Untuk Kamu yang Tengah Berjuang Meraih Kesuksesan Masa Depan

Saat ini, kamu mungkin tengah berupaya keras membangun bisnis dan masih belum memperlihatkan hasil positif. Kegagalan seperti ini bisa terjadi pada siapa saja, baik mereka yang baru memulai usaha ataupun telah menjalankan bisnis selama puluhan tahun. Apa pun kondisi yang tengah kamu hadapi, jangan frustrasi dan menyerah. Semua itu butuh proses. 

Terlepas dari situasi berat seperti apa saja yang kamu hadapi, kamu perlu mempertahankan motivasi untuk terus berjuang. Terkadang, situasi yang kamu rasakan akan terasa semakin berat. Kamu pun berpikir apakah tindakan yang telah dilakukan sudah benar? Keraguan seperti ini akan terus bermunculan. 

Nah, buat kamu yang tengah berada dalam situasi seperti itu dan merasa akan menyerah, ada 4 tips yang perlu diingat dan dipraktikkan, yaitu: 

 

  • 1. Ketahui Bahwa Situasi yang Kamu Hadapi Sekarang Sifatnya Sementara

Tidak peduli seberapa lama waktu yang telah kamu jalani, kesulitan yang ada di depanmu bukanlah halangan yang bersifat permanen. Hukum alam menyatakan kalau semua yang ada di dunia ini selalu mengalami perubahan. Perubahan tersebut bisa saja terjadi pada diri kamu, dan itu terjadi tanpa kamu sadari. 

Oleh karena itu, daripada berkutat dengan kesedihan dan kegelapan, ketahui bahwa ada cahaya terang di ujung perjuangan yang tengah kamu jalani. Untuk setiap langkah yang kamu jalani, jarak menuju cahaya itu kian dekat. Kamu tinggal terus bergerak untuk mencapainya dan meraih target berikutnya. 

  • 2. Ingat Sumber Motivasi yang Membuat Kamu Terus Berjuang

Saat melakukan perjuangan, terkadang kamu akan kehilangan pandangan mengenai target yang diinginkan. Pikiranmu pun terfokus pada aspek yang lebih kecil, hal yang memperlihatkan hasil nyata. Di waktu bersamaan, kamu mulai melupakan alasan utama kenapa kamu harus berjuang sedemikian keras. 

Contoh nyatanya adalah ketika kamu bekerja keras di kantor atau mendirikan bisnis. Pada awalnya, kamu berharap agar kesuksesan  karier dapat menyenangkan keluarga. Kamu bisa lebih banyak meluangkan waktu bersama si kecil. Pada kenyataannya, fokus pikiranmu beralih, dari keluarga menuju ke pekerjaan. 

Pada situasi seperti itu, kamu seperti orang salah jalan dan tersesat. Untuk menghindari keadaan seperti ini, kamu perlu menyusun reminder alasan memulai perjuangan meraih sukses  karier di masa depan. Ketika kamu merasa fokus pikiran mulai beralih, sediakan waktu beberapa menit setiap pagi. Gunakan waktu tersebut untuk bermeditasi dan mengingat kembali alasan kenapa kamu berjuang. 

  • 3. Percaya Pada Diri Sendiri

Menaruh kepercayaan pada diri sendiri memang terlihat gampang. Namun, hal tersebut akan terasa sulit terwujud saat kamu berhadapan dengan kegagalan yang terus berulang. Pada situasi tersebut, kepercayaan dirimu akan mulai luntur. Hasilnya, kamu pun akan terus mengulang kegagalan terdahulu. 

Cara terbaik yang dapat kamu lakukan untuk mempertahankan kepercayaan diri adalah mengingat kesuksesan yang berhasil diraih. Kamu dapat mengulas kembali daftar kesuksesan, baik besar dan kecil. Review setiap kesuksesan tersebut dan ingatkan dirimu bahwa kamu mempunyai kemampuan untuk meraih keberhasilan. 

Metode alternatif untuk mengembalikan rasa percaya diri adalah lewat refleksi tentang bagaimana orang lain memandang hasil kerjamu. Kamu bisa melakukannya dengan membaca testimoni dan email dari para klien terdahulu. Pertimbangkan pula untuk meminta evaluasi secara berkala dari klien. Dengan cara ini, kamu akan mendapat feedback untuk meningkatkan kinerja. 

  • 4. Cari Bantuan saat Krisis

Terakhir, kamu perlu tahu waktu yang tepat untuk mendapatkan bantuan dari orang lain. Ada kalanya, kamu sudah berjuang keras tetapi hasil yang diinginkan belum juga terlihat. Agar kondisi tidak semakin memburuk dan kamu kehilangan motivasi, pertimbangkan untuk mencari bantuan dari pihak ketiga. 

Tak menutup kemungkinan bisnis yang tengah kamu rintis tidak mempunyai permasalahan apa pun. Namun, kesalahan bisa saja terjadi pada aspek lain, seperti masalah branding, pemasaran, dan lain semacamnya. Pada situasi seperti ini, tidak ada salahnya kamu merekrut konsultan yang dapat memberi saran perbaikan bisnis atau  karier. 

Penting bagimu untuk menjaga agar perjuangan yang tengah dilakukan tidak berhenti di tengah jalan. Kamu boleh saja beristirahat sejenak. Namun, jangan pernah menyerah. Kesuksesan itu bisa diraih siapa saja, termasuk kamu! **(KTS)

Whatsapp