Skill Survive 101 (Part 2): Flexibility, Adaptability, Communication, dan Emotional Intelligence

Empat skill yang telah disebutkan dalam artikel sebelumnya memang dapat membantumu meraih karier bagus di dunia kerja. Namun, kamu perlu melengkapi diri dengan 4 skill penunjang lain yang memiliki peran tidak kalah pentingnya. Berikut ini adalah kemampuan penting tersebut:

5. Flexibility

Pola pikir fleksibel merupakan kemampuan yang dianggap penting oleh banyak perusahaan. Fleksibilitas kerja dapat membuat seseorang mampu menanggapi segala perubahan yang terjadi dengan cepat. Oleh karena itu, mereka tidak akan mengalami banyak gangguan ketika mendapatkan tanggung jawab serta tugas baru dari atasan.

Karyawan yang mempunyai fleksibilitas kerja dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab di luar deskripsi pekerjaannya. Mereka bisa melakukan banyak tugas sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Untuk bisa menyelesaikan tugas dan tanggung jawab tersebut, karyawan pun tidak akan keberatan melakukan berbagai hal yang dianggapnya perlu.

Tenaga kerja yang mempunyai sikap fleksibel menjadi aset penting bagi perusahaan rintisan atau startup. Dalam sebuah startup, para karyawan dituntut untuk bekerja di luar zona nyaman. Dengan memiliki sikap fleksibel, kamu tidak akan mengalami kesulitan untuk bergabung dengan startup. Bahkan, tak menutup kemungkinan kamu bisa berperan sebagai seorang pendiri startup.

6. Adaptability

Sekilas, kamu akan beranggapan kalau adaptability mempunyai kesamaan dengan flexibility. Keduanya memang cukup mirip. Hanya saja, adaptability merupakan kemampuan yang berkaitan erat dengan kondisi psikologi seseorang saat berhadapan dengan perubahan peran di dunia kerja. Mereka mampu beradaptasi pada peran barunya dengan baik dan menjalankan tugasnya dengan baik.

Kemampuan dalam hal adaptability menjadi sangat penting seiring pergerakan dunia kerja yang sangat dinamis. Seorang yang mempunyai adaptability bisa menghadapi transisi karier dengan cepat. Dengan mempunyai kemampuan ini, kamu bisa menjadi solusi atas permasalahan kompleks yang tengah dihadapi oleh perusahaan.

Menariknya lagi, kemampuan adaptability tidak hanya berkaitan dengan karier. Mereka yang memiliki adaptability tinggi punya kemampuan bagus dalam mempertahankan keseimbangan antara keperluan pribadi dan pekerjaan. Sikap ini bakal menjadikanmu sebagai seorang yang senantiasa profesional dalam pekerjaan.

7. Communication

Skill berkomunikasi yang baik jadi modal selanjutnya yang perlu kamu siapkan untuk bisa merengkuh kesuksesan karier. Cara berkomunikasi yang baik tidak hanya berkaitan dengan kemampuan bicara. Namun, hal ini juga memiliki hubungan dengan kemampuan mendengar, mengamati, serta berempati.

Lebih lanjut, kemampuan berkomunikasi yang baik mendorongmu untuk membedakan cara komunikasi langsung dan tidak langsung. Apalagi, dalam dunia kerja kamu akan terlibat dengan berbagai cara berkomunikasi. Mulai dari komunikasi saat bertatapan, komunikasi suara, komunikasi video, hingga komunikasi lewat aplikasi messenger.

Berkaitan dengan jenisnya, kamu akan mendapati ada 4 tipe skill berkomunikasi, yaitu:

  • Komunikasi verbal. Kemampuan ini memiliki kaitan dengan cara berkomunikasi melalui pembicaraan.
  • Komunikasi nonverbal. Ini adalah kemampuan berkomunikasi lewat bahasa tubuh, mimik wajah, dan lain sebagainya.
  • Komunikasi tertulis. Dalam dunia kerja, kamu kerap menggunakan komunikasi tertulis, melalui tulisan, angka, serta simbol.
  • Komunikasi visual. Kemampuan ini adalah cara berkomunikasi melalui foto, gambar, poster, dan semacamnya.

8. Emotional Intelligence

Terakhir, kamu perlu melengkapi diri dengan emotional intelligence atau kecerdasan emosi. Soft skill ini punya kaitan erat dengan kemampuan seseorang dalam memahami dan memanfaatkan emosi sebagai upaya peningkatan kesehatan fisik serta mental. Kemampuan ini tidak hanya berhubungan dengan emosi diri sendiri, tetapi juga emosi orang lain.

Seorang yang punya emotional intelligence dapat memahami kekuatan serta kelemahan yang dimiliki. Selain itu, mereka punya kemampuan dalam hal manajemen diri, seperti pengelolaan konflik, adaptasi dengan perubahan, serta meredakan ketegangan. Tak ketinggalan, soft skill ini jadi penunjang seseorang untuk lebih produktif di tempat kerja.

Nah, itulah 8 skill yang perlu kamu lengkapi untuk bisa meraih kesuksesan dalam karier. Semoga bermanfaat, ya.  **(KTS)