Pentingnya Skill Komunikasi untuk Semua Pekerjaan

Terlepas dari apapun bidang pekerjaan yang akan dijalani setelah lulus, soft skill tetap diperlukan agar dapat sukses. Nah, salah satu soft skill yang wajib dimiliki untuk menjamin keberlangsungan dan perkembangan karier adalah skill komunikasi. Skill ini merupakan kemampuan untuk menyampaikan dan menerima pesan secara efektif melalui media lisan maupun tertulis. Namun, mengapa kemampuan tersebut sangat penting? Simak alasannya di bawah ini, yuk!

5 Alasan Skill Komunikasi Penting untuk Semua Pekerjaan

Untuk mengetahui seberapa pentingnya skill komunikasi di lingkungan kerja, Anda bisa mempelajari daftar berikut.

1. Mempermudah pertukaran informasi

Dengan memiliki skill komunikasi yang baik, Anda mampu menyampaikan pesan lisan maupun tertulis dengan lebih efektif. Anda tidak akan menggunakan susunan kata atau kosa kata yang berbelit-belit untuk langsung menyasar ke intinya, tetapi cara penyampaian Anda masih bisa diterima oleh lawan bicara. 

Hasilnya, pesan tersebut akan lebih mudah dipahami oleh orang lain, terutama rekan kerja dan atasan. Nah, manfaat ini sangatlah berguna untuk menjaga hubungan baik dengan semua orang di lingkungan kantor.

2. Memperkuat hubungan dengan klien dan pelanggan

Tak hanya untuk sesama pegawai dan atasan, skill komunikasi juga mampu memupuk hubungan baik dengan klien serta pelanggan yang berbisnis dengan Anda. Apa alasannya? Jika kemampuan komunikasi kita sudah mumpuni, Anda bisa mengutarakan ide atau rekomendasi untuk menjawab kebutuhan pelanggan dengan lebih baik. 

Selain itu, kemampuan ini juga akan sangat membantu ketika Anda harus menyampaikan hambatan atau meminta bantuan dari mereka. Dengan demikian, bisnis Anda akan makin menguntungkan karena telah dipercaya banyak orang.

3. Memfasilitasi problem solving

Pertukaran informasi yang difasilitasi oleh skill komunikasi efektif bisa meminimalkan risiko kesalahpahaman atau miskomunikasi. Di samping berguna untuk memperkuat hubungan dengan kolega, atasan, maupun klien, kemampuan ini juga mampu mendukung proses pemecahan masalah (problem solving) secara efisien. Bagaimana bisa?

Tentunya, Anda tidak akan merasa ragu-ragu mengambil keputusan yang tepat setelah menerima informasi yang memadai, bukan? Pada akhirnya, Anda dapat menghindari dampak buruk dari situasi yang berpotensi merugikan diri atau bisnis Anda. 

4. Meningkatkan produktivitas dan kredibilitas

Masih berkaitan erat dengan poin sebelumnya, kemampuan untuk berkomunikasi dengan efektif bisa berkontribusi bagi produktivitas di tempat kerja. Sebab, dengan banyaknya masalah yang bisa diselesaikan, pastinya Anda akan lebih produktif. 

Tak hanya itu, informasi yang didapat dari rekan kerja serta atasan juga akan membantu Anda memenuhi kewajiban dengan baik dan tepat waktu. Dalam jangka panjang, jika Anda terus mempertahankan pola kerja sedemikian rupa, Anda akan makin dipercaya untuk mengemban tanggung jawab yang lebih besar.

5. Mendukung proses adaptasi di lingkungan kerja

Terkadang, untuk mengembangkan karier Anda, mungkin Anda harus mencari peluang lain yang lebih baik. Nah, kemampuan komunikasi yang baik bisa membantu Anda agar sukses di tempat kerja baru.

Skill tersebut akan membantu Anda menyampaikan pesan secara efektif dan percaya diri, sehingga Anda bisa memperkenalkan diri tanpa ragu-ragu di hadapan orang baru. Selain itu, Anda juga akan dapat membaur dengan budaya lingkungan kerja baru, dan hal ini akan mempermudah Anda saat harus meminta bantuan dari rekan kerja untuk menyelesaikan tugas.

Bagaimana Cara Meningkatkan Skill Komunikasi?

Setelah mengetahui pentingnya skill komunikasi di tempat kerja, besar kemungkinan Anda ingin mengetahui apakah Anda bisa memiliki kemampuan tersebut. Tenang saja, Anda bisa memupuk skill untuk berkomunikasi melalui latihan rutin secara mandiri maupun dengan mengikuti kursus.

Untuk praktik mandiri, siapkan diri sebelum berbicara, mulai dari substansi pesan yang ingin disampaikan hingga latar belakang lawan bicara, untuk mencegah rasa gugup. Kemudian, biasakan diri untuk selalu mendengarkan pembicaraan dan bahasa tubuh lawan bicara secara aktif tanpa distraksi apa pun. Terakhir, selalu hargai umpan balik yang Anda terima untuk meningkatkan diri, dan tetaplah percaya diri bahwa Anda bisa berkembang. 

Skill komunikasi sangatlah diperlukan untuk bidang pekerjaan apa pun karena bisa menjaga hubungan baik dengan sesama rekan kerja dan klien. Selain itu, Anda juga akan lebih produktif dan mudah berbaur di situasi baru untuk menunjang kesuksesan Anda. 

Tidak perlu berkecil hati jika Anda belum memiliki kemampuan ini karena Anda bisa meningkatkannya dengan persiapan yang matang sebelum berbicara dan mendengarkan pesan dari lawan bicara sepenuhnya. Teruslah berlatih agar bisa berkembang, niscaya Anda bisa membawakan diri dengan asertif dan penuh empati.

Whatsapp