijalani bisa diselesaikan dengan mudah. Demikian ulasan tentang beberapa cara agar tetap waras saat kerja sambil kuliah.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

 

 

Whatsapp