Wujudkan Impian Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia, Kementerian Kelautan dan Perikanan bersama BINUS dan Unpad Gelar Diskusi Terbuka

Jakarta, 22 Juni 2023 – Kementerian Kelautan dan Perikanan RI berkolaborasi dengan BINUS Graduate Program dan Universitas Padjadjaran mengadakan Diskusi Terbuka “Membangun Ekonomi Biru Yang Tangguh Melalui Penerapan Strategi Transformasi Digital”.  Bertempat di BINUS @Senayan, JWC Campus-Jakarta, diskusi terbuka  menghadirkan Keynote Speaker, Menteri Kelautan dan Perikanan RI yang diwakilkan oleh Aulia Riza Farhan, S.T., M.Sci.Tech., Ph.D.  selaku Plt. Kepala Pusat Data, Statistik, dan Informasi, Sekretariat Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan RI.

“Bertujuan mewujudkan impian Indonesia sebagai poros maritim dunia dengan memegang teguh prinsip ekonomi biru di mana kesehatan laut menjadi fokus utama dan berjalan seimbang dengan kegiatan ekonomi di sektor kelautan dan perikanan demi mewujudkan masyarakat yang lebih maju dan sejahtera”, ucap Aulia.

Dalam pemanfaatan sumber daya, KKP memiliki kebijakan untuk memperhatikan lingkungan dan keberlanjutan. Dengan demikian, pembangunan kelautan dan perikanan di masa depan dapat seimbang antara ekologi dan ekonomi.

Selain itu kolaborasi dengan berbagai sektor untuk mengembangkan solusi digital inovatif dalam pemantauan, penanggulangan pencemaran, dan konservasi sumber daya laut.

Rektor BINUS UNIVERSITY, Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, M.M. dalam sambutannya mendukung kebijakan Ekonomi Biru yang diimplementasikan Kementerian Kelautan dan Perikanan. “Visi BINUS UNIVERSITY 2035 yang berorientasi dalam membina dan memberdayakan masyarakat, memiliki kontribusi dalam pengembangan teknologi dan digitalisasi yang dapat diterapkan dalam segala aspek penyelenggaraan pendidikan dan memenuhi kebutuhan industri, termasuk sektor kelautan dan perikanan”, tutur Prof. Harjanto.

Ketua Prodi Magister Teknik Informatika BINUS UNIVERSITY, I Gede Putra Kusuma Negara, B. Eng., Ph.D dalam diskusinya menjelaskan BINUS UNIVERSITY sebagai Perguruan Tinggi Indonesia yang telah mengadopsi pemanfaatan teknologi dan digital sejak lama. Kurikulum yang terkait dengan transformasi digital, seperti analisis data, kecerdasan buatan, dan pengembangan aplikasi berbasis teknologi terkini dapat mendukung kebijakan KKP dalam mewujudkan ekonomi biru.

Senada dengan yang disampaikan oleh I Gede, Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unpad, Dr.sci.agr. Ir. Yudi Nurul Ihsan, SPi, MSc juga mengatakan Indonesia memiliki potensi sumberdaya kelautan dan perikanan yang sangat besar.

Dia menambahkan, Universitas Padjadjaran memiliki Fakultas Ilmu Perikanan dan Ilmu Kelautan yang telah banyak menghasilkan banyak lulusan, jaringan alumni yang kuat, dan kemitraan dalam bidang kelautan dan perikanan yang siap mendukung Kebijakan Ekonomi Biru Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Komitmen dalam mendukung serta memperkuat sektor kelautan dan perikanan diwujudkan melalui rencana program kerjasama yang akan dijajaki oleh BINUS Graduate Program dan Universitas Padjadjaran, seperti yang ditegaskan oleh Prof. Harjanto, “BINUS UNIVERSITY dan Universitas Padjadjaran saat ini juga sedang mengadakan rencana program kerjasama untuk meningkatkan sumber daya manusia yang dapat bersaing di era digital, mampu memenuhi kebutuhan industri serta mendukung sektor kemaritiman dan perikanan,” pungkasnya. **(PID)

 

Whatsapp