5 Cara Menggunakan Media Sosial untuk Membangun Karier

Meskipun sering dianggap memberikan dampak negatif, media sosial tidak selamanya seperti itu. Bahkan, Anda juga bisa menggunakan platform tersebut untuk membangun karier dari nol hingga sukses. Apalagi, dengan banyaknya pengguna aktif di internet, Anda dapat membangun jejaring dengan lebih mudah secara online. Lalu, bagaimana cara melakukannya dengan tepat?

5 Tips Membangun Karier Lewat Media Sosial

Jika Anda ingin mengembangkan karier melalui media sosial, simak tips dan trik di bawah ini untuk meningkatkan exposure Anda:

  1. Gunakan media sosial untuk memamerkan portofolio

Selain untuk berhubungan dengan orang lain, Anda juga dapat menjadikan profil akun media sosial Anda sebagai portofolio digital. Misalnya, jika Anda ingin memulai karier di industri kreatif, Anda bisa menampilkan desain logo, ilustrasi, foto, dan animasi singkat buatan sendiri di platform yang berorientasi pada konten visual seperti Instagram, YouTube, dan TikTok. Lalu, Anda juga bisa mencoba mempromosikan tulisan Anda di Medium, LinkedIn, atau Twitter.

  1. Ciptakan image yang positif

Profil media sosial adalah cerminan kepribadian di kehidupan nyata. Karena itu, mayoritas recruiter HRD sering kali menelisik latar belakang calon pegawai melalui media tersebut, terutama di platform LinkedIn. Jadi, pastikan Anda hanya mempublikasikan konten yang cocok untuk khalayak umum, dan hapuslah konten terdahulu yang bermasalah. 

Hindari juga kebiasaan memberi komentar berbau SARA dan kata-kata kasar, terutama jika emosi Anda sedang terpicu. Sebab, hal ini akan membuat pengunjung profil Anda berpikir negatif tentang kepribadian Anda.

  1. Bergabung dengan grup atau komunitas

Melalui media sosial, Anda bisa bertemu lebih banyak orang tanpa harus mengunjungi sebuah tempat secara langsung. Nah, salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk networking di dunia maya adalah dengan menjadi anggota grup atau komunitas yang relevan dengan tujuan bisnis Anda. 

Contohnya, kalau Anda memiliki bisnis jual beli mobil, Anda bisa bergabung dengan grup pecinta mobil untuk mengikuti berita dan tren industri terkini. Dengan demikian, produk Anda akan tetap relevan dengan permintaan pasar.

  1. Mengikuti orang-orang yang inspiratif

Tak hanya membagikan konten menghibur, di media sosial Anda bisa menemukan banyak akun yang sering berbagi wawasan dan informasi aktual tentang bidang yang Anda geluti. Jadi, selain bergabung dengan grup yang sesuai dengan bidang Anda, Anda juga bisa mengikuti para influencer atau tokoh inspiratif lainnya dari sektor pilihan Anda. 

Misalnya, kalau Anda ingin merintis karier di bidang fintech, jangan ragu-ragu mendapatkan insight dari ahli finansial yang aktif di Instagram, Twitter, atau platform lainnya. Selain itu, Anda juga bisa memperoleh referensi untuk gaya konten Anda ke depannya.

  1. Berdiskusi dengan pengguna sosial lainnya

Untuk memulai kegiatan networking di media sosial, memiliki profil yang dipoles saja tidak cukup kalau pengguna lain tidak bisa menemukannya. Nah, agar orang lain mengetahui keberadaan akun Anda, Anda bisa menonjolkan diri dengan aktif berdiskusi di forum atau utas yang membicarakan topik relevan. 

Contohnya, sebagai penerjemah lepas, Anda dapat memberi pendapat tentang perkembangan industri penerjemahan saat ini berdasarkan pengalaman pribadi atau membalas komentar pengguna lain yang membicarakan hal serupa.

 Media sosial memiliki banyak fitur yang akan mempermudah Anda untuk menampilkan hasil karya sendiri dan berkenalan dengan orang baru. Dengan kata lain, ini adalah peluang emas untuk mengembangkan karier Anda. Maka dari itu, mulai dari sekarang, Anda harus bisa membuat profil media sosial yang profesional sebaik mungkin. 

Meski demikian, platform ini hanyalah sarana untuk menunjukkan dan mengembangkan skill atau pengalaman yang sudah Anda miliki. Sebelum itu, Anda tetap harus memiliki pengetahuan yang mumpuni terlebih dahulu, misalnya dengan mengikuti program pembelajaran dari BINUS Graduate Program. 

Di sini, Anda bisa mendalami bidang teknologi, manajemen, dan komunikasi digital secara lebih komprehensif dengan perpaduan teori dan praktik nyata. Kurikulum di BINUS Graduate Program melibatkan banyak studi kasus yang sesuai dengan perkembangan industri terkini dan dibawakan oleh pengajar world class. Sehingga, karier Anda akan makin berkembang setelah lulus. 

Jadi, tertarik menjadi bagian dari BINUS Graduate Program? Temukan program yang Anda ingin jalani di sini, dan jangan lewatkan jadwal pendaftarannya!

Whatsapp