Bagaimana Cara Menjadi Pemimpin yang Baik di Era Digital?

Akhir-akhir ini, banyak perusahaan dengan skala kecil maupun besar mulai bertransformasi ke dunia digital. Hal ini tidak terlepas dari perkembangan teknologi yang semakin accessible dan praktis. Itulah mengapa jika Anda di masa depan ingin menjadi seorang pemilik bisnis, maka model kepemimpinan yang perlu dipelajari adalah digital leadership

Dengan menerapkan model kepemimpinan tersebut, Anda bisa menjadi pemimpin yang baik untuk mencapai tujuan perusahaan. Jadi, apa yang dimaksud dengan digital leadership? Simak selengkapnya di sini!

Pengertian Digital Leader

Digital leadership, berkaitan erat dengan istilah digital leader atau pemimpin di era digital, adalah gaya kepemimpinan yang menggabungkan proses operasional sebelumnya dengan kecanggihan teknologi, misalnya platform online dan automasi. Kemudian, seorang digital leader akan mengawasi dan membantu kinerja anggota timnya agar mereka bisa beradaptasi dengan transformasi digital tersebut demi mencapai tujuan perusahaan. 

6 Tips Menjadi Pemimpin yang Baik di Era Digital

Ada sejumlah karakteristik dan kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap pemimpin yang baik, terutama di era digital seperti sekarang. Apa saja contohnya? Temukan jawabannya di bawah ini:

1. Memiliki wawasan yang luas

Satu hal yang membedakan seorang digital leader yang baik dengan pemimpin lainnya adalah pengetahuan, terutama tentang dunia digital. Sebab, teknologi dan media online akan selalu berkembang dengan pesat, sehingga pemimpin yang baik di era digital harus bisa memahami konsep dasarnya serta cara menggunakannya dengan tepat untuk mencapai tujuan bisnis. Dengan demikian, mereka dapat mewariskan ilmu tersebut kepada anggota timnya.

2. Percaya diri

Kepercayaan diri merupakan salah satu kunci kesuksesan di dunia kerja, terutama untuk menjadi pemimpin yang baik. Dengan kepercayaan diri yang baik, Anda bisa menciptakan kesan yang baik dan dapat dipercaya saat sedang berinteraksi dengan rekan kerja, atasan, maupun klien. Pada akhirnya, Anda pun dapat meyakinkan lawan bicara bahwa Anda memang bisa menyelesaikan tanggung jawab yang diberikan dengan baik.

3. Mampu berkomunikasi dengan tim

Setiap pemimpin yang baik pastinya harus bisa berkomunikasi dengan anggota timnya secara efektif. Namun, di era digital yang banyak melibatkan chat dan panggilan video, cara komunikasi antara rekan kerja pun menjadi berbeda dari interaksi secara langsung. Justru, salah satu hal yang membedakan seorang digital leader dengan pemimpin lainnya adalah kemampuan untuk memotivasi, membujuk, dan membimbing, dan bekerja sama dengan anggota timnya melalui software kolaborasi, aplikasi chat, atau platform virtual meeting

Era digital ini membuat komunikasi ke anggota tim menjadi jauh lebih cepat dan bisa real-time. Namun tetap hargai privasi mereka dengan misalnya tidak menghubungi di luar jam kerja kecuali memang sangat urgent.

4. Visioner

Visioner berarti Anda bisa melihat jauh ke depan. Dengan kata lain, pemimpin yang baik di era digital adalah seseorang yang mengetahui visinya dengan jelas serta cara mencapainya. Tentunya, mereka juga akan berpikir secara jangka panjang dan kreatif untuk melakukannya. Contohnya, dengan menyadari potensi anggota timnya yang tidak diketahui orang lain dan memanfaatkan peluang inovasi yang mungkin masih belum populer di kalangan banyak orang.

5. Bisa beradaptasi dengan perubahan zaman

Karena bidang teknologi dan media online selalu berkembang dengan pesat, seorang digital leader yang baik harus mampu mengikuti arus perkembangan tersebut. Mereka menyadari bahwa satu-satunya hal yang konstan dalam kehidupan adalah perubahan, sehingga mereka harus bisa beradaptasi dengan hal tersebut agar bisnis tetap bisa berkembang. 

Misalnya, mereka akan mempelajari cara kerja algoritma baru dari sebuah media sosial dan menyesuaikan strategi pemasaran yang mereka buat agar bisa mencapai tujuan di awal. Dalam era digital, teknologi berubah sangat cepat. Sehingga salah satu skill utama yang harus Anda miliki adalah kemampuan belajar dan beradaptasi dengan cepat terhadap teknologi tersebut.

6. Berani mengambil risiko

Terakhir, karakteristik yang tidak kalah penting dari seorang pemimpin yang baik adalah keberanian untuk mengambil risiko. Tentunya, mereka tidak melakukannya secara gegabah. Sebelum itu, mereka akan memperhitungkan apa yang harus mereka korbankan dan membandingkannya dengan potensi keuntungan yang akan didapatkan secara mendalam. Dengan demikian, mereka bisa meminimalkan potensi kerugian saat ingin mencapai tujuan bisnis atau bahkan mengembangkannya.

Untuk menghadapi era transformasi digital di dunia bisnis, menjadi pemimpin yang baik saja tidak cukup. Anda juga memerlukan hal lain seperti wawasan yang luas, soft skill yang mendukung, dan masih banyak lagi. Tapi, tidak perlu khawatir, sebab Anda bisa mendapatkan semua ilmu praktis tersebut dengan mendaftar di BINUS Graduate Program. 

Melalui program studi Manajemen yang ditawarkan di sini, Anda bisa mempelajari seluk-beluk digital leadership secara mendalam dari para praktisi industri yang berpengalaman. Selain pembelajaran teori, Anda juga akan berkesempatan menganalisis berbagai studi kasus yang riil dan memperluas koneksi serta insight dari pakarnya. Tertarik? Bergabunglah bersama BINUS Graduate Program!

 

Whatsapp